top of page

Optimalkan Stock Opname Perusahaan Manufaktur dengan Inventory Management Software

Diperbarui: 11 Nov 2023

Stock opname merupakan kegiatan yang penting dilakukan pada perusahaan yang proses bisnisnya bertumpu pada pengelolaan stok barang. Proses ini dapat disesuaikan prosedurnya sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing industri, salah satunya seperti manufaktur. Secara umum, stock opname merupakan salah satu proses dalam inventory management. Kegiatan ini berfungsi untuk mengetahui jumlah stok barang dalam gudang sesuai dengan hasil pencatatan.


Kegiatan stock opname membutuhkan waktu yang cukup banyak, karena staff perlu memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada di dalam gudang secara langsung. Maka dari itu, penerapan teknologi seperti inventory management software perlu untuk dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi stock opname pada perusahaan manufaktur.


Tujuan Stock Opname dalam Perusahaan Manufaktur

Tujuan Stock Opname pada Perusahaan Manufaktur

Secara umum, Stock Opname dilakukan dengan tujuan untuk memastikan persediaan stok barang dalam gudang tercatat secara akurat, sehingga tidak terjadi selisih jumlah stok. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk dapat memastikan perusahaan mampu untuk memenuhi setiap permintaan dari konsumen.


Dalam perusahaan manufaktur, stock opname juga dilakukan dengan beberapa tujuan berikut :

  1. Mengetahui seluruh jumlah stok barang, baik bahan baku hingga produk jadi secara akurat

  2. Memiliki visibilitas pada arus keluar masuk stok barang perusahaan

  3. Memastikan kemampuan perusahaan manufaktur untuk dapat memenuhi permintaan konsumen

  4. Sebagai salah satu mekanisme pengendalian internal perusahaan


Manfaat Stock Opname bagi Perusahaan Manufaktur

Stock opname yang dilakukan secara rutin dan terjadwal dengan baik memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan manufaktur. Selain meningkatkan akurasi saat melakukan perhitungan stok barang, berikut beberapa manfaat lain dari stock opname yang dilakukan secara rutin :

  1. Sebagai bahan pertimbangan dalam menghitung HPP untuk dimasukkan kedalam laporan keuangan perusahaan

  2. Menghindari terjadinya selisih jumlah stok barang akibat stok barang hilang atau rusak

  3. Sebagai bahan evaluasi kinerja pengelolaan stok barang dan penjualan

  4. Mempermudah perusahaan dalam melakukan restock sebelum kehabisan stok barang


Optimalisasi Stock Opname melalui Inventory Management Software

Agar proses stock opname dapat berjalan dengan lebih efisien dan akurat, perusahaan dapat menerapkan teknologi seperti inventory management software. Dengan menerapkan software ini, segala aktivitas yang sebelumnya dilakukan secara manual dan membutuhkan banyak waktu, menjadi lebih otomatis dengan penggunaan perangkat Barcode Scanner yang terhubung dengan sistem terpusat.

Optimalisasi Stock Opname melalui Inventory Management Software

Inventory Management Software dapat mengoptimalisasi beberapa tahap stock opname berikut :

  1. Melakukan penjadwalan rutin stock opname, untuk menghentikan arus stok barang sementara

  2. Memetakan stok barang yang akan dilakukan stock opname dan memastikan jumlah maupun letak penyimpanan yang sesuai dengan dashboard inventory management software

  3. Memisahkan stok barang lama dan stok barang baru sebelum melakukan proses stock opname

  4. Menerapkan cycle counting dengan bantuan inventory management software untuk menjaga jumlah stok barang agar tidak terjadi selisih


Gunakan Inventory Management Software dari Prieds untuk Mengoptimalkan Stock Opname pada Perusahaan Manufaktur

Proses stock opname membutuhkan ketelitian agar menghasilkan data pencatatan yang akurat. Dengan menerapkan Inventory Management Software proses stock opname tidak memakan banyak waktu dan perusahaan juga dapat meningkatkan efisiensi.


Implementasi Inventory Management Software akan menguntungkan perusahaan manufaktur dalam meningkatkan performa pengelolaan dan penjualan stok barang kepada pengguna akhir. Untuk itu, menjaga jumlah stok barang melalui proses stock opname menjadi sangat penting bagi perusahaan manufaktur. Dengan mengetahui jumlah stok barang secara akurat di seluruh cabang toko, perusahaan dapat memastikan produk dapat dengan mudah didapat oleh konsumen.


Sebagai startup penyedia Inventory Management Software yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pembukuan usaha perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Inventory Management Software dapat membantu perusahaan manufaktur untuk mengelola stok barang pada gudang perusahaan yang tersebar di berbagai lokasi dan melakukan stock opname secara akurat dan efisien melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait stock opname yang akurat untuk perusahaan manufaktur dengan menggunakan dengan menerapkan Inventory Management Software melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software dari Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

34 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page