top of page

Kelola Berbagai Jenis Inventory dengan Aplikasi Warehouse Management

Inventory merupakan komponen penting dalam serangkaian proses warehouse management perusahaan. Seluruh jenis barang yang tersimpan dalam gudang yang digunakan pada proses produksi maupun distribusi, adalah bagian dari inventory.


Dengan mengetahui berbagai jenis inventory, perusahaan dapat menjalankan pengelolaan gudang secara optimal. Selain itu, manajemen inventory juga menjadi salah satu upaya dalam menjaga kualitas produk hingga sampai ke tangan konsumen. 


Pentingnya Inventory dalam Warehouse

Pentingnya Inventory dalam Warehouse

Stok penyimpanan memiliki peran yang sangat signifikan dalam keseluruhan operasi perusahaan. Bukan hanya sebatas barang yang tersimpan dalam gudang tetapi sebagai aset yang mempengaruhi ketersediaan produk, biaya operasional, kepuasan pelanggan dan profitabilitas perusahaan. Berikut beberapa peran penting Inventory Warehouse bagi perusahaan : 

  1. Memenuhi permintaan konsumen

Fungsi dasar dari inventory dalam warehouse yaitu untuk memenuhi permintaan konsumen. Maka dari itu, ketika perusahaan menerima pesanan, perusahaan perlu memastikan ketersediaan inventory. 


  1. Efisiensi waktu pemenuhan pesanan

Memiliki jumlah inventory yang tepat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi waktu pemenuhan pesanan. Karena, jika perusahaan kekurangan inventory maka perusahaan tidak dapat memenuhi pesanan, sebaliknya, jika terlalu banyak produk tersimpan, maka akan menimbulkan biaya penanganan gudang yang lebih besar.


  1. Pengelolaan Biaya

Peran penting dari inventory dalam warehouse berikutnya yaitu membantu pengelolaan biaya dalam operasional manajemen gudang. Inventory sangat erat kaitannya dengan biaya, seperti biaya penanganan, biaya pengiriman hingga resiko kelebihan stok barang yang dapat merugikan perusahaan.


Jenis-jenis Inventory pada Warehouse

Dalam manajemen gudang, perusahaan tentu menyimpan berbagai jenis inventory agar dapat memenuhi permintaan pasar. Setiap jenis inventory ini memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Berikut jenis-jenis inventory yang perlu diketahui :


Bahan Baku

Bahan baku merupakan jenis inventory yang penting dalam proses produksi barang. Untuk dapat mengelola bahan baku, perusahaan perlu memastikan ketersediaan jumlah dan kondisi terbaik, agar dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 


Bahan Setengah Jadi

Proses produksi tidak hanya menghasilkan barang jadi, tetapi juga bisa menghasilkan bahan setengah jadi yang kemudian disatukan untuk menghasilkan sebuah produk. Tentunya, dengan memperhatikan standar yang telah ditetapkan dan pengelolaan yang baik, perusahaan dapat mengawasi dan mengontrol kualitas dari jenis inventory ini.


Produk Jadi

Produk jadi merupakan jenis inventory yang telah melewati seluruh rangkaian proses produksi dan siap dipasarkan atau didistribusikan kepada konsumen. Penting bagi perusahaan untuk melakukan pengecekan setelah produk jadi tersimpan dalam gudang, maupun juga sebelum dikemas dan siap untuk dipasarkan, sehingga konsumen akan mendapat produk dengan kualitas terjaga dan merata.


Suku Cadang dan Aset Lain

Tentunya, agar perusahaan dapat melakukan proses produksi secara terus menerus, pemeliharaan aset penting untuk diperhatikan. Suku cadang maupun aset penunjang operasional warehouse merupakan salah satu jenis dari inventory. Dengan memastikan ketersediaan suku cadang dan aset penunjang, perusahaan dapat mengoptimalkan seluruh proses manajemen gudang dan menghasilkan produk terbaik.


Gunakan Aplikasi Warehouse Management Prieds untuk Kelola Berbagai Jenis Inventory

Proses manajemen gudang yang baik merupakan hal penting dalam meraih kesuksesan bisnis. Perusahaan perlu memahami berbagai jenis inventory yang tersimpan dalam gudang agar tidak menghambat proses pengelolaan. Untuk dapat mengelola berbagai jenis inventory dengan optimal, perusahaan dapat menerapkan teknologi seperti Aplikasi Warehouse Management untuk mengotomatisasi proses yang sebelumnya dilakukan secara manual.


Sebagai startup penyedia Aplikasi Warehouse Management yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi pengelolaan berbagai jenis inventory dalam gudang secara efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang dimiliki Aplikasi Warehouse Management Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk mengelola inventory dengan efektif sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait Aplikasi Warehouse Management melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page