top of page

Kelola Gudang Produk Jadi dengan WMS Manufaktur

Diperbarui: 8 Jan

Industri manufaktur tentu tidak terlepas dari pengelolaan stok barang. Baik dari proses produksi hingga penyimpanan produk jadi, menjadi hal yang penting untuk diperhatikan perusahaan manufaktur agar kualitas produk yang dihasilkan terjaga. Agar seluruh proses tersebut selalu berjalan dengan optimal, dibutuhkan dua hal penting, yang pertama komitmen dan tatanan manajemen yang solid, kedua mengadopsi teknologi ke dalam proses bisnis.


Memiliki komitmen dan tatanan manajemen yang solid menjadi kunci penting dalam mengembangkan suatu bisnis. Pengambilan keputusan merupakan salah satu aktivitas yang membutuhkan manajemen yang solid. Dengan begitu, perusahaan dapat lebih berfokus kepada optimalisasi kinerja bisnis.


Tentu selain manajemen bisnis yang baik, perusahaan juga perlu mengadopsi teknologi ke dalam proses bisnis. Fungsinya perusahaan dapat memiliki fisibilitas dan kontrol maksimal terhadap seluruh aktivitas operasional dan memiliki data pencatatan yang akurat. Contohnya, Industri manufaktur dapat memanfaatkan Warehouse Management System atau WMS untuk dapat mengelola stok produk jadi yang tersimpan dalam gudang agar proses pengelolaan dapat dilakukan secara maksimal.


Fitur yang wajib dimiliki pada WMS Manufaktur

Fitur WMS Manufaktur

Storage Management

Perusahaan manufaktur perlu menyediakan ruang penyimpanan yang dipisahkan sesuai jenis stok barang, seperti bahan baku, produk setengah jadi dan produk jadi. Agar pengelolaan beragam gudang penyimpanan berjalan dengan baik, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan implementasi aplikasi gudang atau WMS. Fitur penting yang ditawarkan aplikasi gudang yaitu storage management, dimana perusahaan dapat mengontrol dan mengelola berbagai area penyimpanan melalui satu aplikasi secara real-time dan akurat. Selain itu, dengan fitur storage management, perusahaan dapat menata layout penyimpanan sesuai dengan ciri stok barang dan tempat penyimpanan tersebut terdata pada sistem. Dengan begitu, proses perpindahan stok barang dapat dilakukan dengan lebih efisien.


IoT Integration

Mengadopsi teknologi ke dalam proses bisnis salah satunya yaitu dengan aplikasi gudang yang memiliki fitur IoT integration. Fitur ini memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mengelola produk jadi dalam gudang melalui konektivitas antara software dan juga hardware. Salah satu contohnya yaitu dengan RFID Barcode generator yang berfungsi untuk memberi label pada tiap produk tertentu dan area penyimpanannya. Selain itu, fitur IoT integration pada Aplikasi gudang juga memungkinkan perusahaan untuk memantau penggunaan perangkat operasional seperti mesin produksi agar dalam kondisi prima dan tidak bekerja terlalu berat.


Stock Management

Perpindahan stok barang dalam gudang perlu diperhatikan dengan teliti agar tidak menimbulkan berbagai permasalahan. Agar perpindahan stok barang dapat terlacak, Aplikasi gudang memiliki fitur stock management melalui RFID Barcode yang memuat data jumlah, lokasi penyimpanan, permintaan inbound dan outbound stok serta penjadwalan secara real-time dan akurat. Dengan begitu ketika produk jadi siap dikirimkan, staff gudang dapat bekerja secara efisien untuk mempersiapkan barang sesuai dengan pesanan.


Reporting

Tentunya untuk dapat melakukan optimalisasi proses bisnis, diperlukan evaluasi kinerja berdasarkan hasil laporan yang akurat. Aplikasi gudang menawarkan pencatatan data secara real-time, akurat dan cepat baik dari proses barang masuk ke dalam gudang hingga pengiriman. Selain itu, stock opname produk jadi pada gudang juga dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan aplikasi tersebut. Dengan data yang terpusat pada WMS, perusahaan akan dapat dengan mudah menyusun laporan sesuai dengan kebutuhan. Baik dari laporan penjualan, laporan pengiriman, laporan keuangan hingga laporan proses produksi dapat diambil untuk dijadikan bahan evaluasi kinerja. Dengan begitu, perusahaan dapat mengambil keputusan untuk melakukan optimalisasi bisnis dengan tepat.


Aplikasi Gudang dengan fitur lengkap untuk Manufaktur gunakan WMS Prieds

Mengadopsi teknologi WMS pada perusahaan berguna untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Perusahaan tentu perlu memilih vendor dengan pelayanan serta informasi lengkap agar aplikasi gudang yang diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Aplikasi Gudang ini dapat juga digunakan pada berbagai industri, seperti pada Manufaktur untuk mengelola stok produk jadi.


Sebagai startup penyedia Aplikasi Gudang terpercaya dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan terkemuka, Prieds hadir sebagai solusi yang mampu membantu perusahaan untuk menerapkan lean management. Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh WMS Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan reporting secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait software manajemen untuk berbagai kebutuhan industri anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Aplikasi Gudang Prieds pada bisnis Anda.

34 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page