top of page

Stok Opname yang Akurat untuk Bisnis Ritel dengan WMS Prieds

Diperbarui: 27 Nov 2023

Aktivitas yang berkaitan dengan pengelolaan persediaan stok barang menjadi hal utama pada bisnis ritel, karena merupakan sumber pendapatan perusahaan. Dalam menjalankan pengelolaan stok barang, perusahaan melakukan stock opname dengan tujuan untuk pengendalian jumlah stok secara berkala.


Penting bagi perusahaan yang bergerak pada bidang ritel untuk dapat menjaga jumlah stok barang yang dimiliki, baik dalam pencatatan ataupun stok fisik. Karena dengan menjaga jumlah stok, perusahaan ritel dapat mengukur kemampuannya untuk dapat memenuhi permintaan konsumen, melakukan stock replenishment hingga menghitung keuntungan perusahaan secara akurat.


Tujuan Stock Opname dalam Bisnis Ritel

tujuan stock opname pada bisnis ritel

Umumnya Stock Opname dilakukan dengan tujuan untuk memastikan persediaan stok barang dalam gudang tercatat secara akurat pada pembukuan perusahaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengendalian internal stok barang, dan berkontribusi untuk pengendalian proses bisnis ritel.


Dalam perkembangannya, stock opname tidak hanya dilakukan untuk mengetahui jumlah persediaan, tetapi juga membantu proses penghitungan kas, aset, utang, dan piutang. Hal ini dapat dilakukan apabila perusahaan ritel menerapkan teknologi seperti WMS. Beragam data dari stok barang, mulai dari jumlah stok, usia stok hingga harga per item dapat dilihat melalui sistem tersebut.


Manfaat Stock Opname bagi Bisnis Ritel

Selain memberikan gambaran terkait jumlah stok barang yang dimiliki perusahaan ritel, melakukan stock opname juga memiliki beberapa manfaat lain. Berikut beberapa manfaatnya :

  1. Menjaga Ketersediaan Stok Barang, Penjadwalan stock opname secara rutin merupakan cara untuk dapat mengetahui dan memastikan kuantitas serta kualitas barang yang dimiliki bisnis ritel.

  2. Monitoring Pergerakan Stok di Berbagai toko, dengan melakukan stock opname secara berkala, bisnis ritel dapat mengetahui jumlah stok barang yang tersedia di berbagai cabang toko. Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan setiap produk yang dijual dapat sampai ke konsumen. Selain itu, manfaat dari stock opname pada bisnis ritel yaitu dapat secara langsung menghitung dan memonitor pergerakan jumlah stok barang di berbagai cabang toko.

  3. Mencegah Terjadinya Tumpukan Deadstock, Tanpa melakukan stock opname secara rutin, Anda tidak akan mengetahui jumlah produk yang dimiliki sehingga dapat menimbulkan terjadinya penumpukan deadstock, menghambat efektivitas quality control serta proses restock barang tidak akurat.


Resiko dalam Melakukan Stock Opname

Proses Stock Opname yang dilakukan dengan tidak teliti akan menimbulkan risiko terjadinya selisih jumlah barang yang ada di gudang persediaan dengan yang ada dalam pembukuan.


Beberapa opsi yang biasanya dilakukan bisnis ritel jika risiko selisih jumlah adalah hasil selisih stok barang dibebankan kepada perusahaan dengan membuat jurnal penyesuaian perusahaan dagang.


Opsi lain, perusahaan membebankan kepada petugas yang bertanggung jawab pada bagian persediaan perusahaan untuk mengganti kekurangan jumlah stok barang. Jika terjadi kelebihan stok barang, petugas disarankan melakukan pemeriksaan ulang untuk mengetahui kemungkinan terdapat transaksi yang belum dicatat.


Optimalkan Stock Opname pada Perusahaan Ritel Melalui Penerapan WMS Prieds

Proses stock opname membutuhkan ketelitian agar menghasilkan data pencatatan jumlah stok barang secara akurat. Selain itu, agar proses stock opname tidak memakan banyak waktu, perusahaan perlu meningkatkan efisiensi, salah satunya dengan menerapkan Warehouse Management System (WMS). Dengan software ini, perusahaan dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi stock opname.


Implementasi WMS sangat menguntungkan bagi perusahaan ritel yang bertumpu pada pengelolaan dan penjualan stok barang kepada pengguna akhir. Untuk itu, menjaga jumlah stok barang melalui proses stock opname menjadi sangat penting bagi bisnis ritel. Dengan mengetahui jumlah stok barang secara akurat di seluruh cabang toko, perusahaan dapat memastikan produk dapat dengan mudah didapat oleh konsumen.


Sebagai startup penyedia Software WMS yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pembukuan usaha perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan ritel untuk mengelola stok barang pada gudang perusahaan yang tersebar di berbagai lokasi dan melakukan stock opname secara akurat dan efisien melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait stock opname yang akurat untuk perusahaan ritel dengan menggunakan WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

34 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page