top of page

Tingkatkan Loss Prevention saat Mengelola Gudang dengan Teknologi RFID

Diperbarui: 27 Mar

Dengan meningkat dan berkembangnya permintaan pasar secara pesat, perusahaan membutuhkan strategi pengelolaan gudang yang efektif, seperti meningkatkan loss prevention. Pentingnya memiliki kemampuan pencegahan kerugian atau kehilangan stok barang dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi setiap permintaan dari konsumen.


Salah satu teknologi yang diterapkan untuk menghindari kehilangan stok barang yaitu Radio-Frequency Identification (RFID). Selain meningkatkan kemampuan loss prevention, RFID memiliki beragam keuntungan lain dalam mengelola gudang seperti manajemen inventory dan juga asset tracking.


Memahami Penerapan Teknologi RFID

Teknologi RFID menggunakan gelombang radio untuk mengidentifikasi dan melacak objek yang telah dipasang RFID tag yang mampu menyimpan informasi data. Data tersebut dapat dibaca secara nirkabel oleh perangkat RFID reader. Untuk dapat menerapkan teknologi RFID perusahaan, terdapat 3 hal yang perlu dipersiapkan, yaitu RFID reader, RFID tag dan sistem atau software yang digunakan untuk mengelola dan menyimpan data informasi.


Tantangan dan Hal yang perlu dipertimbangkan pada Penerapan RFID

Meskipun penerapan RFID dapat memberikan beragam keuntungan bagi perusahaan, terutama untuk mencegah kehilangan stok barang atau loss prevention, perusahaan perlu mempertimbangkan biaya implementasi, masalah privasi, dan perlunya pelatihan staff untuk dapat mengoperasikan teknologi RFID.


Tantangan yang umum dihadapi saat menerapkan teknologi yaitu adalah memastikan keamanan sistem. Penting bagi perusahaan untuk dapat memastikan sistem RFID yang diimplementasikan memiliki keamanan yang baik agar terhindar dari kebocoran data dan akses.


Bagaimana RFID dapat Meningkatkan Loss Prevention saat Mengelola Gudang

Tingkatkan Loss Prevention dengan RFID saat Mengelola Gudang

Visibilitas terhadap Inventory secara Real time

Perangkat RFID memungkinkan bisnis untuk dapat menjaga visibilitas terhadap stok barang secara real time. Berbeda dengan sistem barcode tradisional yang membutuhkan pembacaan barcode secara satu persatu, RFID mampu melakukan scanning dalam jumlah besar pada berbagai jenis produk secara serentak. Kelebihan dari efisiensi dan hemat waktu yang ditawarkan RFID pada pelacakan inventory dapat membantu bisnis untuk mengetahui adanya perbedaan dan kemungkinan kehilangan stok dengan cepat.


Stock Replenishment yang Akurat

Melalui penerapan RFID, perusahaan dapat mengotomatisasi proses replenishment. Seiring dengan perpindahan produk karena terjual atau dikirimkan kepada pihak lain, RFID reader mampu membaca pembaruan pada inventory gudang secara real time. Hal ini memungkinkan tingkat stok barang dapat terjaga secara akurat, mengurangi resiko terjadinya kehabisan stok atau kelebihan stok yang berimbas pada kehilangan inventory.


Pemberitahuan dan Notifikasi Otomatis

Teknologi RFID memiliki kemampuan untuk memberikan pemberitahuan dan notifikasi secara otomatis. Hal ini berguna ketika ada stok barang yang keluar dari gudang tanpa melalui proses yang ditentukan dan akan memicu pemberitahuan agar staff dapat mencegah terjadinya kehilangan stok barang.


Kemampuan Pelacakan yang Baik

Setiap RFID tag membawa pengidentifikasi yang berbeda, sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan pelacakan pada setiap stok barang. Tingkat pelacakan yang tinggi ini sangat penting, terutama untuk mengidentifikasi sumber terjadinya kehilangan stok barang. Dengan mengetahui titik perbedaan stok barang ditemukan, perusahaan dapat mengambil tindakan untuk mengatasi permasalahan kehilangan stok barang..


Peningkatan Pengalaman Konsumen

Perangkat RFID tidak hanya berfungsi untuk mencegah kehilangan, tetapi juga meningkatkan pengalaman konsumen secara keseluruhan. Dengan mempercepat proses checkout barang secara akurat, menjaga jumlah stok barang agar selalu tersedia dan menekan terjadinya out of stock, hal tersebut berkontribusi pada pengalaman berbelanja dan bertransaksi dari konsumen. Sehingga konsumen akan merasa puas dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan.


Tingkatkan Loss Prevention dalam Manajemen Gudang dengan RFID dan WMS Prieds

Kehilangan stok barang tentu dapat merugikan perusahaan, terlebih lagi jika belum ada solusi yang dapat mengatasi permasalahan ini. Salah satu cara yang bisa diterapkan oleh perusahaan yaitu dengan menerapkan RFID dengan WMS untuk dapat meningkatkan visibilitas terhadap inventory. Melalui pelacakan secara real time dan akurat, perusahaan dapat meningkatkan kemampuan loss prevention pada manajemen gudang.


Sebagai startup penyedia WMS dan Sistem RFID yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds Technology hadir sebagai solusi peningkatan loss prevention dalam pengelolaan gudang melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Prieds WMS dan Prieds DERAS RFID dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang dalam gudang dan melakukan manajemen stok secara akurat dan efisien melalui satu sistem.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan RFID dan integrasi pada Aplikasi Gudang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS dan RFID Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

33 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page