top of page

Tips Tingkatkan Loyalitas Konsumen melalui Sistem Manajemen Gudang

Diperbarui: 6 Nov 2023

Di era yang serba digital, konsumen tidak lagi hanya melakukan pembelian secara offline melalui toko, namun juga memanfaatkan ekosistem e-commerce yang tersedia. Hal ini juga mendorong persaingan pasar yang lebih ketat bagi perusahaan perusahaan yang menyediakan produk maupun jasa kepada pengguna akhir atau konsumen.


Sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan setiap konsumen terpuaskan dengan pelayanan perusahaan, sehingga konsumen akan memilih produk yang sama untuk memenuhi kebutuhannya. Memiliki Sistem Manajemen Gudang yang optimal dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan loyalitas konsumen.


Beberapa Tips untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen dengan Sistem Manajemen Gudang

Customer loyalty merupakan ukuran dalam melihat kedekatan antara perusahaan dengan pelanggannya. Loyalitas konsumen terhadap perusahaan umumnya tidak hanya ditunjukkan dengan pembelian secara terus menerus, namun juga merekomendasikan produk yang sering digunakan kepada orang lain.

Tips Meningkatkan Loyalitas Konsumen dengan Manajemen Gudang

Salah satu cara untuk dapat meningkatkan loyalitas konsumen, yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik, menyediakan produk yang tepat dan mudah untuk didapatkan. Untuk dapat menjalankan hal tersebut, perusahaan dapat menerapkan sistem manajemen gudang. Berikut beberapa tips bagaimana sistem manajemen gudang dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan loyalitas konsumen :


Memastikan Pengiriman Produk Kepada Konsumen secara Tepat

Dengan sistem manajemen gudang, perusahaan akan dapat dengan mudah menerapkan sistem pelacakan menggunakan kode SKU yang diterapkan saat proses inbound stok barang. Kode SKU memuat informasi dari usia produk, lokasi penyimpanan produk, kondisi produk hingga kebutuhan packing khusus. Sistem SKU ini meminimalisir terjadinya kesalahan akibat human error dan informasi yang salah.


Keuntungan dengan menerapkan kode SKU pada produk melalui sistem manajemen gudang, yaitu mengatasi pengiriman produk yang tidak sesuai pesanan, produk rusak, dan produk yang sudah expired. Dengan begitu, konsumen akan menerima produk dengan kualitas terbaik.


Menawarkan Pelacakan Produk dan Komunikasi pada Konsumen

Menyediakan informasi dan jawaban instan terkait proses pesanan, produk terkirim ataupun ketersediaan produk dapat membangun kepercayaan konsumen pada sebuah brand perusahaan.

Menunggu pesanan mungkin menjadi hal yang sangat mengganggu bagi konsumen, terutama jika konsumen tidak memiliki visibilitas dan informasi terkait pelacakan pesanan. Hal ini juga dapat menimbulkan pertanyaan terkait transparansi proses bisnis perusahaan.


Sistem pelacakan gudang umumnya terintegrasi dengan sistem pelacakan lain dan infrastruktur pendukung kepuasan konsumen, dan memungkinkan perusahaan untuk memberikan informasi secara proaktif kepada konsumen dalam upaya peningkatan kepuasan konsumen terhadap perusahaan.


Selalu Menyediakan Produk Terlaris

Sistem manajemen gudang menyediakan data dan informasi kepada setiap divisi terkait dalam perusahaan. Hal ini membuat perusahaan dapat mengetahui jumlah stok barang dalam gudang secara akurat dan real-time.


Melalui penerapan sistem manajemen gudang, perusahaan juga mendapatkan data terkait produk yang sering dipesan. Sehingga, perusahaan dapat melakukan pengadaan stok agar tidak kehabisan stok barang yang berakibat pada kegagalan dalam memenuhi permintaan konsumen.


Untuk menghindari peringatan “out of stock” yang dapat mengurangi tingkat loyalitas konsumen, sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan produk terlarisnya memiliki stok yang cukup. Dengan begitu perusahaan dapat menjaga konsumen agar tetap memilih produknya dan agar konsumen tidak memilih produk dari kompetitor.


Mempersiapkan Stok saat Periode Tertentu

Dengan menggunakan sistem manajemen gudang, perusahaan memiliki kontrol penuh terhadap inventory yang dimiliki. Ini artinya, ketika perusahaan menghadapi periode dengan permintaan yang tinggi, seperti musim liburan, atau periode promo tertentu, perusahaan masih dapat menyediakan produk yang diinginkan konsumen tanpa ada kendala.


Keunggulan sistem manajemen gudang yang mampu mencatat dan mengelola data secara akurat, membuat perusahaan lebih mudah dalam menyusun perkiraan permintaan konsumen. Dengan begitu perusahaan dapat mempersiapkan stok agar tidak terjadi permasalahan seperti “out of stock”.


Menawarkan Promo Bundling untuk Konsumen

Produk bundling menggabungkan beberapa jenis produk kedalam satu set yang dapat dijual perusahaan dengan harga lebih murah. Penerapan promo ini menguntungkan bagi perusahaan karena dapat menghabiskan stok yang kurang laku dan digabungkan dengan produk terlaris, dan juga membantu meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap sebuah brand melalui promosi produk.


Namun, perusahaan perlu memperhatikan syarat khusus untuk membuat promo bundling. Untuk memastikan kepuasan konsumen dan manajemen stok barang yang optimal, produk bundling perlu dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen dan juga ketersediaan stok barang. Hal ini tentu membutuhkan monitoring secara real-time dan juga analisis perkiraan permintaan dan level stok barang yang dimiliki dalam gudang.


Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Dengan menghubungkan CRM, sistem manajemen gudang memberikan perusahaan gambaran terkait preferensi dan pola konsumsi pelanggan secara detail. Hal ini dilakukan dengan cara melacak data konsumen dan riwayat pesanan yang diolah menjadi informasi berharga bagi perusahaan.


Dengan mengetahui preferensi dan pola belanja konsumen, perusahaan dapat menawarkan pelayanan khusus, rekomendasi produk tertentu dan memberikan diskon khusus untuk konsumen tertentu. Menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan personal konsumen membantu perusahaan untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan tiap-tiap konsumennya.


Maksimalkan Loyalitas Konsumen dengan Sistem Manajemen Gudang dari Prieds

Sebagai startup penyedia Sistem Manajemen Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi pengelolaan stok barang dalam gudang yang optimal pada perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT. Beragam fitur sistem manajemen gudang Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalisasi tiap tahap dalam proses pengelolaan stok barang dalam gudang dan juga membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk maupun brand.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait peningkatan loyalitas konsumen melalui penggunaan sistem manajemen gudang yang cocok untuk perusahaan Anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem WMS yang dilengkapi dengan fitur berlimpah, sistem keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan Anda.

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page