top of page

5 Cara Software ERP Bantu Tingkatkan Kepuasan Konsumen

Diperbarui: 9 Des 2023

Salah satu nilai yang menjadi tolak ukur dalam membangun reputasi perusahaan yaitu dengan menggunakan kepuasan pelanggan. Memperhatikan pengalaman yang baik bagi pelanggan menjadi hal yang penting, terlebih dengan konsumen saat ini yang menginginkan pelayanan yang memuaskan dengan harga terbaik.


Agar bisnis dapat bertahan dengan kompetisi yang ketat, dan ekspektasi konsumen yang terus meningkat terhadap produk atau jasa, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan bagi konsumennya. Dengan adanya teknologi seperti Enterprise Resource Planning (ERP), perusahaan dapat meningkatkan pelayanan dan kualitas produk untuk membantu meningkatkan pengalaman bertransaksi yang memuaskan bagi konsumen.


Pentingnya Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen adalah tolak ukur untuk mengetahui seberapa puas konsumen terhadap produk atau jasa yang diberikan oleh suatu perusahaan. Hal ini sangat penting karena perusahaan dapat memiliki gambaran bahwa apa yang dikerjakan sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi konsumen.


Tingkat kepuasan yang tinggi mengindikasikan reputasi terhadap brand yang bagus, produk menjadi kebutuhan sehingga konsumen terus melakukan pembelian yang berdampak pada peningkatan penjualan perusahaan. Disisi lain, tingkat kepuasan yang rendah juga menggambarkan bahwa produk atau jasa yang diberikan kurang sesuai dengan ekspektasi target konsumen. Sehingga perusahaan dapat memperbaiki dan mengembangkan produk dengan tujuan agar pelanggan suka dan puas terhadap produk perusahaan.

Pentingnya mengukur kepuasan konsumen

Data kepuasan pelanggan juga perlu dikelola dengan efisien dan akurat, salah satunya melalui penggunaan ERP. memiliki data konsumen dan tingkat kepuasan membantu perusahaan untuk selalu meningkatkan pelayanan. Selain itu, perusahaan juga memiliki gambaran akurat terhadap permasalahan dan kebutuhan konsumen. Secara umum terdapat 5 hal pentingnya mengukur tingkat kepuasan konsumen, yaitu :

  1. Mendorong loyalitas pelanggan

  2. Mencerminkan performa perusahaan

  3. Meningkatkan pembelian kembali

  4. Menaikkan angka transaksi konsumen

  5. Mendorong akuisisi konsumen


5 Cara Mengukur Kepuasan Konsumen dengan Software ERP

Agar dapat memenangkan persaingan pasar, perusahaan perlu memperhatikan tingkat kepuasan pelanggan. Menggunakan sumber daya dan teknologi yang memadai seperti ERP, berikut 5 cara untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan meningkatkan pelayanan konsumen melalui penerapan ERP.

Ukur Tingkat Kepuasan Konsumen dengan ERP

Customer Service yang Efisien

Penerapan Software ERP dalam perusahaan tentu memiliki database yang terpusat. Hal ini memungkinkan seluruh departemen memiliki akses secara real-time terhadap berbagai macam data. Dengan penggunaan database terpusat, proses koordinasi alur kerja menjadi lebih lancar dan menghindari terjadinya perbedaan ataupun penundaan.


Selain dari sisi perusahaan, data terpusat dari software ERP juga mempermudah konsumen untuk menerima informasi melalui berbagai channel perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat memberikan pengalaman baik bagi konsumen secara konsisten.


Proses Pemesanan yang Mudah dan Pengiriman Cepat

Pelayanan konsumen tidak hanya sebatas memberikan produk berkualitas. Selain kualitas, produk perlu memiliki harga terbaik dan perusahaan mampu memastikan pengiriman sesuai jadwal.


Walaupun pengiriman produk merupakan tahap akhir dari proses pesanan, tahap ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Software ERP yang diterapkan pada perusahaan membantu meningkatkan akurasi dan efisiensi, baik dari proses dan waktu pengiriman pesanan. Dengan data terpusat, seluruh informasi terkait stok, jumlah dan jenis pesanan, waktu produksi hingga pengiriman dapat dipantau melalui satu sistem. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah mempersiapkan pesanan dan memberikan pelayanan yang cepat dan akurat.


Meningkatkan Customer Retention

Berdasarkan studi, 68% dari konsumen akan berpindah brand apabila tidak menemukan kecocokan atas kebutuhan dan permintaannya. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang vital bagi kesuksesan perusahaan, sehingga penting bagi perusahaan untuk dapat menyamakan pelayanan dengan ekspektasi dan memberikan produk seusai kebutuhan konsumen, agar terjadi pembelian kembali. Software. ERP yang digunakan perusahaan mampu menyimpan seluruh riwayat transaksi dan data konsumen, yang dapat diintegrasikan dengan forecasting yang akurat ataupun perencanaan dan pengelolaan inventory. Sehingga, perusahaan dapat mengetahui perkiraan kebutuhan inventory, melakukan produksi dan pengiriman dengan tepat waktu serta menjaga kualitas produk yang diciptakan.


Menciptakan Keunggulan dalam Produk

Persaingan pasar yang ketat membuat perusahaan perlu menciptakan produk dengan harga kompetitif agar dapat memenangkan pasar. Konsumen tentu dipaparkan pada berbagai opsi produk yang dapat dibandingkan dengan mudah berdasarkan kualitas, review dan harga yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Software ERP membantu perusahaan untuk menjaga agar produk yang diciptakan memiliki harga yang kompetitif melalui pengelolaan inventory yang lebih efisien dan menghapuskan proses proses yang sebelumnya dilakukan secara manual. Hal ini juga membantu perusahaan untuk mengurangi biaya biaya manufaktur. Dengan begitu, pelayanan konsumen juga menjadi lebih optimal.


Akses Informasi yang Cepat dan Memuaskan

Software ERP menawarkan end-to-end visibilitas pada pola kebiasaan konsumen untuk dianalisa dan menyusun perkiraan permintaan. Memahami perilaku konsumen akan mempermudah perusahaan untuk memecahkan permasalahan mereka, dengan memberikan informasi yang relevan secara cepat dan akurat. Tentunya, hal ini juga mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu perusahaan.


Tingkatkan Kepuasan Konsumen dengan Menggunakan ERP Prieds

Salah satu cara bagi perusahaan untuk mengukur dan meningkatkan kepuasan konsumen yaitu dengan menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP), yang dapat memantau seluruh operasi yang berkaitan dengan pelayanan konsumen. Sebagai startup penyedia ERP yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi operasional perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan ERP Prieds dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan mengukur kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait peningkatan pelayanan dan kepuasan konsumen perusahaan melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem ERP dengan keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan Anda.

17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page