top of page

Tingkatkan Quality Control saat Manajemen Inventory dengan WMS

Agar setiap produk yang dipasarkan memiliki kualitas terjaga, perusahaan perlu menerapkan quality control pada proses manajemen inventory. Proses ini merupakan salah satu tahap yang harus dilalui oleh perusahaan untuk memastikan setiap produk sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.


Umumnya, proses quality control dilakukan sebelum produk dipasarkan atau dikirimkan pada konsumen. Penting bagi perusahaan untuk memiliki divisi yang dikhususkan untuk melakukan kontrol kualitas produk pada proses manajemen inventory agar hasil pemeriksaan lebih akurat.


Peran Quality Control saat Manajemen Inventory

Secara umum, quality control merupakan proses peninjauan untuk memastikan setiap produk agar memiliki kualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan. Dalam proses ini, staf memilah produk yang memiliki kualitas baik untuk diteruskan kepada konsumen, dan produk yang tidak sesuai standar untuk diperbaiki atau bahkan dimusnahkan.


Dengan menjalankan quality control saat manajemen inventory, perusahaan dapat memastikan konsumen menerima produk dengan kualitas terbaik. Perusahaan juga dapat memantau dan mengevaluasi hasil produksi maupun pengelolaan stok dalam gudang untuk agar selama proses tersebut, kualitas produk tetap terjaga dan sesuai dengan standar.


Manfaat Quality Control bagi Manajemen Inventory Perusahaan

Manfaat Quality Control bagi Manajemen Inventory Perusahaan

Konsisten dalam Produksi

Manfaat pertama adalah konsisten dalam melakukan produksi. Hal ini tidak lepas bahwa tugas staf quality control selalu menjaga dan memastikan kualitas produk dalam pengadaan, produksi hingga pemenuhan permintaan konsumen.


Meningkatkan Efisiensi

Manfaat kedua, yaitu meningkatkan efisiensi dalam perusahaan baik dalam proses pengadaan, pengelolaan stok barang, produksi, kinerja karyawan hingga pengiriman produk. Selain memastikan produk yang dihasilkan memiliki kualitas terjaga, staf juga perlu memastikan seluruh proses pengelolaan dan produksi sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan. Dengan begitu perusahaan akan dapat meningkatkan efisiensi.


Bisnis Semakin Berkembang

Manfaat terakhir dari Quality Control adalah bisnis akan semakin berkembang. Hal ini tidak lepas dari kerja sama tim quality control dalam menjaga, mengontrol serta memastikan kualitas produk.


Dalam proses pengelolaan produk, quality control sering kali diabaikan. Padahal tugas mereka cukup penting agar produk sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Apabila segalanya berjalan lancar, bisnis perusahaan akan semakin berkembang.


Tugas Quality Control dalam Manajemen Inventory

Memastikan Standar

Proses pertama dalam aktivitas ini adalah memastikan standar. Staf Quality Control harus mengetahui dan menentukan standar yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Memastikan standar menjadi penting karena agar dalam proses pengadaan semuanya berlangsung transparan dan para peninjau dapat memahami target perusahaan.


Memastikan Kualitas Produk

Setiap perusahaan pasti memiliki standar kualitas produk. Maka dari itu, penting dalam proses pengadaan hingga pengiriman, tugas mereka adalah memastikan kualitas produk yang sesuai standar perusahaan.


Untuk menunjang pekerjaan mereka maka dibutuhkan kolaborasi dengan quality assurance. Dengan demikian, dalam mencapai standar yang diinginkan perusahaan akan lebih presisi dan tepat.


Menjaga Kualitas Produk

Tidak mudah bagi perusahaan menjaga kualitas produk. Apalagi jika produk merupakan kebutuhan konsumen yang digunakan secara terus menerus. Maka, inilah tugas dan tanggung jawab quality control. Staf yang bertanggung jawab pada bagian Quality Control, tidak hanya memastikan melainkan juga harus menjaga kualitas produk agar sesuai dengan standar perusahaan. Sehingga, setiap produk yang disebarkan kepada konsumen memiliki kualitas terjaga dan konsisten.


Dapatkan Produk dengan Kualitas Terbaik melalui Manajemen Inventory yang Optimal dengan WMS Prieds

Perkembangan teknologi mempermudah beragam industri untuk melakukan optimalisasi proses bisnis. Adanya teknologi seperti Warehouse Management System (WMS), mempermudah perusahaan untuk mengoptimalkan manajemen inventory agar pengelolaan stok barang secara optimal. Selain itu, melalui WMS, Perusahaan dapat melakukan Quality Control secara akurat. Dengan begitu, setiap produk yang diperoleh konsumen memiliki kualitas terjaga.


Sebagai startup penyedia WMS, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen stok barang melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam fitur dari WMS Prieds dapat membantu manajemen inventory perusahaan menjadi lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen inventory pada perusahaan melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan saat melakukan manajemen inventory dan rasakan beragam keuntungan dengan menerapkan WMS Prieds pada bisnis distribusi Anda.

54 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page