top of page

Optimalkan Proses Put Away agar Kinerja Manajemen Gudang lebih Efisien

Diperbarui: 9 Des 2023

Dalam proses manajemen gudang terdapat salah satu proses penting untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan, yaitu proses Put Away. Proses Put Away merupakan aktivitas penempatan barang ke area penyimpanan yang telah ditentukan dalam sebuah gudang.


Kesalahan penempatan stok barang berdampak pada kesulitan saat melacak lokasi penyimpanan stok barang. Selain itu, proses Put Away yang salah dapat mengganggu jalannya proses operasional gudang, terutama proses picking atau pengambilan stok barang di gudang.


Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen gudang, perusahaan perlu memahami dan memiliki kontrol penuh pada setiap tahapnya. Karena jika salah satu tahap dalam manajemen gudang tidak dilakukan dengan baik, akan berdampak pada kelancaran bisnis dan penurunan kepuasan konsumen.


Definisi Put Away dalam Manajemen Gudang

Salah satu tahap yang penting dalam manajemen gudang yaitu proses Put Away. proses ini adalah sebuah aktivitas perpindahan stok barang yang masuk ke lokasi gudang untuk disimpan. Umumnya, stok barang ditempatkan pada area tertentu sesuai dengan klasifikasi dari stok barang tersebut.


Penting bagi perusahaan untuk memperhatikan proses Put Away agar penempatan stok barang dalam gudang berada di lokasi yang sudah ditentukan. Dengan begitu maka waktu untuk memproses dan melacak stok barang dalam gudang menjadi lebih efisien.


Jenis Proses Put Away

Put Away dalam Manajemen Gudang

Dalam praktiknya, terdapat 3 jenis Put Away yang umum digunakan dalam pengelolaan stok barang dalam gudang, diantaranya yaitu :


Direct Put Away

Direct Put Away merupakan proses penempatan stok barang dalam gudang yang akan diteruskan langsung untuk proses pengiriman. Sehingga, stok barang yang datang tidak mengendap atau tersimpan dalam gudang.


Dynamic Put Away

Dynamic Put Away adalah jenis penempatan stok barang pada lokasi strategis ataupun paling mudah untuk diambil oleh staff gudang. Jenis ini digunakan untuk memaksimalkan penggunaan area penyimpanan dalam gudang.


Fixed-location Put Away

Sesuai dengan namanya, jenis fixed-location Put Away merupakan proses penempatan stok barang pada suatu tempat yang sudah ditentukan. Jenis Put Away ini membantu staff gudang menemukan lokasi stok barang tertentu dengan cepat, karena stok tersebut selalu disimpan pada lokasi yang sama.


Fungsi Penting dari Proses Put Away

Manajemen gudang yang baik tentu akan membantu bisnis semakin berkembang. Hal ini membuat pengelolaan stok barang dalam gudang harus dilakukan dengan benar, seperti proses Put Away. Hal ini membuat Put Away memiliki fungsi penting dalam manajemen pergudangan, diantaranya :

  1. Mempermudah proses Put Away stok barang saat menerapkan sistem batch

  2. Meningkatkan akurasi perhitungan dan kontrol kualitas dari setiap stok barang yang akan disimpan

  3. Menghindari kerusakan atau kehilangan stok barang

  4. Mempercepat proses picking untuk memenuhi permintaan

  5. Stok barang lebih terorganisir dengan penggunaan area penyimpanan secara efektif.


Optimalkan Proses Put Away saat Manajemen Gudang dengan WMS Prieds

Pross put away atau penempatan barang yang optimal dalam sebuah gudang perlu dilakukan dengan baik dan teliti agar terhindar dari masalah seperti selisih stok barang yang mengganggu jalanya sistem pergudangan Anda. Selain itu, penempatan barang yang tidak sesuai akan menghambat proses pemenuhan pesanan hingga menurunkan kepuasan pelanggan.


Salah satu solusi untuk mengoptimalkan proses Put Away yaitu dengan menggunakan Warehouse Management System (WMS), yang dapat mempermudah seluruh proses pengelolaan gudang Anda. Sebagai startup penyedia WMS yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi pengelolaan dan manajemen gudang perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat mengoptimalkan berbagai proses manajemen gudang seperti Put Away.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait optimalisasi Put Away dalam manajemen gudang perusahaan anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem WMS dengan keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan Anda.

39 tampilan0 komentar
bottom of page