top of page

Pantau Keuntungan Perusahaan lebih Akurat dengan Mengukur Turn Earn Index

Perusahaan tentu menginginkan performa supply chain management yang optimal. Salah satu proses yang dapat ditingkatkan kinerjanya, yaitu melalui manajemen inventory. Pengelolaan inventory tentu melalui beberapa tahap yang perlu dipantau agar tetap berjalan dengan efisien dan efektif.


Dengan melakukan evaluasi secara berkala pada manajemen inventory, tentu performa supply chain management pada perusahaan dapat ditingkatkan lagi. Selain itu juga perusahaan dapat mengukur keuntungan yang didapat. Dengan manajemen gudang yang optimal, tentu akan membantu meningkatkan kinerja supply chain management. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan pengembangan bisnis.


Pengertian Turn-Earn Index

Pengertian Turn-Earn Index

Untuk dapat mengetahui efektifitas manajemen inventory dalam perusahaan, dan melihat keuntungan yang dihasilkan, salah satu KPI yang dapat diukur yaitu Turn-Earn Index. Rumus ini melihat gross margin dan juga inventory turnover untuk melihat kinerja dari manajemen inventory perusahaan. Dengan melihat Turn-Earn Index ini, perusahaan dapat mengetahui pengelolaan inventory yang paling menghasilkan profit bagi perusahaan, untuk membangun pertumbuhan perusahaan jangka panjang.


Melakukan perhitungan Turn-Earn Index secara berkala, perusahaan akan mendapat gambaran yang jelas terkait kebutuhan inventory untuk menghasilkan keuntungan. Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan perencanaan dan strategi bisnis agar menghasilkan proses yang efisien.


Cara Menghitung Turn-Earn Index

Seperti yang telah disebutkan, turn-earn index menggabungkan inventory turnover dan gross margin perusahaan untuk melihat keuntungan perusahaan dan penggunaan inventory. Intinya, hasil dari perhitungan ini dapat menggambarkan bahwa perusahaan dapat bertahan dengan inventory turnover yang kecil jika inventory tersebut dapat menghasilkan keuntungan besar.


Berikut rumus perhitungan Turn-Earn Index :


Turn-earn index = (rasio inventory turnover x persentase gross profit) x 100

Dalam praktiknya, kebanyakan perusahaan diberbagai industri menerapkan tolak ukur Turn-Earn Index sebesar 150.


Manfaat Perhitungan Turn-Earn Index bagi Perusahaan

Manfaat perhitungan Turn-Earn Index bagi Perusahaan

Dengan memiliki KPI yang jelas pada proses bisnis, tentunya akan mempermudah perusahaan untuk dapat melakukan pemantauan atau evaluasi dan juga membantu dalam penyusunan strategi untuk menciptakan kinerja yang lebih efisien. Beberapa keuntungan dari menerapkan perhitungan Turn-Earn Index diantaranya yaitu :

  1. Mengetahui Kinerja Manajemen Inventory

  2. Melihat Keuntungan Perusahaan

  3. Sebagai bahan dasar penyusunan strategi pengembangan bisnis

  4. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan inventory agar menghasilkan profit


Turn-Earn Index Selain bermanfaat bagi perusahaan, tentu juga berpengaruh pada kinerja dari supply chain management. Melalui optimalisasi manajemen inventory, perusahaan dapat memastikan setiap permintaan yang masuk terpenuhi, sehingga keuntungan perusahaan dan kepuasan pelanggan dapat meningkat.


Pantau Keuntungan Perusahaan melalui Perhitungan Turn-Earn Index yang Akurat dengan Software Supply Chain Management Prieds

Dalam supply chain management, performa operasional yang baik, memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan. Salah satunya, perusahaan dapat memastikan manajemen inventory berjalan dengan optimal agar keuntungan dan kepuasan konsumen dapat ditingkatkan. Untuk mendapatkan kinerja manajemen inventory yang baik, dengan data yang akurat perusahaan dapat menerapkan software supply chain management.


Sebagai startup penyedia solusi Supply Chain Management yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi pengelolaan dan manajemen inventory melalui integrasi antara hardware dengan software, seperti ERP dan WMS. Beragam fitur dari yang ditawarkan Prieds dapat membantu perusahaan untuk menghitung Turn-Earn Index dengan akurat berkat data yang lengkap dari manajemen inventory perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait optimalisasi supply chain management melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan pengelolaan rantai pasok yang baik dan optimal pada perusahaan Anda.

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page