top of page

Kenali Metode Economic Order Quantity (EOQ) agar Inventory Management Optimal

Diperbarui: 9 Des 2023

Inventory management dalam perusahaan tentu menggunakan biaya yang tidak sedikit. Agar penggunaan biaya menjadi lebih optimal, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melihat Economic Order Quantity atau EOQ.


Melakukan analisis EOQ berperan penting dalam manajemen inventory suatu perusahaan. Dengan adanya EOQ, perusahaan dapat memiliki gambaran besar pada penggunaan biaya untuk keperluan pengadaan, pemeliharan hingga penggunaan stok barang.


Pengertian Economic Order Quantity (EOQ)

Pengertian Economic Order Quantity (EOQ)

EOQ adalah perhitungan yang dilakukan untuk meminimalisir total biaya yang digunakan pada persediaan barang. Metode ini umumnya dibutuhkan pada bagian Operasi, Logistik, dan Supply Chain Management Perusahaan. Dengan menggunakan perhitungan EOQ, pemesanan stok barang dan inventory management dapat dilakukan dan diawasi secara real-time dan efisien.


Tujuan Penerapan Economic Order Quantity (EOQ) pada Perusahaan

Seperti yang telah disebutkan diatas, Economic Order Quantity berperan penting dalam proses inventory management. Berikut beberapa tujuan dari penerapan EOQ pada perusahan, agar pengelolaan biaya dapat berjalan dengan efisien :


  1. Mencegah kehabisan stok barang

  2. Meningkatkan efisiensi Bisnis seperti proses inventory management

  3. Menghindari pemborosan biaya operasional


Faktor Penting Saat Melakukan Perhitungan Economic Order Quantity (EOQ)

Faktor Penting dalam Economic Order Quantity (EOQ)

Penghitungan EOQ yang akurat dapat meningkatkan efektifitas bisnis Namun, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi .proses perhitungan EOQ, diantaranya yaitu :


Konsistensi Permintaan atau Pengadaan Stok Barang

Melakukan permintaan dan pengadaan secara konsisten akan memberikan data akurat bagi penghitungan EOQ. Tentu untuk dapat melakukan hal tersebut, perusahan perlu memiliki data pendukung seperti kebutuhan stok barang untuk proses produksi. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui stok barang yang diperlukan dan menekan pengadaan stok barang yang tidak diperlukan.


Inventory Management Sesuai Jumlah Pesanan

Staff gudang dan tim pembelian harus melakukan pengecekan saat menerima barang sesuai dengan frekuensi pemesanan yang dibuat. Selain itu, inventory management perlu disesuaikan dengan hitungan EOQ agar tercipta pengelolaan yang lebih efisien dan perusahaan tidak mengalami kehabisan stok.


Variasi nilai Stok Barang

Apabila perusahaan memiliki stok barang dengannilai yang berbeda, maka frekuensi pemesanan ulang tidak perlu disesuaikan berdasarkan penghitungan dari EOQ, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan.


Terapkan Economic Order Quantity dengan Aplikasi Inventory Management dari Prieds

Sudah banyak perusahaan yang telah menerapkan Aplikasi Inventory Management dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas terutama dalam pengelolaan biaya-biaya pada proses bisnis. Salah satu cara untuk dapat melakukan efisiensi biaya yaitu dengan menerapkan Economic Order Quantity pada Pengelolaan inventory. Dengan menggunakan metode EOQ, perusahaan hanya perlu melakukan kelola stok barang sesuai dengan permintaan yang masuk. Sehingga, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian atau pengadaan stok barang yang tidak diperlukan.


Sebagai startup penyedia Aplikasi Inventory Management yang menyediakan sistem pre-build dan kemampuan kustomisasi sesuai kebutuhan, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi pengelolaan inventory melalui integasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Aplikasi Inventory Management Prieds dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar pengelolaan dapat dilakukan dengan optimal.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi Inventory Management melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Inventory Management yang optimal dengan menerapkan Metode Economic Order Quantity pada perusahaan Anda.

146 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page