top of page

Pentingnya Penerapan Supply Chain Management Software bagi Distributor

Distributor merupakan salah satu pihak penting dalam proses supply chain. Salah satu peran dari perusahaan distribusi yaitu untuk menyalurkan produk agar mudah didapatkan oleh konsumen. 


Agar distributor dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, penerapan teknologi dapat menjadi salah satu solusi. Supply Chain Management Software dapat diimplementasikan pada perusahaan distribusi untuk dapat mengelola berbagai operasional bisnisnya dengan lebih efisien dan efektif.


Peran Distributor dalam Supply Chain

Dalam rangkaian proses supply chain management, distributor memiliki peran sebagai jembatan antara perusahaan manufaktur dan konsumen. Selain itu, terdapat beberapa aktivitas operasional lain dari perusahaan distribusi pada proses supply chain, diantaranya yaitu :

  1. Sebagai jembatan antara perusahaan manufaktur dengan konsumen atau pengguna akhir pada rangkaian supply chain, distributor dapat berperan sebagai pihak pengelola transportasi dan logistik dari suatu produk.

  2. Dalam menjalankan bisnisnya, distributor melakukan manajemen inventory pada gudang untuk dapat memenuhi permintaan pesanan produk dari konsumen secara efisien, cepat dan akurat.

  3. Selain menyalurkan produk dari perusahaan manufaktur kepada konsumen, distributor juga memiliki peran penting dalam penjualan produk, memahami kebutuhan pasar, serta memberikan pelayanan yang baik melalui transparansi informasi terkait status pemenuhan pesanan.


Pentingnya Supply Chain Management Software bagi Distributor

Pentingnya Supply Chain Management Software bagi Distributor

Supply chain management (SCM) software memiliki beberapa manfaat bagi distributor dalam menjalankan operasional bisnisnya, diantaranya yaitu :


Manajemen Gudang dan Inventory

SCM software membantu distributor untuk mengoptimalkan pengelolaan pada tingkat inventory melalui kemampuan visibilitas realtime, kemudahan dalam menyusun perkiraan permintaan, serta menghitung rasio inventory turnover. Dengan fitur ini, distributor dapat menjaga jumlah stok yang tepat untuk dapat permintaan konsumen. 


Selain kemampuan pengelolaan pada tingkat inventory, dalam SCM software juga terdapat fungsi manajemen gudang yang memungkinkan distributor untuk dapat mengelola operasional gudang dengan lebih efisien.


Proses Pemenuhan Pesanan

Distributor yang telah menerapkan SCM software dapat merampingkan proses pemenuhan pesanan melalui kemampuan otomatisasi, seperti pada input data hingga pelacakan status pesanan. Hal ini membantu distributor untuk dapat memenuhi pesanan konsumen secara akurat dan efisien, yang juga berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan.


Penyusunan Forecasting

Salah satu fitur dari SCM software termasuk kemampuan forecasting berdasarkan data yang terkelola secara akurat dan lengkap dalam sistem. Hal ini sangat membantu bagi distributor untuk dapat memperkirakan permintaan produk di masa mendatang secara akurat. Dengan begitu perusahaan distribusi dapat menyesuaikan tingkat inventory, penjadwalan pengadaan produk dan manajemen gudang agar dapat memenuhi seluruh pesanan dari konsumen.


Evaluasi dan Monitoring

Supply Chain Management Software memberikan distributor kemampuan untuk mengelola operasional bisnis secara menyeluruh. Sehingga, perusahaan distribusi dapat melakukan monitoring pada performa bisnis dan melakukan evaluasi jika terjadi hambatan. 


Integrasi dengan Sistem Lain

Operasional bisnis distribusi dapat dilakukan dengan mengintegrasikan software supply chain management dengan sistem lain seperti ERP (Enterprise Resource Planning), CRM (Customer Relationship Management), dan Software akuntansi. Hal ini membantu distributor untuk memastikan pertukaran informasi data yang lancar, sekaligus meningkatkan efisiensi dan kolaborasi antar departemen.


Dapatkan Software Supply Chain Management Prieds agar Bisnis Distribusi Semakin Optimal

Supply chain adalah rangkaian aktivitas yang membutuhkan kolaborasi antar pihak untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara tepat dan cepat. Distributor memiliki peran penting dalam proses supply chain sebagai jembatan antara perusahaan manufaktur dan konsumen dalam distribusi produk.


Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan Supply Chain Management Software, Prieds menawarkan sistem yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, dan hadir sebagai solusi perusahaan distribusi dalam rantai pasok agar dapat berjalan dengan efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari Software SCM Prieds dapat membantu distributor untuk mengelola rantai pasok dengan lebih optimal.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait Supply Chain Software melalui konsultasi dengan tim ahli secara gratis. Dapatkan Software yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds.

19 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page