top of page

Tingkatkan Akurasi Stock Opname dengan Metode Dynamic Count

Pengelolaan stok barang yang optimal dapat diraih dengan menerapkan stock opname yang akurat, efektif dan efisien. Melalui stock opname yang dilakukan secara berkala, perusahaan akan mendapat data terbaru terkait seluruh proses manajemen stok barang dalam gudang.


Perusahaan perlu memiliki visibilitas terhadap seluruh stok yang dimiliki, sehingga tidak menimbulkan kerugian. Salah satu solusi untuk meningkatkan visibilitas terhadap stok barang dan juga meningkatkan akurasi stock opname, perusahaan dapat menerapkan WMS dalam mengelola gudang.


Apa itu Dynamic Count dalam Stock Opname?

Istilah Dynamic Count merupakan salah satu metode dalam melakukan stock opname barang yang dilakukan secara terus-menerus, tanpa menunggu periode tertentu seperti pada metode periodik. Metode ini memungkinkan perusahaan untuk dapat memantau alur pergerakan stok dalam gudang secara menyeluruh dengan data terbaru.


Salah satu keuntungan dari penerapan dynamic count yaitu perusahaan dapat menjaga tingkat stok barang dalam gudang setiap waktu. Dengan begitu, jika terjadi permasalahan, perusahaan akan dengan mudah mengetahui titik kendala dan sesegera mungkin mengambil langkah penyelesaian. Hal ini juga berpengaruh pada efisiensi manajemen gudang secara keseluruhan.


Perbedaan Metode Dynamic Count dengan Periodik

Meskipun Metode Periodik juga melakukan stock opname secara terus menerus, namun penghitungan stok ini dilakukan dengan interval waktu tertentu, yang umumnya dilakukan pada setiap bulan ataupun setiap kuartal. Sedangkan dengan metode dynamic counting, perusahaan dapat memonitor dan memperbarui data stock opname secara terus menerus tanpa menunggu interval atau jadwal tertentu.


Manfaat Metode Dynamic Count pada Proses Stock Opname

Manfaat Metode Dynamic Count pada Proses Stock Opname

Penerapan metode dynamic count saat proses stock opname memiliki beberapa keuntungan bagi perusahaan. Berikut beberapa contoh keuntungan metode dynamic count :


Tingkat Akurasi Tinggi

Stock opname dilakukan secara terus menerus tanpa ada jeda atau interval memberikan perusahaan kontrol dan visibilitas yang baik terhadap stok barang. Karena stok terus dipantau dan diperbarui secara real-time perusahaan dapat meningkatkan akurasi data stock opname.


Operasional yang Efisien

Dynamic count memungkinkan perusahaan menjalankan stock opname tanpa terhenti. Hal ini tentu akan meminimalisir waktu, tenaga dan biaya yang dikerahkan terkait dengan proses stock opname yang dilakukan secara periodik.


Perusahaan Menjadi Adaptif

Stock opname yang dilakukan secara terus menerus tanpa jeda memberikan perusahaan kemampuan untuk mengidentifikasi dan menanggapi perubahan stok dengan cepat dan tepat. Sehingga perusahaan tidak mengalami permasalahan seperti out of stock maupun kelebihan stok barang dalam gudang.


Peran Teknologi dalam Metode Dynamic Counting

Metode Dynamic Count dalam stock opname dapat diotomatisasi melalui penggunaan teknologi. Dengan teknologi seperti WMS dan IoT, perusaahaan dapat meningkatkan akurasi stock opname. Berikut beberapa teknologi yang dapat mengoptimalkan perhitungan stok barang dalam gudang :


  1. Barcode/RFID Tag: Sebelum stok barang disimpan pada lokasi tertentu dalam gudang, staf akan memberikan Tag pada setiap stok barang yang masuk.  Tujuannya agar perusahaan dapat mengetahui informasi detail terkait produk dan dapat memonitor pergerakan stok barang secara realtime.

  2. Barcode/RFID Scan: Menggunakan perangkat pemindai yang dapat membaca tag Barcode/RFID (Radio-Frequency Identification) untuk melacak dan mengelola inventaris secara realtime, dan mempermudah proses stock opname.

  3. Warehouse Management Systems (WMS): sistem yang terintegrasi dengan perangkat IoT dan mampu memberikan fungsionalitas Dynamic Count dengan memonitor seluruh informasi terkait manajemen gudang, seperti perubahan stok secara langsung.


Stock Opname yang Akurat dengan Metode Dynamic Count melalui WMS Prieds

Penerapan WMS memberikan perusahaan visibilitas dan kontrol penuh terhadap seluruh proses pengelolaan stok barang, salah satunya yaitu saat proses stock opname. WMS memiliki fleksibilitas yang mempermudah perusahaan dalam menerapkan pengelolaan sesuai dengan kebutuhan bisnis, contohnya seperti penerapan metode dynamic count untuk melakukan stock opname.


Sebagai salah satu perusahaan penyedia WMS untuk perusahaan, Prieds menawarkan WMS yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, dan hadir sebagai solusi pengelolaan stok barang yang efisien dan stock opname yang semakin akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari WMS Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk mengelola gudang secara maksimal.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait metode dynamic count untuk tingkatkan akurasi stock opname melalui konsultasi dengan tim ahli secara gratis. Dapatkan WMS yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds WMS.

12 tampilan0 komentar
bottom of page