top of page

Optimalkan Bisnis dengan Menerapkan Alur Manajemen Gudang yang Baik

Dalam menjalankan manajemen gudang, tentu terdapat beberapa tahap atau alur yang perlu dilakukan agar menciptakan pengelolaan stok barang yang efektif, efisien dan akurat. Setiap alur memiliki fungsi dan tugas berbeda dan seluruh proses ini perlu dipantau oleh perusahaan. Dengan begitu, ketika terjadi kendala, perusahaan dapat melakukan evaluasi dan mencari solusi agar manajemen gudang berjalan dengan optimal.


Manajemen gudang merupakan komponen penting dalam berbagai industri perusahaan. Karena pengelolaan stok barang berperan untuk menciptakan alur yang baik dari produsen hingga diterima oleh konsumen. Manajemen gudang yang baik dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi pengeluaran anggaran, serta membantu meningkatkan kepuasan konsumen.


7 Alur Manajemen Gudang yang Baik agar Bisnis Optimal

7 Alur Manajemen Gudang yang Baik

Untuk dapat menerapkan manajemen gudang yang baik, tentunya perusahaan perlu memahami seluruh alur atau prosesnya. Dengan memahami dan memiliki visibilitas pada seluruh alur manajemen gudang, perusahaan dapat meningkatkan kinerja yang kemudian dapat membantu mengoptimalkan bisnis.


Proses Receiving

Langkah awal pada manajemen gudang yang baik dimulai saat perusahaan menerima stok barang masuk ke gudang. Dalam proses ini, stok barang yang masuk akan melalui beberapa tahap, mulai dari inspeksi, verifikasi, dan kemudian dicatat dalam Warehouse Management System atau WMS.


Pencatatan informasi stok barang secara akurat adalah hal terpenting pada tahap ini agar tidak terjadi kendala pada alur berikutnya. Untuk dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan stok barang masuk, sistem WMS dapat diintegrasikan dengan perangkat seperti RFID. Melalui integrasi RFID, perusahaan dapat melakukan pelacakan stok secara real-time, merampingkan proses, serta menekan kesalahan saat input data.


Proses Putaway

Setelah stok barang yang masuk di beri label, selanjutnya produk perlu disimpan pada lokasi yang sudah ditentukan pada area gudang. Dalam proses putaway, stok barang yang masuk dikelompokkan berdasarkan beberapa faktor seperti dimensi, berat, maupun jumlah permintaan dari produk tertentu. Perusahaan dapat menggunakan strategi penyimpanan yang efisien, seperti ABC Analysis, atau pengurutan barang berdasarkan prioritas tinggi, sedang dan rendah, yang dapat membantu waktu pengambilan stok barang (picking) dan mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan dalam gudang.

Manajemen Inventory

Melakukan cycle count dan pengecekan inventory fisik secara rutin merupakan hal yang perlu dilakukan untuk menjaga jumlah stok barang secara akurat. Penerapan WMS pada perusahaan dapat mengotomatisasi proses pengecekan stok barang dan cycle counting, sehingga ketika dapat lebih cepat mengetahui jika terjadi selisih jumlah dan perusahaan dapat mencari solusi dengan cepat dan tepat. Visibilitas secara real-time pada manajemen inventory membantu perusahaan untuk mengambil keputusan secara tepat dan menghindari terjadinya kehabisan atau penumpukan stok barang.


Proses Picking sesuai Pesanan

Mengambil stok barang sesuai dengan pesanan merupakan inti dari aktivitas manajemen gudang, mulai dari penerimaan stok barang dari ruang penyimpanan hingga proses order fulfillment. Memahami manajemen gudang yang baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan merupakan langkah penting untuk membantu mengoptimalkan bisnis. Perusahaan dapat menerapkan beberapa metode picking, seperti metode batch picking, atau metode zone picking yang dapat disesuaikan dengan luas gudang dan kebutuhan operasional. 


Proses Packing Produk

Setelah stok barang melalui proses picking, kemudian kumpulan produk dibawa ke bagian packing, untuk dikemas sesuai dengan pesanan dan siap untuk dikirimkan. Pada alur ini sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan akurasi dan keamanan dari produk agar terhindar dari kerusakan saat transit. Untuk dapat mengoptimalkan tahap packing, perusahaan dapat menerapkan teknologi seperti mesin packing atau conveyor.


Proses Penyortiran dan Pengiriman

Pada alur ini, stok barang yang telah dikemas kemudian dikumpulkan dan disortir sesuai dengan pesanan dan destinasi pengiriman, agar proses pengiriman menjadi lebih efisien. Dalam proses penyortiran, produk yang siap dikirim akan diberi label sesuai dengan pesanan dan dilengkapi dokumen pendukung untuk dikirim kepada konsumen. Pemberian label juga akan dicatat dalam sistem WMS, untuk memberikan visibilitas pada proses pengiriman secara real-time. Hal ini dapat memudahkan perusahaan saat menjalankan manajemen gudang yang baik melalui koordinasi dengan pihak pengiriman, sekaligus dapat memberikan informasi kepada konsumen terkait status produk yang dipesan.


Kebijakan Pengembalian Produk

Manajemen gudang yang baik juga mengelola pengembalian produk secara efisien. Ketika terjadi pengembalian, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang cepat untuk mengganti produk sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan. Selain itu, melalui penggunaan WMS, perusahaan dapat melakukan proses inspeksi, pencatatan produk masuk dan proses integrasi kembali pada inventory secara efektif dan efisien. Menerapkan kebijakan dan sistem pengembalian produk secara cepat dan tepat sangat penting bagi perusahaan agar dapat menjaga tingkat kepuasan konsumen sekaligus meminimalisir kerugian.


Tingkatkan Proses Manajemen Gudang agar Bisnis Optimal dengan WMS Prieds

Proses manajemen gudang yang baik merupakan pondasi dari kesuksesan bisnis. Dengan berfokus pada efisiensi alur pengelolaan stok barang, perusahaan dapat mengoptimalkan proses operasional, menekan pengeluaran, dan memberikan servis yang memuaskan kepada konsumen. Memanfaatkan perkembangan teknologi dan otomatisasi dapat membantu perusahaan untuk menjalankan alur manajemen gudang dengan lebih baik sekaligus mengoptimalkan bisnis secara keseluruhan.


Sebagai startup penyedia WMS yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen gudang yang efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk mengelola gudang dan melakukan manajemen stok secara akurat dan efisien melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait manajemen gudang yang baik dengan penerapan WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

19 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page