top of page

Optimalkan Manajemen Gudang dengan Laporan Stok Barang yang Akurat

Diperbarui: 7 Jan

Manajemen gudang yang baik memiliki peran yang besar terhadap perkembangan bisnis. Untuk dapat mengelola gudang dengan baik, perusahaan tentu perlu menyusun laporan stok barang secara teliti agar data yang dihasilkan akurat.


Laporan stok barang memberikan gambaran bagi perusahaan terkait dengan kebutuhan pengadaan bahan baku, jumlah produk yang dimiliki, kondisi stok barang hingga volume penjualan. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui secara detail penjelasan dari laporan stok barang.


Pengertian Laporan Stok Barang

Laporan stok barang adalah data yang disusun untuk mengetahui jumlah stok atau produk yang tersedia pada gudang. Salah satu aktivitas pengelolaan stok barang dalam gudang yaitu mencatat jumlah stok barang yang tersedia di gudang secara fisik. Tujuannya agar perusahaan mengetahui pencatatan untuk pembukuan stok barang secara lengkap dan akurat.


Dengan kemajuan teknologi, proses pencatatan dan penyusunan laporan stok barang yang terkesan melelahkan dan membutuhkan banyak waktu menjadi lebih cepat dan akurat. Perusahaan dapat menerapkan barcode di setiap stok barang untuk dapat mengelompokkan berdasarkan ciri tertentu, seperti ukuran, lokasi penyimpanan, usia stok barang, kondisi stok barang hingga jumlah tanpa terjadi kesalahan atau terjadi selisih jumlah stok barang dalam gudang.


Tujuan Penyusunan Laporan Stok Barang

Tujuan Laporan Stok Barang

Penyusunan laporan persediaan stok barang bertujuan untuk mengetahui jumlah stok barang yang dimiliki. Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk menilai selisih kelebihan atau kekurangan stok barang dalam gudang, sehingga perusahaan dapat mengambil solusi untuk mengatasi kendala tersebut.


Sebagai contoh, dalam perusahaan yang bergerap pada industri manufaktur, laporan stok barang sangat bermanfaat untuk mengetahui jumlah stok bahan baku, barang setengah jadi, dan jenis bahan lain, hingga mengetahui jumlah stok produk yang siap untuk dipasarkan.


Manfaat Laporan Stok Barang

Manfaat Laporan Stok Barang bagi Bisnis

Menerapkan laporan stok barang yang akurat memiliki beberapa manfaat yang dapat dirasakan dalam bisnis. Berikut beberapa manfaat dari penerapan laporan stok barang :


Menyesuaikan Jumlah Stok Barang Fisik dengan Pencatatan

Laporan stok barang dapat digunakan untuk mencocokkan jumlah stok barang fisik yang tersedia pada gudang dengan jumlah stok barang pada catatan pembukuan.


Meminimalisir Terjadinya Kesalahan

Pengelolaan gudang dan penyusunan laporan stok barang tentu membutuhkan tingkat ketelitian dan kecepatan yang tinggi. Kesalahan akibat human error seperti lalai ketika menyimpan stok barang bisa saja terjadi. Maka dari itu, laporan stok barang digunakan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan kendala.


Mempercepat proses Pengambilan Keputusan

Memiliki laporan stok barang yang akurat akan mempermudah perusahaan dalam mengambil keputusan. Seperti mengambil langkah solusi ketika ada barang yang rusak atau hilang, maka perusahaan dapat mengambil langkah tepat dengan melakukan pengadaan sesuai jumlah dari barang yang hilang tersebut secara akurat dan cepat.


Mempermudah Analisis Perkembangan Bisnis

Laporan stok barang juga memberi gambaran bagi perusahaan terkait penjualan. Hal ini tentu bermanfaat untuk melakukan analisis perkembangan perusahaan, dengan melakukan perbandingan data seperti data penjualan, tingkat pemenuhan permintaan, peningkatan jumlah konsumen dari tahun ke tahun.


Dapatkan Hasil Laporan Stok Barang yang Akurat dengan Aplikasi Manajemen Gudang Prieds

Dengan kemajuan teknologi seperti Aplikasi Manajemen Gudang, Perusahaan dapat lebih mudah, cepat dan akurat untuk melakukan pendataan stok barang dalam gudang. Dengan demikian, proses manajemen gudang dapat berjalan lebih efisien dan efektif.


Sebagai startup penyedia Aplikasi Manajemen Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi penyusunan laporan stok barang melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam fitur dari Aplikasi Manajemen Gudang Prieds dapat membantu proses penyusunan laporan stok barang secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi laporan stok barang yang akurat melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan saat melakukan penyusunan laporan stok barang dan dapatkan beragam keuntungan dengan aplikasi manajemen gudang pada bisnis Anda.

11 tampilan0 komentar
bottom of page