top of page

Manfaat Point of Sales (POS) dalam Warehouse Management System

Hadirnya Point of Sales (POS) telah merubah perusahaan dalam mengelola stok barang yang dimiliki. Teknologi ini sudah menjadi sebuah alat yang penting dan wajib dimiliki oleh perusahaan karena sistem ini dilengkapi fitur dan fungsi beragam.


Sistem POS mampu mengoptimalkan warehouse management system dari perusahaan, terutama dalam menghindari perbedaan data yang mengakibatkan penurunan pendapatan, menghambat proses manajemen dan juga mengakibatkan pemborosan sumber daya. Sebagai sebuah sistem yang difungsikan untuk melancarkan transaksi, tentu integrasi dengan data stok barang sangat penting. Sehingga, integrasi antara warehouse management system dan POS menjadi sebuah langkah untuk mengoptimalkan proses pengelolaan stok produk hingga terjual.


Keuntungan Penerapan Point of Sales (POS) dalam Warehouse Management System

Manfaat Penerapan Point of Sales (POS) dalam Warehouse Management System

Penerapan sistem POS dapat dihubungkan dengan Warehouse Management System, ataupun dapat diterapkan sebagai sistem yang mandiri. Untuk dapat meningkatkan fungsi software, dan juga mampu mengoptimalkan beragam proses, integrasi antara POS dengan WMS dapat dilakukan. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari penerapan POS :


Manajemen Gudang yang Efektif

Pengelolaan inventory secara optimal penting bagi setiap perusahaan yang menginginkan agar operasional bisnis berjalan dengan lancar, dan juga meningkatkan keuntungan perusahaan. Sistem POS terbaik memiliki kemampuan untuk menganalisa jumlah persediaan inventory, mengumpulkan data pola penjualan dan bisa menghasilkan laporan secara akurat agar petinggi perusahaan dapat mengambil keputusan secara tepat.


Sistem POS yang diintegrasikan dengan WMS akan membuat perusahaan dengan mudah memantau jumlah produk, dan menghindari terjadinya kehabisan stok barang. Dengan begitu, perusahaan dapat mengukur tingkat kemampuan untuk memenuhi permintaan, dan melakukan pengadaan stok barang sebelum kehabisan.


Melacak Penjualan dengan Akurat

Warehouse management system dapat membantu perusahaan dalam melacak stok barang dan penjualan secara akurat dengan memperbarui data jumlah inventory secara real time. Lebih dari itu, WMS juga dapat melacak lokasi produk, staff pengelola hingga mengetahui pola penjualan yang data tersebut dapat digunakan untuk proses mengambil keputusan.


Integrasi dengan sistem POS menjadikan seluruh sistem yang terpasang pada perusahaan untuk mengetahui produk terlaris dan melakukan pengadaan secara otomatis sesuai kebutuhan.


Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Integrasi POS dengan WMS mempermudah perusahaan untuk memahami preferensi dari konsumen, pola pembelian dan ulasan terhadap layanan yang diberikan. Data tersebut berkaitan dengan konsumen dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan dan penawaran produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini dapat memberikan perusahaan kemampuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen.


Terlebih lagi, melalui pengelolaan data secara real time, perusahaan dapat membuat promosi tertentu dan menjalankan loyalty program untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan dan mendorong terjadinya pembelian berulang.


Proses Pengelolaan Akuntansi yang Mudah

Warehouse management system mempermudah bisnis untuk merampingkan proses akuntansi dengan cara menyediakan informasi finansial secara akurat dan terbaru secara otomatis. Sistem ini mampu memonitor tingkat inventory dan data penjualan, yang berguna untuk menyusun laporan keuangan dan keuntungan perusahaan. Selain itu, perusahaan juga dapat menghindari kesalahan akibat proses pencatatan dan perhitungan secara manual dan meningkatkan produktivitas staff.


Dapatkan Sistem POS yang Terintegrasi dengan WMS Prieds

Perkembangan teknologi mempermudah beragam industri untuk melakukan optimalisasi proses bisnis. Adanya teknologi seperti Sistem Point of Sales (POS) dan Warehouse Management System (WMS), mempermudah perusahaan untuk mengoptimalkan manajemen inventory dan penjualan secara optimal. Selain itu, integrasi dari dua sistem tersebut memberikan perusahaan kemampuan untuk mengelola beragam proses bisnis dengan akurat dan efektif, sekaligus membantu dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen.


Sebagai startup penyedia WMS, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen stok barang melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam fitur dari WMS Prieds dapat membantu manajemen inventory perusahaan menjadi lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait integrasi POS dengan WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan saat melakukan pengelolaan penjualan dan beragam proses manajemen produk dengan menerapkan WMS Prieds pada bisnis Anda.


48 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page