top of page

Kembangkan software ERP dengan Artificial Intelligence dan Machine Learning

Diperbarui: 8 Jan

Berkembangnya model bisnis digital membuka berbagai potensi ekonomi yang mendorong perusahaan untuk selalu mengembangkan teknologinya. Tidak terlepas juga bagi vendor Software ERP yang perlu memperbarui fitur-fiturnya dengan teknologi terbaru, agar menghasilkan produk yang semakin efisien.


Hadirnya Artificial intelligence dan machine learning memiliki peranan besar dalam meningkatkan efisiensi bisnis. Tentunya teknologi ini mendorong vendor software ERP untuk mengadopsi dan mengoptimalkan sistemnya. Berikut beberapa cara artificial intelligence dan meningkatkan fungsi software ERP.


Peran Artificial Intelligence dan Machine Learning bagi Fungsi ERP

Penerapan AI dan Machine Learning pada Software ERP

Penerapan Internet of Things (IoT)

Teknologi Internet of Things (IoT) dapat dimanfaatkan untuk mendukung otomasi diberbagai proses bisnis. Dengan software ERP, proses pengelolaan dan pemanfaatan aliran data besar yang dapat dilakukan guna mendukung perangkat IoT. Rekam data dalam jumlah besar yang dihasilkan oleh alat yang dilengkapi IoT dan menggunakan teknologi AI dan machine learning, dapat menjembatani kesenjangan pengambilan keputusan berbagai divisi dalam perusahaan.


Menggunakan Artificial Intelligence untuk melihat efektifitas kinerja

Teknologi AI dan machine learning dapat membantu perusahaan untuk mengetahui Overall Equipment Effectiveness (OEE) atau efektifitas kinerja mesin lebih dalam. Penerapan Software ERP dengan bantuan AI dan Machine Learning dianggap menguntungkan bagi perusahaan karena dapat mengetahui secara cepat dan akurat dari efektifitas kinerja suatu mesin dan peralatan pabrik. Dengan aliran data produksi atas mesin dan peralatan Pabrik, teknologi ERP memungkinkan penggunanya untuk mengetahui dan memantau secara real-time efektifitas kinerja mesin dan peralatan pabrik mereka.


Penerapan teknologi self-learning

Software ERP juga dapat dikembangkan fungsinya dengan bantuan teknologi self-learning atau sistem yang dapat mempelajari pola dalam suatu arsitektur teknologi AI dan machine learning pada suatu proses dalam bisnis. Teknologi tersebut juga dapat dilengkapi infrastruktur berbasis cloud yang terintegrasi dengan inti ERP Web Services, Apps, dan pemantauan secara real-time untuk yang dapat menghasilkan aliran data yang stabil, lengkap dan akurat pada AI dan algoritme machine learning untuk mempercepat proses pembelajaran pola-pola dari suatu proses, seperti dampak pengambilan keputusan pada suatu organisasi.


Menggunakan teknologi Virtual Assistant

Virtual Assistant diperlukan untuk menerjemahkan ulang banyak segi-segi operasi manufaktur dari mulai perangkat teknologi pengenal suara, sampai diagnosis proses bisnis lanjutan. Teknologi AI yang telah dikembangkan, dapat digunakan untuk meningkatkan proses bisnis yang kurang efektif untuk diperbaiki sehingga dapat mengerjakan hal-hal yang lebih kompleks. Contoh fungsi dari Asisten Virtual dapat berupa membimbing pekerja produksi untuk memilih bahan-bahan yang benar berdasarkan data dari Bill of Material.


Analisis data tingkat produktivitas mesin dengan bantuan sensor

Software ERP yang dikembangkan dengan teknologi AI dan machine learning mampu mengurangi kerusakan pada peralatan sekaligus meningkatkan pemanfaatan aset dengan melakukan analisis data yang direkam oleh sensor. Software ERP menangkap aliran data untuk kemudian mendiagnosa usia pakai dari setiap mesin dengan memberikan peringatan ketika alat tersebut dipakai secara berlebih ataupun memerlukan peremajaan. Teknologi ERP yang menggunakan teknik machine learning dapat mengetahui pola kinerja produksi pada seluruh operasional dalam perusahaan. Hal ini sangat penting dalam industri pemrosesan di mana kerusakan mesin menyebabkan hilangnya produktivitas dan penjualan.


Software Prieds ERP berikan beragam fitur-fitur dengan mengadopsi teknologi terbaru

Software ERP membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Hal ini penting diperhatikan oleh perusahaan untuk dapat memilih software ERP yang mampu memberikan fitur dan teknologi yang mengadopsi teknologi terbaru.selain itu pemilihan vendor software ERP penting untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Software Prieds ERP berikan beragam fitur-fitur dengan mengadopsi teknologi terbaru

Sebagai startup penyedia Software ERP terpercaya dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan terkemuka, Prieds hadir sebagai solusi yang mampu membantu perusahaan untuk menerapkan lean management. Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan reporting secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait software manajemen untuk berbagai kebutuhan industri anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Aplikasi Manajemen Pergudangan Prieds pada bisnis Anda.

148 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page