top of page

Manajemen Keuangan dan Akuntansi lebih Optimal dengan ERP System

Diperbarui: 6 Nov 2023

Masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem terpisah, satu untuk akuntansi dan satu lagi perencanaan sumber daya dengan ERP System. Hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa sebab, diantaranya yaitu, perusahaan menerapkan aplikasi akuntansi terlebih dahulu baru kemudian perusahaan menerapkan ERP System saat bisnis mulai berkembang.


Namun pemisahan sistem manajemen tidak lagi diperlukan, dan bahkan bisa menjadi sebuah pemborosan pada anggaran perusahaan. Dengan perkembangan teknologi, ERP System terkini mampu menangani berbagai proses bisnis diantaranya seperti manajemen keuangan dan akuntansi melalui modul yang dapat diintegrasikan. Sehingga, perusahaan hanya perlu menerapkan satu sistem ERP untuk melakukan pengelolaan pada seluruh operasional bisnisnya.


Pengertian Manajemen Keuangan dan Akuntansi

Manajemen keuangan merupakan sebuah kegiatan perencanaan, mengatur serta mengawasi seluruh aktivitas finansial perusahaan, seperti pengadaan barang ataupun penjualan produk kepada pengguna akhir.


Sedangkan, akuntansi adalah suatu tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, mencatat, penggolongan, peringkasan serta penyajian atau laporan dari banyaknya transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan.


Manfaat Akuntansi Berbasis ERP

Manfaat Akuntansi Berbasis ERP

Dengan menerapkan ERP System yang terintegrasi dengan modul manajemen keuangan dan akuntansi, perusahaan dapat merasakan berbagai manfaat, dibandingkan dengan sistem terpisah. Berikut beberapa manfaat pengelolaan keuangan dan akuntansi melalui ERP System :


1. Laporan Keuangan yang Akurat dan Rinci

Sistem manajemen keuangan dan akuntansi mandiri menawarkan laporan keuangan dasar seperti laporan laba rugi, neraca dan sebagainya. Namun, dengan menerapkan modul akuntansi pada ERP, perusahaan mendapatkan beragam fungsi manajemen yang lebih luas, seperti proyeksi arus kas berdasarkan manajemen inventaris dan status pesanan dan umur piutang yang dilapisi dengan saluran pesanan pelanggan. Laporan ini memberikan perusahaan gambaran lebih luas dari sekedar data keuangan.


2. Pengelolaan Bisnis lebih Efektif berkat Otomatisasi

Menghubungkan ERP System dengan modul akuntansi, dapat lebih mudah untuk mengotomatiskan alur kerja pada perusahaan. Saat Anda menggunakan ERP untuk akuntansi, banyak tugas akuntansi dan keuangan dapat sepenuhnya otomatis. Sebagai contoh, perusahaan dapat merampingkan piutang, manajemen hutang dan manajemen kas. Otomatisasi juga memungkinkan Anda melacak transaksi keuangan dengan lebih cepat dan akurat.


3. Pencatatan Data yang Efisien

Memiliki dua sistem terpisah berarti staff perlu melakukan input data kembali secara manual dari satu sistem ke sistem lain. Dengan modul akuntansi yang terintegrasi pada ERP, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi proses entri data. Manfaatnya, perusahaan dapat menghindari terjadinya ketidakcocokan data akibat kesalahan saat input. Dengan begitu, perusahaan dapat lebih akurat dalam menyusun laporan keuangan, mengelola sumber daya sekaligus menyusun perkiraan pendapatan bisnis.


4. Tingkat kendali yang lebih tinggi

Menggunakan ERP dengan modul akuntansi memberikan perusahaan lebih banyak kendali terhadap proses bisnis. Perusahaan akan dapat melihat secara lengkap seluruh proses bisnisnya melalui satu sistem terpusat dan mengevaluasi hasil pengambilan keputusan secara real time.


Gunakan ERP System Prieds yang Terintegrasi dengan Modul Manajemen Keuangan dan Akuntansi

Melalui penerapan ERP System (enterprise resource planning), perusahaan akan lebih efisien, efektif dan akurat untuk mengelola keseluruhan proses bisnis, salah satunya seperti mengelola keuangan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan karena ERP dapat diintegrasikan dan ditingkatkan fungsinya melalui beberapa modul yang ditawarkan. Mulai dari modul manajemen gudang, dokumen, pengadaan hingga modul finance dan accounting. Dengan modul tersebut, perusahaan dapat memantau dan mengelola seluruh hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan melalui satu sistem dengan data yang selalu terbarui secara real-time, sehingga tidak ada proses yang dilakukan secara manual yang rentan terhadap berbagai permasalahan lagi.


Sebagai startup penyedia ERP System, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi proses produksi perusahaan melalui integrasi software dengan hardware, seperti teknologi IoT. Beragam fitur ERP System dari Prieds dapat membantu berbagai proses bisnis, seperti pengelolaan keuangan perusahaan secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait modul finance & accounting melalui software ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan pengelolaan keuangan yang lebih akurat dan efisien pada bisnis Anda.

73 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page