top of page

Pengelolaan Inventory lebih Akurat dengan Pick to Light dan RFID System

Pengelolaan inventory yang akurat merupakan salah satu faktor penting bagi kesuksesan perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penerapan RFID system dan pick to light pada proses manajemen gudang merupakan solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Sistem ini dilengkapi berbagai fitur yang bisa meningkatkan akurasi dan efisiensi pengelolaan inventory perusahaan dalam memonitor dan mengelola seluruh stok barang yang dimiliki.


Pengertian Pick to Light

Pick-to-Light merupakan sebuah sistem pengambilan stok barang tanpa kertas yang dirancang untuk menyederhanakan proses pemenuhan pesanan dan picking dalam operasional manajemen gudang. Melalui Pick-to-Light System perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan akurasi, sekaligus meminimalisir penggunaan biaya.


Secara umum, Pick-to-Light System bekerja dengan menggunakan cahaya dan visual dalam proses picking stok barang yang berbeda. Hal ini mempermudah proses monitoring dan mengotomatisasi pencatatan inventory sehingga perusahaan dapat mengurangi kesalahan dalam proses picking.


Manfaat Pick to Light dalam Manajemen Inventory

Manfaat Pick to Light bagi Manajemen Inventory

Sistem Pick-to-Light menjadi alat yang dapat diandalkan karena memiliki berbagai manfaat bagi proses manajemen inventory. Berikut beberapa keuntungan dari penerapan Pick to Light System :


1. Integrasi Sistem

Pick-to-Light dapat diintegrasikan dengan berbagai teknologi seperti Warehouse Management System (WMS) maupun RFID System untuk meningkatkan manajemen inventory gudang. Melalui penggunaan Pick-to-Light perusahaan dapat melakukan monitoring pick-rate, menganalisis produktivitas dan metrik lainnya.


2. Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi

Pick-to-Light System umumnya dipasang pada tiap zona penyimpanan dalam gudang. Hal ini membantu meminimalisir proses manual pada pencatatan saat proses picking berlangsung. Sehingga, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi pemenuhan permintaan.


3. Hemat Biaya Tenaga Kerja

Metode pengambilan manual membutuhkan pengeluaran besar dalam operasi gudang. Namun dengan menerapkan pick to light, perusahaan dapat mempersingkat waktu pemenuhan pesanan, serta peningkatan akurasi pesanan yang lebih besar. Sehingga alokasi penggunaan biaya dan tenaga kerja yang dibutuhkan menjadi lebih optimal


Penerapan RFID System pada Pick to Light 

Pick to Light dapat diterapkan pada seluruh rangkaian manajemen inventory, mulai dari proses picking, proses putting, proses batch picking, dan lainnya dengan menggunakan modul Pick to Light. Untuk dapat meningkatkan kemampuan perangkat, Pick to Light System juga dapat digabungkan dengan RFID yang berisikan list barang, dimana dengan hanya melakukan scanning Barcode/QR Code pada awal proses pengambilan, sistem akan secara otomatis menunjukkan sebuah indikasi visual, yang menginformasikan operator untuk melakukan proses picking atau putting pada bagian-bagian rak tertentu.


Tingkatkan Akurasi Manajemen Inventory dengan Pick to Light dan RFID System dari Prieds

Penerapan Pick to Light saat ini merupakan sebuah solusi untuk dapat mengoptimalkan pengelolaan inventory, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan pelayanan pelanggan. Dengan menggabungkan Pick to Light dan RFID System, perusahaan dapat memaksimalkan setiap proses pengelolaan gudang, memiliki visibilitas menyeluruh terhadap pergerakan stok barang serta mempermudah proses optimalisasi operasional.


Sebagai startup penyedia Software Manajemen Inventory dan RFID System yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi pengelolaan gudang yang lebih efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID yang bisa diintegrasikan dengan pick to light maupun software bisnis lain. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software Manajemen Inventory Prieds dan Prieds DERAS RFID dapat membantu perusahaan untuk mengelola seluruh inventory dalam gudang melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan Pick to Light dan RFID pada proses Manajemen Inventory untuk mengoptimalkan pengelolaan gudang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software Manajemen Inventory dan RFID Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page