top of page

Keuntungan dan Tujuan dari Penggunaan Sistem ERP Pada Perusahaan

Diperbarui: 12 Jul 2023

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) telah menjadi solusi teknologi bisnis yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. ERP memiliki tujuan utama untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan mempermudah proses pengambilan keputusan.


Dalam artikel ini, Prieds akan membahas pengertian Sistem ERP, keuntungan penggunaan Sistem ERP, tujuan penggunaan Sistem ERP, bagaimana Sistem ERP bekerja, dan implementasi Sistem ERP.


Definisi Sistem ERP

Sistem ERP adalah sistem informasi yang digunakan untuk mengelola data dan proses bisnis dari berbagai departemen dan fungsi bisnis dalam perusahaan. Sistem ini membantu perusahaan untuk mengatasi masalah yang timbul dari siloed data dan proses bisnis yang tidak terintegrasi.


Sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan data dan proses bisnis mereka sehingga mempermudah pengambilan keputusan dan membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka.


Komponen utama dari sistem ERP meliputi pemasaran, pembelian, produksi, keuangan, dan sumber daya manusia. Setiap komponen ini memiliki fungsi dan proses bisnis yang unik yang dapat diintegrasikan dengan sistem ERP.


Sistem ERP juga memungkinkan perusahaan untuk mengelola data dan informasi bisnis mereka secara real-time dan membantu dalam pengambilan keputusan.


Keuntungan Penggunaan Sistem ERP Pada Perusahaan

Tentunya, dengan menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP), perusahaan Anda akan memperoleh beberapa keuntungan.


Berikut merupakan beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan Sistem ERP, di antaranya:


Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Penggunaan sistem ERP membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka dengan mengintegrasikan data dan proses bisnis yang berbeda dari berbagai departemen dan fungsi bisnis. Sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk mengelola data dan informasi bisnis mereka dengan lebih efektif dan efisien.


Menyediakan Informasi Bisnis Secara Real-time

Penggunaan sistem ERP membantu perusahaan untuk memantau kinerja bisnis secara real-time. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memastikan bahwa bisnis berjalan dengan baik dan dapat membuat perbaikan yang diperlukan segera. Sistem ERP juga memastikan bahwa perusahaan memiliki visibilitas yang baik terhadap data bisnis, sehingga mempermudah pengambilan keputusan.


Menjadi Sumber Informasi Terintegrasi

Sistem ERP memastikan bahwa data bisnis dan proses bisnis terintegrasi dengan baik. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki akses ke informasi bisnis yang akurat dan terbaru, sehingga mempermudah pengambilan keputusan. Sistem ERP juga memastikan bahwa data bisnis tidak hilang atau rusak, sehingga perusahaan dapat memastikan keamanan dan integritas data bisnis.


Mempermudah Proses Pengambilan Keputusan

Sistem ERP menyediakan informasi bisnis yang akurat dan terbaru, sehingga mempermudah pengambilan keputusan. Perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data bisnis yang tersedia, sehingga memastikan bahwa perusahaan bergerak dalam arah yang tepat.


Setelah mengetahui tujuan penggunaan sistem ERP dan keuntungannya, kini saatnya membahas bagaimana sistem ERP bekerja. Sistem ERP merupakan sistem yang terintegrasi dan memiliki komponen yang saling berhubungan satu sama lain.


Proses kerja dari sistem ERP melibatkan beberapa tahap, mulai dari input data, proses data, dan output data. Proses ini terjadi secara berkesinambungan dan berkala, sehingga membuat sistem ERP mampu memberikan informasi bisnis secara real-time.


Dapatkan beragam keuntungan dari penerapan Sistem ERP dengan keamanan yang baik serta kemudahan untuk integrasi sesuai kebutuhan bisnis anda melalui tim ahli Prieds.

Proses Implementasi Sistem ERP


Untuk mengimplementasikan sistem ERP, perusahaan harus melalui beberapa tahapan, mulai dari penentuan tujuan dan kebutuhan, analisis bisnis, pemilihan vendor, hingga implementasi dan pengujian sistem. Proses implementasi sistem ERP juga melibatkan berbagai pihak dalam perusahaan, termasuk manajemen senior, departemen IT, dan staf operasional.


Berikut, merupakan contoh langkah-langkah Implementasi Sistem ERP yang bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk perusahaan Anda:


Penentuan Tujuan dan Kebutuhan

Ini adalah langkah pertama dalam implementasi sistem ERP. Perusahaan harus menentukan apa yang ingin dicapai dengan menggunakan sistem ERP dan bagaimana sistem ini dapat memenuhi kebutuhan bisnis mereka.


Analisis Bisnis

Setelah tujuan dan kebutuhan ditentukan, perusahaan harus melakukan analisis bisnis untuk memahami bagaimana sistem ERP dapat membantu mereka mencapai tujuan bisnis mereka.


Pemilihan Vendor

Setelah analisis bisnis selesai, perusahaan harus memilih vendor sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang Anda inginkan.


Implementasi dan Pengujian

Setelah vendor dipilih, perusahaan harus melakukan implementasi sistem ERP dan melakukan pengujian untuk memastikan bahwa sistem bekerja dengan baik.


Setelah membahas mengenai tujuan penggunaan sistem ERP, keuntungan yang dapat diambil, bagaimana sistem ERP bekerja, dan bagaimana proses implementasi yang tepat, kita bisa menyimpulkan bahwa sistem ERP merupakan bagian penting dari strategi bisnis yang harus dipertimbangkan oleh setiap perusahaan.


Tujuan penggunaan sistem ERP sangat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan efisiensi bisnis, menyediakan informasi bisnis secara real-time, menjadi sumber informasi terintegrasi, dan mempermudah proses pengambilan keputusan. Sistem ERP dapat meningkatkan visibilitas bisnis dan membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik dan tepat.


Implementasi sistem ERP yang tepat akan membantu perusahaan menuju kesuksesan. Proses implementasi sistem ERP memerlukan perencanaan yang matang, dan harus dilakukan oleh tenaga profesional yang memahami sistem ERP dan bisnis perusahaan.


Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem ERP merupakan bagian penting dari strategi bisnis perusahaan, yang akan membantu perusahaan dalam mencapai kesuksesan. Arahkan perusahaan Anda menuju kesuksesan dengan implementasi sistem ERP yang tepat.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan ERP. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait manfaat dan proses implementasi sistem ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan Sistem ERP Prieds yang tepat pada bisnis Anda.


2.211 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page