top of page

Pentingnya Menghitung Total Cost of Ownership pada Software ERP

Diperbarui: 20 Nov 2023

Menerapkan Enterprise Resource Planning atau Software ERP dapat membawa perubahan yang signifikan pada perusahaan yang menginginkan agar proses bisnis dapat berjalan secara otomatis, meningkatkan efisiensi dan menginginkan penghematan biaya. Namun, sebelum melakukan implementasi, perusahaan terlebih dahulu perlu mempertimbangkan total cost of ownership (TCO) dari sistem tersebut.


Dengan melakukan perhitungan total cost of ownership dari implementasi ERP, perusahaan mampu mengetahui apakah dengan menggunakan sistem ini akan menguntungkan atau merugikan perusahaan. Jika secara perhitungan penerapan Software ERP memakan terlalu banyak biaya, maka keputusan untuk melakukan implementasi dapat ditunda. Dan jika ternyata perhitungan TCO tidak memakan banyak biaya perusahaan, maka perusahaan perlu mempertimbangkan implementasi ERP untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis.


Memahami Total Cost of Ownership (TCO) dari Software ERP

Total Cost of Ownership Software ERP

Total cost of ownership (TCO) adalah sebuah perhitungan komprehensif yang memuat biaya penerapan software ERP, seperti proses purchasing, penggunaan dan penghentian penggunaan sistem. Selain itu, TCO juga memuat beberapa biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan implementasi ERP pada perusahan.


Direct Cost saat Implementasi ERP

Direct costs are those that can be directly attributed to the ERP system, such as licensing fees, professional services for software installation and customization, hardware installation and maintenance, and training and support for the users. These costs are easy to quantify and estimate, and they are typically incurred during the implementation and initial deployment phases.


Indirect Cost saat Implementasi ERP

Indirect costs, on the other hand, are less tangible and more difficult to measure, but they can have a significant impact on the TCO. Examples of indirect costs include lost productivity during the learning phase, process redesign and reengineering, data migration and integration, ongoing maintenance and upgrades, and the additional IT infrastructure required to support the ERP system.


To calculate the TCO of an ERP system, it’s important to consider both direct and indirect costs over the entire lifecycle of the system, including the time it takes to implement, deploy, use, and retire the system.


Beberapa Faktor yang perlu Diperhatikan saat Menghitung TCO dari Software ERP

Melakukan analisis total cost of ownership dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi peluang untuk mengoptimalisasi penerapan biaya dan meningkatkan hasil dari investasi pada Software ERP. Untuk menyusun analisis TCO, perusahaan dapat mempertimbangkan beberapa faktor berikut :


Biaya Implementasi

Jumlah investasi yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan sangat beragam, bergantung dari pemilihan vendor, jenis software ERP yang digunakan (on-premise or cloud), kebutuhan otomatisasi pada perusahaan, fitur yang dibutuhkan dan beberapa faktor lain.


Infrastruktur dan Perangkat Teknologi

Untuk dapat menjalankan software ERP, perusahaan tentu membutuhkan server, penyimpanan, jaringan maupun berbagai perangkat teknologi yang diperlukan untuk mendukung kinerja ERP. Sehingga, perusahaan juga perlu memperhitungkan biaya untuk membeli dan memelihara beberapa perangkat tersebut.


Integrasi dan Konfigurasi Sistem

Melakukan integrasi software ERP dengan sistem lain pada perusahaan umumnya akan dikenakan biaya lebih saat proses implementasi. Selain itu juga, fleksibilitas pada software ERP juga tentu ditawarkan dengan biaya investasi yang berbeda, jika dibandingkan dengan konfigurasi standar. Dari sini, perusahaan perlu melakukan analisis lebih dari TCO dan juga kebutuhan bisnis, sehingga software ERP yang diterapkan mampu memberikan peningkatan pendapatan.


Pelatihan Staff dan Dukungan Sistem

Penerapan teknologi juga membutuhkan tenaga ahli agar sistem dapat diandalkan setiap saat. Maka, perusahaan perlu mempertimbangkan pelatihan bagi para staf agar dapat menjalankan sistem dan meningkatkan kinerjanya. Selain itu, perusahaan juga perlu mempertimbangkan vendor yang memberikan dukungan sistem atau merekrut staf yang mampu menangani, memperbarui sistem dan memelihara software ERP.


Pemberhentian Sistem

Adanya perkembangan teknologi membuat perusahaan terkadang perlu untuk memberhentikan sistem yang sudah dimiliki untuk diperbarui dengan teknologi yang lebih canggih. Untuk melakukan hal tersebut, perusahaan tentu perlu melakukan pemindahan data, pengadaan hardware dan memastikan seluruh sistem berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku.


Dapatkan ERP Software Sesuai Kebutuhan Perusahaan dilengkapi Fitur Berlimpah dari Prieds

Perkembangan teknologi mempermudah beragam industri untuk melakukan optimalisasi proses bisnis. Adanya teknologi seperti Software ERP dapat mempermudah perusahaan untuk bisnis dengan lebih optimal. Tentunya, perusahaan juga perlu mempertimbangkan total cost of ownership dari ERP, agar implementasi sistem tidak mengganggu finansial perusahaan dan mempertimbangkan vendor yang mampu memberikan fitur dan value lebih bagi bisnis agar berjalan dengan lebih optimal.


Sebagai startup penyedia Software ERP yang dapat dikustomisasi dan diintegrasikan sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi bagi peningkatan performa bisnis. Beragam fitur dan modul dari yang ditawarkan pada Sistem ERP Prieds dapat membantu perusahaan untuk melakukan mengelola seluruh operasional perusahaan secara efektif dan efisien. Dilengkapi dengan manajemen data yang terpusat, aktivitas bisnis seperti penjualan, manajemen inventory, akuntansi dan beragam proses bisnis lain dapat dilakukan melalui sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan sistem ERP pada perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem ERP dengan fitur dan modul lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

57 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page