top of page

Tingkatkan Inventory Turnover dengan Warehouse Management System (WMS)

Evaluasi terhadap proses manajemen gudang penting untuk dilakukan perusahaan untuk dapat mengetahui performa dari pengelolaan pergudangan. Dengan melakukan evaluasi, perusahaan dapat menentukan langkah optimalisasi sehingga manajemen gudang dapat berjalan dengan efektif dan efisien.


Salah satu tolak ukur dari manajemen gudang yang juga menggambarkan performa penjualan produk yaitu Inventory Turnover. Dengan melihat Inventory Turnover, perusahaan dapat mengukur efisiensi manajemen persediaan barang dan menjaga keseimbangan antara persediaan dan tingkat penjualan.


Pengertian Inventory Turnover

Seperti disebutkan di atas, inventory turnover merupakan perhitungan untuk mengetahui volume penjualan dan pengadaan persediaan melalui perbandingan harga pokok penjualan (HPP) dengan rata-rata persediaan dalam periode tertentu.


Untuk dapat menghitung Inventory Turnover, perusahaan dapat menggunakan rumus berikut :


Inventory Turnover = Harga pokok penjualan (HPP) / Nilai rata-rata persediaan

Jika hasil perhitungan rendah, maka angka tersebut menunjukkan bahwa perputaran produk tersebut lambat dan perusahaan mungkin memiliki jumlah stok yang terlalu besar dalam manajemen gudang. Sebaliknya, jika angka Inventory Turnover tinggi, maka hal ini  menunjukkan perputaran produk yang cepat. 


Secara umum, hasil perhitungan Inventory Turnover yang tinggi merupakan hal baik, karena perusahaan dapat menjual produk dengan waktu yang singkat. Namun, jika angka tersebut terlalu tinggi, ini juga bisa mengindikasikan adanya risiko kekurangan stok barang.


Peran Warehouse Management System (WMS) dalam Meningkatkan Inventory Turnover

Peran Warehouse Management System (WMS) dalam Meningkatkan Inventory Turnover

Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk dapat meningkatkan inventory turnover ratio yaitu dengan menerapkan teknologi seperti Warehouse Management System (WMS). berikut peran WMS dalam mengoptimalkan Inventory Turnover :


1. Perencanaan dan Forecasting yang Akurat

Analisis permintaan pasar yang baik dengan data yang lengkap dan akurat akan mempermudah perusahaan dalam melakukan inventory forecasting dan juga perencanaan kebutuhan stok barang dengan lebih akurat. Sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan jumlah stok sesuai dengan perputaran produk, sekaligus menghindari resiko terjadinya kelebihan ataupun kekurangan stok barang dalam gudang.


2. Meningkatkan Penjualan Produk

Data perhitungan Inventory Turnover yang akurat dapat dipergunakan untuk mengoptimalisasi performa penjualan perusahaan. Jika hasil perhitungan menunjukkan angka yang rendah, perusahaan dapat menerapkan strategi serta promosi penjualan yang efektif. 


Disisi lain, apabila angka perhitungan tinggi, perusahaan dapat mengevaluasi apakah terjadi kelangkaan stok barang, atau memang produk tersebut memiliki perputaran yang cepat dan membutuhkan jumlah persediaan stok yang sesuai. Melalui penerapan WMS perusahaan dapat dengan mudah mengolah seluruh data manajemen gudang, melakukan analisis secara akurat dan membantu proses pengambilan keputusan. 


3. Otomatisasi Proses Manajemen Inventory

Melalui penerapan WMS, perusahaan dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengelolaan inventory melalui otomatisasi proses manual. WMS juga memiliki beberapa keuntungan bagi perusahaan yaitu, Mengurangi risiko akibat human error, efisiensi waktu dan biaya operasional, pembaruan data stok barang secara realtime dan juga kemudahan dalam menyusun laporan maupun analisis secara akurat dan tepat.


4. Mengoptimalkan Strategi Harga Produk

Untuk dapat meningkatkan volume penjualan, perusahaan dapat menggunakan hasil perhitungan inventory turnover untuk mengevaluasi strategi harga produk. Dengan strategi harga yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan intensitas perputaran produk, dan mengoptimalkan Inventory Turnover.


Tingkatkan Inventory Turnover melalui Warehouse Management System (WMS) dari Prieds

Sebagai startup penyedia Warehouse Management System (WMS) yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi pengelolaan gudang, sekaligus mengukur performa pergudangan, seperti menghitung Inventory Turnover secara efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang dimiliki WMS Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk mengelola inventory dengan efektif sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait Optimalisasi Inventory Turnover dengan penerapan WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

26 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page