top of page

Pahami Apa Itu Omnichannel Marketplace dan Rekomendasinya

Diperbarui: 2 Feb

Apakah kamu berjualan di berbagai marketplace? Pernah mengalami kesulitan untuk mengurus operasional bisnis online, seperti upload produk, manajemen stok barang, sampai proses pesanan yang harus dilakukan secara manual. 


Tandanya, kamu butuh sistem yang bisa memudahkan berjalannya bisnismu nih, yaitu platform omnichannel marketplace. 


Memang apa sih sistem omnichannel itu dan seberapa pentingnya untuk bisnis? 

Supaya lebih jelas, Yuk! kita simak penjelasannya di sini.


Pengertian Omnichannel Marketplace

Pengertian Omnichannel Marketplace

Omnichannel marketplace adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan berbagai channel penjualan yang digunakan pelaku usaha untuk berinteraksi dengan pelanggan. Baik yang memiliki toko online maupun toko fisik (offline).


Dengan begitu, tujuan dari sistem ini adalah memberikan pengalaman berbelanja dan berinteraksi dengan brand.


Umumnya, sistem omnichannel sudah dilengkapi banyak fitur-fitur untuk menunjang berjalannya operasional bisnis secara efisien. Mulai dari manajemen pesanan, manajemen stok barang, sistem manajemen gudang, software POS,  sampai membalas chat customer.


Manfaat Sistem Kelola Toko Online

  • Meningkatkan Efisiensi Bisnis

  • Mengotomatisasi Sistem, 

  • Meminimalisir Masalah Bisnis,

  • Kemudahan Pengiriman Barang, 

  • Analisis Bisnis Secara Efektif


Rekomendasi Software Omnichannel Marketplace di Indonesia


1. Jubelio Omnichannel

Rekomendasi yang pertama ada platform Jubelio Omnichannel yang berasal dari Indonesia.


Jubelio adalah platform omnichannel yang telah dilengkapi banyak fitur untuk memudahkan kelola operasional bisnis online dan offline. Karena sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan offline dan online, seperti marketplace, social commerce, website, dan toko fisik hanya melalui satu dashboard.


Tidak hanya itu, Jubelio juga memiliki berbagai fitur lainnya, seperti:

  1. Adanya Fitur Upload Produk Secara Massal, fitur satu ini akan  memudahkan kamu dalam mengunggah foto produk di seluruh marketplace sekaligus, termasuk memetakan setiap kategori sekaligus menyesuaikannya dengan sistem kategori di marketplace

  2. Fitur Sinkronisasi Stok Barang Otomatis, kalau biasanya kamu harus mengawasi stok di masing-masing marketplace dan harus sesuai dengan data fisik yang ada di gudang. Dengan fitur Sync stock, udah bisa berkurang secara otomatis dan real-time

  3. Proses Pesanan Sekaligus di Satu Dahboard, kamu dapat proses orderan dari seluruh marketplace hanya melalui satu dashboard dibandingkan harus membuka banyak tab di desktop untuk memproses seluruh pesanan yang masuk pada toko di berbagai marketplace.

  4. Fitur Warehouse Management System, yang dapat memudahkanmu dalam manajemen gudang, seperti manajemen lokasi gudang, proses picking, packing,  pengiriman barang dalam satu sistem.

  5. Bagi kamu yang punya toko offline, kamu bisa menggunakan software POS untuk mempermudah transaksi penjualan dan pembelian.

  6. Adanya fitur chat commerce, yang akan membantu kamu balas chat pelanggan dari berbagai channel penjualan melalui satu dashboard sehingga tidak perlu bukan marketplace satu persatu

Buat kamu yang masih penasaran mengenai Jubelio Omnichannel, kamu bisa cek selengkapnya disini>>


2. BigSeller

Selanjutnya, platform BigSeller adalah salah satu sistem omnichannel yang dapat membantu seller mengelola toko. 


Dan pastinya sudah tersedia berbagai fitur yang bisa kamu gunakan, seperti kemudahan pengelolaan produk dan memproses pesanan dari berbagai toko dan marketplace sehingga mempermudah operasional  bisnis.


Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan fitur pelacakan retur barang sekaligus menghitung ongkos kirim sehingga meringankan perhitungan stok dan harga produk.


3. Qontak

Aplikasi omnichannel marketplace Qontak by Mekari juga bisa menjadi pilihan yang dapat membantu tingkatkan penjualan serta layanan pelanggan. Terdapat lima layanan utama yang ditawarkan oleh aplikasi omnichannel ini. 


Pertama, aplikasi chat omnichannel yang mengintegrasikan WhatsApp Business, Instagram, dan media sosial lain. Kemudian customer service yang mengatur pelayanan pelanggan dengan sistem tiket.


Tentunya, penggunaan  sistem omnichannel marketplace  memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap berjalannya bisnis, khususnya bagi kamu yang memiliki banyak toko online.


Dari rekomendasi diatas, kira-kira software omnichannel mana nih yang akan kamu pilih?



*Artikel ini hasil kerja sama Prieds dan Jubelio


123 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page