top of page

Tujuan & Maksud Serta Cara Melakukan Stock Opname yang Baik

Perusahaan yang bertumpu pada pengelolaan dan penyediaan produk perlu melakukan manajemen gudang dengan baik. Salah satu permasalahan yang umum ditemukan saat mengelola gudang yaitu terjadi kesalahan pencatatan barang yang mengakibatkan terjadinya selisih jumlah stok barang. 


Untuk menghindari hal tersebut, perusahaan dapat menerapkan proses stock opname, sehingga perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi kendala yang terjadi dalam manajemen gudang. Melakukan stock opname secara rutin dapat mengurangi berbagai resiko seperti kesalahan pencatatan, pencurian, atau selisih jumlah stok.


Apa itu Stock Opname?

Stock opname adalah aktivitas perhitungan stok barang yang masih tersimpan dalam gudang sebelum dipasarkan. Selain melakukan perhitungan, stock opname juga mencakup quality control terhadap stok dan penataan stok sesuai dengan area penyimpanan agar alur stok barang dalam gudang berjalan dengan efisien.


Proses stock opname membutuhkan ketelitian dan efisiensi, sehingga perusahaan tidak mengalami kesalahan seperti selisih jumlah stok barang yang dapat mengakibatkan kerugian. Untuk dapat meraih hal tersebut, perusahaan dapat menerapkan teknologi seperti WMS dan RFID. Dengan begitu kesalahan penghitungan maupun pencatatan dapat diminimalisir. Proses stock opname juga bisa berjalan lebih akurat, efisien dan efektif.


Tujuan Stock Opname pada Perusahaan

Tujuan Stock Opname pada Perusahaan

Tujuan utama dari proses stock opname yaitu mengetahui kesesuaian jumlah antara hasil pencatatan stok dengan jumlah fisik stok barang yang tersimpan dalam gudang. Selain itu ada beberapa tujuan penting dari stock opname pada perusahaan, yaitu :


  1. Memastikan hasil pencatatan perusahaan akurat dan benar.

  2. Mempermudah perusahaan untuk menjadwalkan pengadaan persediaan stok barang.

  3. Meminimalisir selisih jumlah antara data dengan stok fisik yang ada di gudang.

  4. Mengetahui jumlah kas perusahaan dengan lengkap.

  5. Menjaga ketersediaan produk terlaris dalam gudang, sehingga perusahaan tetap dapat memenuhi permintaan.


Fungsi Stock Opname bagi Pengelolaan Gudang Perusahaan

Fungsi dari penghitungan stok barang secara umum yaitu memberikan perusahaan visibilitas untuk melacak stok barang secara akurat. Memiliki visibilitas terhadap stok barang mempermudah perusahaan untuk mengatasi terjadinya kendala dalam manajemen gudang seperti adanya perbedaan jumlah dari dalam catatan stok dengan stok fisik yang ada di gudang atau tempat penyimpanan.


Stock opname juga berfungsi bagi analisis produk, dan membantu perusahaan untuk mempertimbangkan produk apa saja yang perlu disimpan dalam jumlah besar berdasarkan jumlah permintaan. Selain itu, penghitungan stok barang juga memiliki fungsi keamanan dengan mengawasi jika terjadi pencurian dan penyusutan barang.


Cara Melakukan Stock Opname dengan Baik

Terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan agar proses stock opname berjalan dengan efisien, efektif dan akurat. Berikut cara melakukan stock opname yang baik pada perusahaan.


Tahap Persiapan

Sebelum proses stock opname berjalan, perusahaan perlu mempersiapkan beberapa hal berikut agar proses dapat berjalan dengan optimal. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan pada tahap ini yaitu :

  1. Memberikan label atau menandai stok barang yang akan dihitung.

  2. Penataan stok barang sesuai area yang ditentukan untuk mempermudah proses stock opname.

  3. Memisahkan stok barang yang akan dilakukan stock opname.

  4. Mempersiapkan staf gudang yang ditugaskan khusus untuk melakukan stock opname agar hasil menjadi lebih akurat.


Tahap Perencanaan

Setelah persiapan sudah dilakukan, selanjutnya perusahaan perlu menjalani tahap perencanaan. Pada tahap ini mencakup beberapa aktivitas yang harus dilakukan, diantaranya yaitu :

  1. Menyusun jadwal stock opname secara berkala, sehingga perusahaan mendapatkan hasil pencatatan yang terupdate.

  2. Melengkapi input data mutasi stok barang sebelum dilakukan stock opname.

  3. Mempersiapkan sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan stock opname, seperti staf, peralatan yang dibutuhkan hingga stok barang yang akan dilakukan stock opname.


Tahap Pelaksanaan

Ketika perusahaan telah melakukan persiapan dan perencanaan, kemudian stock opname akan dilakukan pada tahap pelaksanaan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pelaksanaan stock opname :

  1. Memastikan staf melakukan stock opname seusai dengan prosedur yang ditetapkan dan input data pada sistem dilakukan dengan tepat dan akurat.

  2. Melakukan pencatatan jumlah pada tiap produk berbeda secara terpisah.

  3. Memberikan tanda pada stok barang yang sudah melalui proses pengecekan dan penghitungan.

  4. Melakukan pengecekan ulang untuk mengidentifikasi adanya kesalahan hitung maupun selisih jumlah stok barang.


Raih Hasil Stock Opname yang Akurat dengan Sistem Manajemen Gudang Prieds

Stock opname berperan penting bagi perusahaan untuk menjaga tingkat jumlah stok barang dalam gudang. Untuk dapat menjaga jumlah stok barang dalam gudang, melakukan stock opname dengan akurat, perusahaan dapat menerapkan teknologi seperti Sistem Manajemen Gudang. 


Penerapan Sistem Manajemen Gudang memberikan perusahaan visibilitas dan kontrol penuh pada  seluruh proses pengelolaan gudang, juga pengelolaan data yang akurat dan memberikan kemampuan analisis yang mendalam. Selain itu sistem ini dapat dikonfigurasi agar sesuai dengan kebutuhan spesifik manajemen gudang perusahaan.


Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan Sistem Manajemen Gudang untuk perusahaan, Prieds menawarkan sistem yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, dan hadir sebagai solusi stock opname yang efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari Sistem Manajemen Gudang Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk melakukan stock opname dengan lebih akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait stock opname dengan Sistem Manajemen Gudang melalui konsultasi dengan tim ahli secara gratis. Dapatkan Software yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds.

Tujuan & Maksud Serta Cara Melakukan Stock Opname yang Baik

32 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page