• Gabriel C Sudibyo

Sudah Tahu Manfaat Point of Sales (POS)?

Diperbarui: 2 Mar

Pandemi Covid-19 memang secara tidak langsung memaksa pelaku bisnis untuk memutar otak, baik dalam strategi ataupun mengakomodasi cara baru dalam model bisnisnya. Sebelum pandemi, kebanyakan penjualan dilakukan secara offline, dimana jual beli terjadi secara langsung. Kini pebisnis harus menyesuaikan diri dan mulai merambah ke pasar online untuk memasarkan produk dan juga menggeser transaksi menjadi sepenuhnya online pula.


Ibarat peribahasa “lain padang lain belalang”, jual beli online juga memiliki aturan mainnya sendiri. Dalam hal kecepatan transaksi dan metode pembayaran terutama, pebisnis menghadapi tantangan untuk menghadirkan produk mereka di antara banyaknya kompetitor di internet. Transaksi dituntut untuk memakan waktu yang lebih cepat sehingga proses rumit (sales - gudang - stok - invoice - akunting) yang biasa terjadi secara offline harus dipangkas. Hal ini membuat banyak pelaku bisnis mulai melirik teknologi digital sebagai solusi dari tantangan baru ini, salah satunya keberadaan aplikasi kasir online atau Point of Sales (POS).


Point of Sales (POS) - Prieds

Apa itu POS?

Sistem POS adalah pengembangan dari sistem kasir dengan menggabungkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). POS memudahkan pelaku bisnis sebagai one-stop-solution transaksi jual beli:

  1. Invoice masuk ke data sales, inventory, dan accounting

  2. Dapat digunakan mengecek ketersediaan barang secara pasti

  3. Penjualan otomatis mengurangi stok barang pada sistem

  4. Penghitungan harga dan print faktur

  5. Proses pembayaran baik cash, mesin EDC, QRIS, e-banking/e-wallet

  6. Membuat laporan keuangan secara real time


Tingkatkan Performa Kasir Anda

Jika sebelumnya dalam bisnis Anda mengalami kendala: pencarian produk kurang efisien, pembayaran tidak maksimal, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan POS sebagai solusinya.


Sebagai contoh, pembayaran tidak terbatas pada penyedia EDC saja dimana klien mendapatkan fee tambahan ketika menggunakan rekening bank lain untuk membayar. Kini telah banyak usaha kecil hingga menengah yang mengintegrasikan QRIS dalam metode pembayaran, terlebih untuk membiasakan budaya cashless di pandemi ini. POS sangat membantu untuk melacak pencocokan laporan kasir dengan saldo rekening bank.


Point of Sales (POS) - Prieds

POS yang Sesuai Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa poin pertimbangan agar fitur POS yang Anda hendak gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:


1. Pahami Pain Point/Permasalahan

Perhatikan prasyarat (perangkat keras dan lunak) yang harus Anda persiapkan sebelum memanfaatkan POS. Pastikan Anda menggunakan alat yang sesuai dengan gaya operasi bisnis Anda untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan. POS bersifat update-able atau dapat diperbarui sewaktu-waktu jika ada fitur tambahan yang Anda butuhkan di kemudian hari. Perlu direncanakan apakah perangkat keras yang Anda pilih/miliki saat ini mampu bekerja sampai habis masa gunanya.


2. Bandingkan Penyedia POS yang Ada

Kebanyakan penyedia POS menawarkan fitur yang kurang lebih sama: integrasi stok, memudahkan pembayaran, dan membantu laporan keuangan. Beberapa penyedia POS dapat memiliki fitur yang lebih pas pada model bisnis Anda (misal POS oleh Prieds memiliki integrasi dengan e-commerce dan menggunakan RFID untuk scan produk).


3. Manfaatkan Demo atau Free Trial

Beberapa penyedia POS juga memiliki free trial dimana Anda dapat memanfaatkannya untuk mencoba langsung apakah sistem ini cocok untuk bisnis Anda. Dengan menggunakan demo, Anda bisa memutuskan fitur apa yang paling dibutuhkan bisnis Anda, apakah solusi yang ditawarkan telah benar-benar sesuai pain point bisnis Anda.


Jika Anda mempertimbangkan untuk mencoba mengaplikasikan dalam bisnis Anda, Prieds bisa jadi solusi yang tepat untuk Anda. POS oleh Prieds dapat diakses dari perangkat apapun (mobile/desktop) yang memudahkan pengguna dan mempercepat proses yang dibutuhkan untuk memantau transaksi Anda. Prieds dapat menyesuaikan produk (customizable) sesuai kebutuhan bisnis Anda dan kami juga melakukan enkripsi pada semua data POS untuk menjaga keamanannya. Sistem Prieds telah digunakan berbagai industri seperti otomotif, tekstil, retail, manufaktur, dan lain sebagainya karena kemampuan kami untuk mengakomodasi kebutuhan unik tiap industri.



Hubungi tim marketing kami jika Anda ingin mencoba free trial dari Prieds. Kami percaya negosiasi dan uji coba memberikan user experience yang terbaik untuk mengenal dan menggunakan sistem kami secara langsung.



83 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua