top of page

4 Manfaat Penerapan SKU bagi Manajemen Inventory Distributor

Stock Keeping Unit atau SKU merupakan istilah yang tidak asing dalam manajemen inventory. Saat ini SKU sudah banyak diterapkan pada berbagai perusahaan, salah satunya distributor, dan menjadi sebuah elemen penting dalam pengelolaan stok yang efektif, efisien, dan akurat.


Penggunaan SKU dapat mempermudah distributor dalam melakukan manajemen inventory. Dengan menerapkan sistem ini, staff gudang tentu akan lebih mudah dalam memproses stok, seperti mencari stok, meletakkan stok serta melakukan stock opname.


Manfaat SKU bagi Manajemen Inventory Distributor

Manfaat Penerapan SKU bagi Manajemen Inventory Distributor

Stock Keeping Unit (SKU) merupakan deretan alphabet dan angka yang membentuk kode dan berfungsi sebagai metode penamaan, dan diberikan kepada setiap stok barang. Rangkaian kode SKU dapat mempermudah distributor dalam mengelola beragam jenis stok barang yang dimiliki, sehingga perusahaan dapat lebih mudah dalam mengontrol inventory. Untuk memahami lebih lanjut pengertian SKU dapat dilihat disini.


Selain memberikan kemudahaan saat melakukan manajemen inventory, penerapan SKU memiliki manfaat lain bagi perusahaan distribusi. Berikut beberapa manfaat tersebut :


1. Melacak Inventory Secara Akurat

Tujuan dari SKU yaitu membedakan jenis produk pada inventory distributor, sehingga SKU merupakan alat yang mempermudah proses pelacakan inventory secara keseluruhan. Seluruh data dari produk, baik dari jumlah produk, jenis produk, usia produk, kondisi produk hingga lokasi penyimpanan dapat diketahui melalui penerapan SKU.


Dengan sistem ini, tentunya perusahaan distributor dapat mengetahui ketika jumlah stok menipis dan perlu melakukan pengadaan stok barang. Selain itu, dengan mengetahui kondisi stok barang, perusahaan dapat lebih optimal dalam menjaga kualitas produk dan menghindari terjadinya stok rusak atau stok mati.


Tentunya, SKU dilakukan dengan perangkat teknologi seperti scanner yang dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan inventory. Dengan begitu pelacakan stok produk akan dapat berjalan secara optimal.


2. Menyusun Perkiraan Permintaan Dan Penjualan

Seperti yang dijelaskan diatas, penerapan SKU dapat memberikan gambaran bagi distributor terkait jumlah inventory yang dimiliki secara akurat. Dengan data pencatatan inventory yang akurat, perusahan dapat menyusun perkiraan penjualan dan permintaan yang lebih baik. Jika data SKU menunjukkan adanya jenis produk yang kurang laku, perusahaan dapat mengurangi jumlah stok tersebut atau mungkin dapat menerapkan promo bundling untuk mendorong penjualan.


3. Memberikan Penawaran Menarik Bagi Konsumen

Penerapan SKU tidak hanya berguna untuk manajemen inventory, namun juga dapat diterapkan untuk mengoptimalkan penjualan. Beragam jenis produk yang dimiliki distributor dapat dikelola dengan lebih baik. Perusahaan dapat melakukan up selling dan cross-selling produk untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Selain itu, dengan memiliki sistem SKU yang bekerja secara real-time, perusahaan dapat mengetahui pola permintaan konsumen, sehingga dapat memberikan penawaran menarik bagi setiap konsumen.


4. Meningkatkan Loyalitas dan Kepuasan Konsumen

Kode SKU dapat digunakan untuk membantu pelanggan agar lebih mudah dalam menemukan produk yang mereka butuhkan. Perusahaan distributor yang menerapkan SKU tentu akan memiliki data terkait setiap produk yang dimiliki dan mengetahui tipe produk yang paling laris. Dengan begitu, perusahan dapat melakukan pengadaan stok barang tersebut dan menghindari terjadinya kehabisan stok barang.


Dengan menyediakan produk sesuai permintaan konsumen, dan produk yang mudah didapatkan, tentu hal ini dapat membantu perusahaan distributor untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan konsumen.


Terapkan SKU pada Manajemen Inventory Distributor dengan WMS dari Prieds

Perkembangan teknologi mempermudah beragam industri untuk melakukan optimalisasi proses bisnis. Adanya teknologi seperti Warehouse Management System (WMS), mempermudah perusahaan distributor untuk mengoptimalkan manajemen inventory dengan sistem Stock Keeping Unit (SKU). Sehingga perusahaan dapat melakukan stock opname dengan lebih efektif, efisien dan akurat.


Sebagai startup penyedia WMS, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen stok barang melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam fitur dari Aplikasi Gudang Prieds dapat membantu manajemen stok barang perusahaan menjadi lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen inventory pada perusahaan distributor dengan menggunakan SKU melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan saat melakukan manajemen inventory dan rasakan beragam keuntungan dengan menerapkan WMS Prieds pada bisnis distribusi Anda.

30 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page