top of page

Manfaat Sistem Gudang WMS dalam Industri Farmasi dan Kesehatan

Industri Farmasi dan Kesehatan merupakan salah satu bidang yang sangat bergantung pada manajemen gudang. Memiliki pengelolaan stok barang dalam gudang yang optimal membantu perusahaan untuk dapat menjaga kualitas setiap produk sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku. Dengan begitu, perusahaan dapat menyediakan fasilitas medis dengan kualitas terbaik kepada konsumen.


Peran Sistem Gudang WMS dalam Industri Farmasi

Keamanan dan integritas produk menjadi prioritas utama di industri farmasi dan kesehatan. Maka dari itu, sektor bisnis ini memerlukan sebuah sistem gudang yang bisa memastikan penyimpanan aman dan pelacakan produk yang efektif. Nah, semua itu bisa Anda dapatkan jika menerapkan software WMS. Dimana sistem ini, memungkinkan perusahaan untuk mengelola stok obat maupun peralatan medis sesuai dengan standar penyimpanan dari masing masing jenis stok barang.


Selain itu, aplikasi ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan pelacakan dan pengelolaan berbagai jenis produk dalam gudang, serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan pedoman industri. Dengan fitur pelacakan batch dan nomor seri, perusahaan dapat mengidentifikasi produk yang telah kedaluwarsa atau mengalami masalah kualitas. Sehingga, mengurangi risiko konsumen menerima produk yang tidak aman.


Dengan proses penyimpanan dan pelacakan yang lebih baik menggunakan Sistem Gudang WMS, perusahaan dapat meminimalisir terjadinya resiko dan kerugian akibat penanganan produk yang salah, serta mempercepat proses pengiriman dan distribusi. Hal ini sangat penting dalam industri yang memiliki peraturan cukup ketat dan kompetitif seperti farmasi dan kesehatan.


Manfaat Sistem Gudang bagi Industri Farmasi dan Kesehatan

Manfaat Sistem Gudang bagi Industri Farmasi dan Kesehatan

Sistem Gudang WMS menawarkan berbagai manfaat bagi industi farmasi dan kesehatan, terutama dalam menjaga dan mengelola inventory dalam gudang. Beberapa manfaat dari Sistem  Gudang pada Industri kesehatan diantaranya yaitu :


Peningkatan Akurasi Pengelolaan Inventory

Penerapan Sistem Gudang WMS membantu perusahaan untuk dapat memastikan akurasi dalam melacak seluruh inventory, termasuk urutan batch, usia produk, dan kode khusus pada setiap jenis produk. Visibilitas yang baik pada stok barang dapat meningkatkan identifikasi secara akurat dan cepat, jika terjadi kendala pada produk. Selain itu, akurasi dalam pengelolaan inventory akan membantu perusahaan dalam menjaga seluruh produk agar memiliki kualitas terbaik hingga sampai kepada konsumen.


Visibilitas Pelacakan Proses Supply Chain

Bisnis Farmasi dan Kesehatan membutuhkan Sistem Gudang WMS guna meningkatkan kemampuan pelacakan produk pada proses supply chain, baik dari pihak manufaktur hingga ke konsumen. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan pelayanan perusahaan saat pengiriman maupun ada pengembalian produk, dan memastikan bahwa produk tetap memiliki kualitas terjaga.


Proses Order Fulfillment yang Efisien

Manajemen gudang industri farmasi dan kesehatan dapat memanfaatkan WMS untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi waktu pemenuhan permintaan. This reduces order processing times, minimizes errors, and improves customer satisfaction.


Operasional Gudang yang Optimal

Sistem Gudang WMS bermanfaat bagi bisnis kesehatan untuk mengoptimalkan operasional gudang melalui kemampuan visibilitas secara realtime pada tingkat inventory, status pesanan dan keseluruhan manajemen gudang. Sehingga, perusahaan dapat mengoptimalkan area penyimpanan, performa staf dan penggunaan sumber daya.


Selain itu, sistem gudang juga dapat mengotomatisasi proses manual seperti stock opname, picking, pengadaan stok barang hingga pengelolaan pesanan. Hal ini tentu dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas gudang bisnis farmasi dan kesehatan. Selain itu, perusahaan juga dapat menekan terjadinya kendala pada pengelolaan gudang.


Integrasi dengan Sistem Lain

Sistem Gudang menawarkan fleksibilitas bagi perusahaan farmasi dan kesehatan untuk dapat mengintegrasikan WMS dengan sistem lain, seperti ERP (Enterprise Resource Planning) dan juga CRM (Customer Relationship Management). Hal ini dapat merampingkan proses bisnis dan berdampak pada efisiensi pada keseluruhan operasional. 


Secara singkat, implementasi Sistem Gudang WMS pada industri farmasi dan kesehatan dapat meningkatkan manajemen inventory, proses yang lebih efisien dan pelayanan konsumen yang lebih baik.


Sistem Gudang WMS Prieds bantu Industri Farmasi dan Kesehatan Mengelola Stok Barang dengan Optimal

Sebagai startup penyedia Sistem Gudang WMS yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi pengelolaan gudang, sekaligus mengukur performa pergudangan secara efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang dimiliki Sistem Gudang WMS Prieds dapat membantu perusahaan industri farmasi dan kesehatan untuk mengelola inventory dengan efektif sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait manajemen gudang pada Industri Farmasi dan Kesehatan dengan penerapan WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

69 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page