top of page

Penggunaan Sistem Barcode dalam Proses Manajemen Gudang

Diperbarui: 11 Nov 2023

Gudang merupakan tempat penyimpanan berbagai macam stok barang untuk diproses perusahaan agar menjadi produk yang siap dipasarkan. Tentunya, agar stok barang seperti bahan baku maupun produk jadi perlu dikelola dengan baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan manajemen gudang yaitu dengan menerapkan teknologi seperti sistem barcode yang terintegrasi dengan aplikasi stok barang.


Secara garis besar, sistem barcode untuk gudang merupakan sebuah mesin pembaca barcode elektronik yang mampu memindai barcode cetak dan mengubahnya menjadi data digital pada komputer. Teknologi ini sangat berguna bagi perusahaan yang bergerak di bidang bisnis untuk meningkatkan efisiensi dalam manajemen inventory. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini dalam operasional sehari-hari.


Pentingnya Penerapan Sistem Barcode bagi Manajemen Gudang

Beberapa kendala dalam proses pengelolaan stok barang dalam gudang yaitu mengetahui usia stok, sulitnya memantau pergerakkan barang dan menjaga jumlah stok agar sesuai antara pencatatan dengan jumlah fisik. Seluruh kendala tersebut disebabkan oleh minimnya kontrol terhadap pergerakan stok barang dan dokumen.


Untuk dapat mengatasi kendala tersebut, penting bagi perusahaan untuk menerapkan Sistem Barcode yang dapat mempermudah perusahaan dalam mengontrol aktivitas dalam gudang secara menyeluruh. Dengan memanfaatkan Sistem Barcode perusahaan dapat mengetahui stok barang dengan cepat dan akurat, sehingga mampu mengirimkan barang dengan cepat pula.


Beragam Fitur Sistem Barcode

Beragam Fitur Sistem Barcode

Number Tracking

Pelacakan nomor seri pada Sistem Barcode merupakan kemampuan untuk melacak produk, baik ke pemasok, melalui distributor atau ke pelanggan melalui nomor seri yang telah ditetapkan pada sebuah produk. Menggabungkan sistem barcode dengan aplikasi stok barang dapat menghasilkan dan melacak nomor seri secara otomatis untuk memudahkan pelacakan stok barang dalam gudang gudang.


Lot Serial

Nomor lot adalah nomor identifikasi yang ditetapkan untuk produk yang menunjukkan batch atau lot di mana produk diproduksi atau diproses. Selain itu, fitur lot serial pada sistem barcode juga dapat melacak pergerakan stok barang secara besar atau batch dalam satu waktu. Sehingga, perusahaan dapat lebih mudah dalam mengelola seluruh stok barang yang dimiliki.


Location Tracking

Setiap stok barang dalam gudang yang telah diberi barcode sebagai penanda dapat mempermudah staff gudang untuk menyimpan, memindahkan serta mengambil stok barang untuk dikirimkan guna memenuhi permintaan. Melalui location tracking, perusahaan juga dapat mengetahui jumlah dan posisi stok barang dalam gudang secara akurat. Dengan begitu, pemisahan antara produk lama dengan produk baru dapat dilakukan dengan lebih efisien.


Asset Barcode

Fitur asset barcode memberikan hasil laporan yang lebih terjamin bagi perusahaan. Melalui fitur ini, perusahaan dapat memilih aset yang dimiliki perusahaan, seperti fixed asset maupun asset berupa stok barang. Dengan begitu, kontrol terhadap penggunaan stok maupun aset penunjang dapat dilakukan secara efektif oleh perusahaan.


Inventory Valuation

Setiap pergerakan stok barang dalam gudang yang telah menerapkan sistem barcode akan terdata dengan lengkap melalui satu sistem. Melalui fitur ini, memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis persediaan dan mendapatkan gambaran menyeluruh terhadap kinerja bisnis. Mulai dari kemampuan untuk memenuhi permintaan, ketersediaan produk, tingkat penjualan, hingga menyusun perkiraan permintaan untuk periode selanjutnya.


Optimalkan Manajemen Gudang melalui Penerapan Sistem Barcode dan Aplikasi Stok Barang Prieds

Sebagai startup penyedia aplikasi stok barang yang menyediakan sistem pre-build dan kemampuan kustomisasi sesuai kebutuhan, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen gudang perusahaan melalui penerapan sistem barcode. Integrasi hardware dengan aplikasi stok barang dapat meningkatkan fungsi software untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas manajemen gudang. Beragam fitur dari yang ditawarkan aplikasi stok barang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar pengelolaan dapat dilakukan dengan optimal.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan sistem barcode pada manajemen gudang perusahaan anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan manajemen gudang yang lebih efisien dengan teknologi canggih pada perusahaan Anda.


212 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page