top of page

Peran Software ERP dalam Mengoptimalkan 5 Tahap Proses Manufaktur

Menerapkan Software ERP memiliki beragam keuntungan bagi perusahaan yang bergerak pada berbagai industri, salah satunya yaitu manufaktur. Teknologi ini mampu menjalankan beragam proses bisnis secara otomatis, sehingga operasional dapat berjalan dengan efektif, efisien dan akurat.


Dalam proses operasional manufaktur, tentu terdapat beragam tahap mulai dari perencanaan, penjadwalan, pengadaan bahan baku, hingga proses produksi. Perusahaan yang telah menerapkan software ERP akan dapat mengoptimalkan tahap tersebut dan menghindari terjadinya kesalahan maupun kerugian akibat proses yang dilakukan secara manual.


Mengenal 5 Tahap Proses Manufaktur

Dalam tahap proses manufaktur, perusahaan memiliki alur terstruktur yang disesuaikan dengan produk yang dihasilkan. Memiliki proses manufaktur yang terstruktur bertujuan untuk mencapai tujuan produksi yang efisien dan efektif. Berikut tahap proses dalam manufaktur :


Perencanaan Produksi

Perencanaan produksi merupakan tahap awal dari proses manufaktur yang melibatkan pengambilan keputusan dan penentuan strategi produksi. Pada tahap ini, hal hal yang berkaitan dengan produksi, seperti penjadwalan, alur produksi, pengadaan bahan baku, prose pengolahan hingga jumlah produksi ditentukan.


Waktu yang dibutuhkan untuk tahap perencanaan produksi bergantung pada tingkat kesulitan produk dan ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan. Tahap perencanaan produksi perlu dilakukan dengan cermat dan tepat, agar perusahaan dapat menghasilkan produk yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.


Menentukan Alur Produksi

Mengarahkan alur produksi atau routing merupakan tahap dalam proses manufaktur. Tahap ini melibatkan analisis urutan kerja, pemilihan alat dan peralatan produksi yang sesuai, serta pemilihan tenaga kerja yang tepat untuk melaksanakan produksi. Selain itu, tahap menentukan alur produksi juga termasuk perhitungan kapasitas produksi, pembuatan jadwal produksi, alokasi penggunaan sumber daya.


Menyusun Jadwal Produksi

Bisnis menentukan jadwal produksi untuk setiap langkah dalam proses produksi pada tahap alur produksi atau routing. Pada tahap ini, bisnis menentukan kapan mulainya produksi, berapa lama, dan kapan produksi selesai.


Penjadwalan produksi penting untuk memastikan bahwa produksi dapat perusahaan lakukan tepat waktu dan sesuai dengan permintaan pasar. Pada tahap ini, bisnis juga mempertimbangkan ketersediaan sumber daya, seperti tenaga kerja dan bahan mentah, serta kemampuan produksi peralatan yang tersedia.


Dengan melakukan penjadwalan produksi dengan baik, bisnis dapat meningkatkan efisiensi produksi, menghindari kekurangan atau kelebihan pasokan produk, dan memenuhi permintaan konsumen dengan tepat waktu.


Proses Produksi

Memulai produksi merupakan tahap mengolah bahan baku menjadi sebuah produk. Bisnis memberikan instruksi secara langsung kepada tenaga kerja dan peralatan produksi untuk memulai produksi sesuai dengan jadwal produksi yang telah ditentukan pada tahap penjadwalan. Pada tahap ini, bisnis mengirimkan instruksi secara tertulis atau elektronik kepada seluruh departemen terkait untuk memulai produksi.


Dengan melakukan proses produksi dengan benar, perusahaan dapat memastikan bahwa produksi dimulai sesuai dengan jadwal produksi yang telah ditentukan, menghindari kelebihan atau kekurangan pasokan bahan mentah, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi. Oleh karena itu, tahap untuk memulai produksi merupakan tahap penting dalam proses produksi yang perlu diperhatikan dengan baik oleh bisnis.


Monitoring dan Evaluasi

Evaluasi adalah tahap terakhir dalam proses produksi di mana bisnis mengevaluasi hasil produksi untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan. Pada tahap ini, bisnis melakukan pengujian dan pemeriksaan kualitas pada setiap produk yang telah diproduksi untuk memastikan bahwa produk dapat memenuhi permintaan dan harapan konsumen.


Contoh dari evaluasi adalah ketika bisnis melakukan pengujian dan pemeriksaan kualitas pada setiap produk sebelum produk tersebut perusahaan kirim ke konsumen. Bisnis dapat menggunakan hasil evaluasi ini untuk memastikan bahwa produk yang dikirimkan sesuai dan tidak memiliki cacat atau kerusakan.


