top of page

Proses Putaway lebih Efektif dengan Manajemen Stok Gudang yang Baik

Manajemen gudang merupakan serangkaian proses pengelolaan seluruh stok barang dan inventory yang dimiliki sebuah perusahaan. Didalamnya terdapat salah satu proses penting salah satunya yaitu putaway. Proses ini sangat penting karena dapat berpengaruh pada kondisi stok barang dan operasional manajemen gudang secara keseluruhan.


Proses putaway juga mempengaruhi arus stok barang dalam gudang hingga dilakukan pengiriman kepada pengguna akhir. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui dan memantau pengelolaan proses putaway agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan bisnis.


Pengertian Putaway Stok Barang dalam Gudang

Putaway merupakan proses perpindahan stok barang dari penerima ke area penyimpanan yang telah ditentukan dalam gudang. Setelah proses inbound, dan stok barang telah dicatat ke dalam sistem, kemudian stok tersebut akan disimpan di lokasi yang sudah ditetapkan dalam gudang.


Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan proses putaway agar penempatan stok barang sesuai dengan lokasi yang benar. Sehingga tidak menghambat alur manajemen gudang hingga stok barang tersebut dikirimkan ke pengguna akhir.


Untuk mengoptimalkan proses putaway stok barang dalam gudang, perusahaan dapat memanfaatkan Warehouse Management System (WMS) untuk mengontrol seluruh proses pengelolaan stok barang, salah satunya seperti proses putaway. Sistem ini juga mampu menyimpan informasi terkait seluruh stok barang, mulai dari lokasi, jumlah, kondisi, usia stok barang sekaligus mengelola proses manajemen gudang.


Jenis Proses Putaway

Dalam praktiknya, terdapat 3 jenis putaway stok barang dalam gudang yang dapat diterapkan oleh perusahaan, yaitu :

  1. Direct putaway, adalah proses masuknya barang dalam gudang yang kemudian akan dilanjutkan untuk proses pengiriman.

  2. Dynamic putaway, berarti stok barang yang masuk, ditempatkan di lokasi paling strategis dan mudah untuk diambil oleh staff gudang.

  3. Fixed-location putaway, atau penempatan stok barang di lokasi khusus yang tidak bisa diubah lagi lokasi penempatannya.


Kegunaan Putaway Barang dalam Gudang

Kegunaan Proses Putaway dalam Manajemen Gudang

Pengelolaan gudang yang baik dapat menjadi salah satu faktor dalam kesuksesan bisnis. Terutama bagi perusahaan yang berfokus pada penjualan ataupun distribusi produk. Maka dari itu, pengelolaan stok barang perlu dilakukan dengan baik, agar setiap produk yang tersimpan dalam gudang selalu terjaga kondisi dan kualitasnya hingga ke pengguna akhir.


Salah satu tahap dalam pengelolaan stok barang yang penting untuk diperhatikan yaitu proses putaway. Karena proses ini memiliki peranan penting dalam manajemen gudang, terutama untuk memberikan informasi yang akurat dan tepat lokasi penyimpanan barang. Sehingga proses picking hingga pengiriman produk dapat berjalan dengan lancar. 


Beberapa kegiatan dalam proses putaway meliputi pencatatan barang yang disesuaikan dengan stok fisik barang tersebut. Sehingga, proses putaway ini sangat penting untuk dikelola dengan baik demi menghindari terjadinya selisih stok barang saat melakukan stock opname. Selain itu, pada proses ini, setiap produk umumnya ditempatkan pada lokasi tertentu sesuai dengan klasifikasi produk, sehingga saat staff gudang melakukan proses picking tidak tercampur dengan jenis produk lainnya.


Tips Optimalkan Proses Putaway dalam Manajemen Gudang

Agar proses putaway stok barang berjalan dengan optimal, ada beberapa strategi atau tips yang cocok untuk diterapkan saat melakukan manajemen gudang, diantaranya :


Mengelompokkan Produk berdasarkan Jenis

Penempatan stok barang perlu disesuaikan dengan kategorinya. Stok barang yang ditempatkan sesuai dengan lokasinya akan mempermudah proses pengambilan dan menghindari tercampurnya stok produk lama dengan stok produk yang baru. 


Memisahkan stok barang dapat berupa dengan menempatkannya di rak maupun area yang terpisah. Oleh karena itu, proses penempatan barang ini juga perlu diawasi dan ditetapkan diawal sebelum stok barang masuk guna menghindari bercampurnya stok barang dalam gudang. 


Menghindari Kerusakan Barang dan Dead Stock

Putaway stok barang yang terpisah dapat berfungsi untuk menjaga kondisi barang dari kerusakan. Penempatan stok barang yang bercampur akan mempersulit staff gudang untuk mengelola produk, dan membuat visibilitas terhadap kondisis stok barang kurang optimal. Dengan menggunakan pemisah seperti rak untuk masing-masing jenis stok barang, perusahaan dapat menjaga stok barang dari kerusakan dan meminimalisir terjadinya dead stock.


Menerapkan sistem Layout Gudang

Agar proses putaway berjalan dengan optimal, perusahaan dapat menerapkan sistem layouting gudang dengan bantuan rak untuk memaksimalkan penyimpanan barang. Dengan menerapkan layout gudang alur stok barang akan berjalan lebih baik.


Selain penggunaan rak untuk memaksimalkan ruang penyimpanan, layout gudang juga memperhatikan jarak antar rak. Hal ini dilakukan agar pergerakan staff gudang dalam memproses barang sehingga tidak menghambat proses aliran barang di gudang. Terutama ketika staff melakukan putaway produk dalam jumlah yang besar, tentu dengan memberikan jarak antar rak, penempatan stok barang tidak perlu dilakukan secara berulang. Karena dalam sekali proses, staff dapat membawa berbagai produk untuk ditempatkan sesuai dengan lokasinya.


Menerapkan Warehouse Management System

Penerapan Warehouse Management System atau WMS mampu mengoptimalkan performa seluruh aktivitas pergudangan. Saat inbound, produk akan diberi label dengan tag RFID/Barcode dan penempatan stok barang sudah ditetapkan dalam sistem. Seluruh informasi yang berkaitan dengan lokasi ataupun stok barang akan dapat dipantau melalui sistem terpusat. Dan ketika staff melakukan proses picking untuk memproses produk, maka WMS akan secara otomatis mengarahkan lokasi penyimpanan stok barang tersebut sehingga proses aktivitas pergudangan akan berjalan lebih efisien.


Tingkatkan Efektivitas Proses Putaway dengan WMS Prieds

Proses manajemen gudang yang baik merupakan hal penting yang berkontribusi bagi kesuksesan bisnis. Dengan berfokus pada menjaga kondisi dan ketersediaan produk melalui proses putaway, perusahaan dapat mengoptimalkan proses operasional, meminimalisir resiko kerusakan stok barang, sekaligus memberikan servis yang memuaskan kepada konsumen. Untuk dapat menjalankan proses putaway dengan lebih efektif, perusahaan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dan otomatisasi untuk melakukan manajemen stok gudang.


Sebagai startup penyedia WMS yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi manajemen gudang yang efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk mengelola gudang seperti menjalankan proses putaway dengan efektif agar stok barang dapat dengan mudah diawasi dan perusahaan mampu menjaga kualitas dari setiap stok barang yang dimiliki.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait proses putaway dalam manajemen gudang yang baik dengan penerapan WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

75 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page