top of page

Manfaat Penerapan Sistem RFID dan Software WMS saat Proses Stock Opname

Stock opname merupakan salah satu tahap penting dalam proses manajemen gudang. Hal ini dikarenakan hasil pencatatan stok barang berhubungan dengan kemampuan perusahaan untuk memenuhi seluruh permintaan. Selain itu, melalui stock opname, perusahaan dapat memiliki visibilitas pada tingkat inventory.


Agar proses stock opname menjadi optimal, banyak perusahaan telah menerapkan teknologi yaitu software WMS. Salah satu kemampuan software tersebut yang memiliki dampak bagi peningkatan akurasi hasil pencatatan stok barang yaitu integrasi dengan sistem RFID. penggunaan software WMS dengan RFID memungkinkan staf untuk melakukan stock opname dengan lebih cepat dan akurat.


Pentingnya Integrasi Software WMS dan Sistem RFID

Integrasi sistem RFID dengan software WMS membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi proses manajemen gudang, seperti tracking, replenishment, hingga stock opname. Staff gudang dapat dengan mudah untuk melacak dan mengelola persediaan stok barang secara otomatis dan realtime. Hal ini dapat meminimalisir proses manual yang memakan waktu dan memungkinkan terjadinya berbagai resiko.


Keuntungan lain dari integrasi RFID dalam software WMS yaitu pengelolaan data secara akurat. Sistem RFID secara otomatis akan merekam data terkait lokasi maupun pergerakan stok barang dalam gudang. Sehingga, proses stock opname dapat berjalan dengan efisien dan hasil pencatatan menjadi lebih akurat.


Manfaat Penerapan Software WMS dan RFID saat Proses Stock Opname

Manfaat Penerapan Software WMS dan RFID saat Proses Stock Opname

Proses Stock Opname lebih Akurat

Penggunaan WMS dan RFID dapat meningkatkan akurasi proses stock opname. Perangkat RFID akan melakukan rekam data secara otomatis, sehingga staf hanya perlu mempersiapkan stok barang yang akan dilakukan stock opname. Hasil dari pencatatan pada sistem RFID kemudian akan langsung diterima oleh software WMS secara realtime.


Visibilitas Menyeluruh pada Manajemen Gudang secara Real Time

Salah satu manfaat dari penggunaan Software WMS yang terintegrasi dengan sistem RFID yaitu memberikan perusahaan visibilitas menyeluruh terhadap proses manajemen gudang. Selain itu, berkat proses yang terotomatisasi, perusahaan akan dengan mudah memantau operasional secara realtime. Sehingga, perusahaan dapat menggunakan rekam data seperti stock opname untuk dapat mengambil keputusan bisnis secara tepat.


Efisiensi Operasional dan Biaya

Melalui software WMS yang terkoneksi dengan RFID, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional gudang dan juga penggunaan biaya. Hasil pencatatan stok barang menjadi lebih akurat, dan juga perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan gudang sekaligus meminimalisir penggunaan biaya.


Meminimalisir Resiko dan Kesalahan

Pencatatan stok barang yang dilakukan secara manual akan memakan waktu dan juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kesalahan. Melalui Software WMS yang terintegrasi dengan RFID, perusahaan dapat meminimalisir kesalahan akibat human error, meningkatkan akurasi data dan proses manajemen gudang dapat dilakukan dengan otomatis.


Dapatkan Software WMS dan Sistem RFID dari Prieds dan Optimalkan Proses Stock Opname

Perusahaan dapat mengintegrasikan sistem RFID dengan WMS untuk dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi proses stock opname. Sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan proses operasional, meningkatkan visibilitas manajemen gudang dan meminimalisir terjadinya resiko yang dapat merugikan perusahaan.


Sebagai startup penyedia Software WMS dan Sistem RFID yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi optimalisasi stock opname agar dapat berjalan dengan efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software WMS Prieds dan Prieds DERAS RFID dapat membantu perusahaan untuk mengelola seluruh inventory dalam gudang dan melakukan stock opname melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan RFID dan integrasi pada WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software WMS dan RFID Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

20 tampilan0 komentar
bottom of page