top of page

Optimalkan Performa Gudang Manufaktur melalui Metode Kitting

Memiliki jumlah stok barang yang banyak, memiliki dampak positif dan juga negatif bagi perusahaan. Di satu sisi, dengan stok yang melimpah, perusahaan dapat memenuhi permintaan konsumen. Namun, di sisi lain, stok barang dalam jumlah besar dapat merugikan perusahaan apabila tidak sesuai dengan jumlah permintaan.


Terlalu banyak menyimpan stok barang membuat perusahaan rentan terhadap resiko, seperti biaya penanganan dan penyimpanan yang tinggi, permasalahan akibat human error hingga kondisi stok barang yang buruk. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menyimpan stok barang sesuai dengan volume permintaan pasar. Selain itu, saat mengelola stok barang dalam gudang, perusahaan seperti manufaktur dapat menerapkan metode kitting.


Apa itu Metode Kitting?

Pengertian Metode Kitting pada Gudang Manufaktur

Kitting merupakan salah satu metode pada manajemen stok barang dalam gudang yang diterapkan dengan cara menggabungkan beberapa stok menjadi satu jenis SKU (Stock Keeping Unit). Metode ini, umumnya menghasilkan produk bundle maupun juga digunakan untuk mengelompokkan beberapa barang setengah jadi untuk disatukan dan siap dipasarkan oleh perusahaan, seperti dalam industri manufaktur.


Dengan menerapkan metode kitting, perusahaan manufaktur dapat mengelola stok barang dalam jumlah besar secara optimal. Selain itu, metode ini juga mampu meminimalisir terjadinya penumpukan stok barang yang dapat menimbulkan berbagai resiko kerugian.


Penerapan Metode Kitting dalam Manajemen Gudang Manufaktur

Perusahaan manufaktur dapat menerapkan metode kitting pada gudang dengan cara menentukan beberapa produk yang ingin dikelompokkan terlebih dahulu. Beberapa produk yang dikelompokkan, kemudian di proses untuk disatukan menjadi satu SKU sebelum dikemas dan dipasarkan kepada konsumen.


Produk hasil pengolahan metode kitting akan memiliki kode khusus. Sehingga perusahaan manufaktur akan lebih mudah dalam mengelola stok barang pada gudang.


Manfaat Metode Kitting bagi Performa Gudang Manufaktur

1. Efisiensi Waktu dan Biaya

Kitting merupakan metode yang dapat diterapkan oleh gudang manufaktur untuk mengelola setiap produk dengan lebih efisien dan efektif. Produk yang dikelompokkan pada metode kitting, akan dicatat sebagai satu produk, dengan begitu pencatatan dan pendataan stok barang menjadi lebih ringkas, meminimalisir terjadinya resiko kesalahan atau selisih jumlah serta meningkatkan efisiensi biaya dan waktu pengelolaan manajemen gudang secara keseluruhan.


2. Menghindari Resiko Kesalahan

Produk yang sudah dikelompokkan melalui metode kitting akan lebih mudah untuk dilacak, dikelola manajemen gudang manufaktur. Hal ini dikarenakan setiap produk sudah dikemas terlebih dahulu dan punya SKU masing-masing yang membuatnya lebih mudah ditemukan. Dengan begitu, visibilitas perusahaan manufaktur menjadi meningkat, sehingga perusahaan dapat menghindari resiko kesalahan dan kerugian.


3. Proses Pemenuhan Pesanan Lebih Cepat dan Akurat

Produk yang melalui kitting sudah terkelompok dan tercatat sebagai satu SKU, maka proses order fulfillment perusahaan manufaktur dapat berjalan dengan lebih cepat dan akurat. Gudang manufaktur dapat memanfaatkan metode ini untuk memenuhi pesanan, terutama pada produk terlaris. Selain itu, metode ini juga dapat meningkatkan efisiensi proses produksi pada manufaktur, karena bahan yang dibutuhkan sudah dikelompokkan menjadi satu.


4. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Gudang manufaktur dapat memanfaatkan metode kitting untuk membantu meningkatkan kepuasan konsumen. Dengan metode ini, perusahaan manufaktur dapat menyediakan produk terlaris dengan lebih cepat. Hal ini juga mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk konsumen untuk menerima produk. 


Selain itu, perusahaan manufaktur dapat menawarkan beberapa produk yang di bundle yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Metode kitting ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, sehingga konsumen mendapat produk yang diinginkan tanpa perlu mencari lagi. Dengan begitu, pengalaman berbelanja konsumen menjadi lebih baik, dan meningkatkan kepuasan konsumen.


Optimalkan Performa Gudang Manufaktur melalui Metode Kitting pada Software Gudang Prieds

Sebagai startup penyedia Software Gudang yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi pengelolaan gudang, sekaligus mengukur performa pergudangan agar berjalan dengan efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang dimiliki Software Gudang Prieds dapat membantu perusahaan manufaktur untuk mengoptimalkan performa gudang dengan efektif melalui metode kitting.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait Optimalisasi performa gudang manufaktur dengan penerapan Software Gudang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

22 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page