Dengan melakukan evaluasi dengan benar, bisnis dapat meningkatkan kualitas produk dan kepuasan konsumen. Terlebih, bisnis dapat memastikan bahwa produk dapat memenuhi permintaan pasar. Oleh karena itu, evaluasi merupakan tahap penting dalam proses produksi yang perlu perusahaan perhatikan.


Peran Software ERP dalam Proses Manufaktur

Peran Software ERP dalam Proses Manufaktur

Menyederhanakan Proses Manajemen Inventory

Cara kerja software ERP dalam manajemen inventory meliputi persediaan bahan dan produk. Persediaan produk terdiri dari hasil produksi manufaktur sampai produk tersebut dikirim kepada pelanggan. Manajemen bahan meliputi berbagai proses yang memastikan kalau perusahaan manufaktur mempunyai bahan dalam jumlah tepat untuk menyelesaikan proses produksi.


ERP bisa mengantisipasi human error dan membuat proses manajemen inventory, seperti tracking bahan baku menjadi lebih otomatis. Dengan solusi ini, dapat dipastikan bahan baku selalu tiba tepat waktu dan tidak ada stock yang menumpuk di gudang.


Sistem Perencanaan Sumber Daya

Software ERP dapat memberitahu perusahaan terkait pola permintaan pelanggan berdasarkan data yang sudah ada dan real time. Hal ini membuat proses penyusunan perkiraan permintaan menjadi lebih mudah. Selain itu, data yang dihasilkan juga lebih akurat dibandingkan dengan metode manual.


Kolaborasi antara Supplier dan Pelanggan

Cara kerja ERP adalah dapat menyederhanakan dan meningkatkan response time secara signifikan. Ini tentu saja dapat meningkatkan komunikasi internal antara semua departemen dan komunikasi dengan semua supplier. Nantinya, semua stakeholder juga dapat berkolaborasi sesuai dengan kepentingannya. Dengan kolaborasi yang baik, tujuan perusahaan juga akan lebih cepat tercapai dengan tepat waktu.


Karena software ERP dapat merespon perubahan data secara cepat dan efisien, ini sangat membantu dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan.


Meningkatkan Produktivitas

Perusahaan yang masih mengandalkan proses manual untuk menjalankan aktivitas manufaktur biasanya memiliki lebih banyak pengeluaran tenaga kerja dibandingkan dengan perusahaan yang sudah mengotomatisasi proses kerja.


Sistem ERP dapat membantu organisasi untuk menyederhanakan proses kerja sehingga waktu yang dibutuhkan lebih sedikit untuk menyelesaikan jumlah pekerjaan yang sama. Selain itu, karena banyak waktu luang, ini bisa diinvestasikan dengan melakukan aktivitas lain yang menawarkan return lebih tinggi.


Manajemen Sumber Daya Manusia

Meningkatkan fungsionalitas SDM dengan melacak kehadiran dan pelatihan juga berdampak baik untuk perusahaan manufaktur. Solusi terbaik adalah menggabungkan sistem ERP dengan HRM (human resources management) karena perusahaan bisa membuat beberapa kegiatan administrasi berbasis kertas menjadi digital dan otomatis.


Hal ini akan menyebabkan departemen SDM lebih berfokus pada pengembangan karyawan di perusahaan. Jadi, SDM bisa lebih dioptimalkan dan menghemat waktu kerja.


Otomatisasi Supply Chain

Mengintegrasi sistem ERP dengan manajemen supply chain sangat membantu dalam meningkatkan komunikasi antara produsen dan supplier. Selain itu, pelanggan juga mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai aktivitas bisnis. Human error adalah masalah terbesar dalam masalah kualitas produk di bisnis manufaktur. Dengan mengotomatisasi beberapa proses dengan sistem ERP, Perusahaan mampu menghindari banyak kesalahan rumit dalam supply chain.


Dapatkan Software ERP Prieds dan Optimalkan Bisnis Manufaktur Anda

Perkembangan teknologi mempermudah beragam industri untuk melakukan optimalisasi proses bisnis. Adanya teknologi seperti Software ERP dapat mempermudah perusahaan manufaktur agar lebih optimal. Dengan software ini, perusahaan dapat meningkatkan performa dari tiap tahap proses manufaktur dan mengelola proses bisnis lain melalui satu sistem terpusat.


Sebagai startup penyedia Software ERP yang dapat dikustomisasi dan diintegrasikan sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi bagi peningkatan performa bisnis manufaktur. Beragam fitur dan modul dari yang ditawarkan pada Sistem ERP Prieds dapat membantu perusahaan untuk melakukan meningkatkan kinerja proses manufaktur secara efektif dan efisien.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan sistem ERP pada perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem ERP dengan fitur dan modul lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page