Ini Fitur ERP Penting yang Harus Ada!

Fitur ERP

Tahukah Anda ada satu software yang bisa membantu manajemen bisnis? ERP jawabannya! Software Enterprise Resource Planning atau lebih dikenal dengan ERP dapat digunakan untuk mempermudah proses bisnis dengan mengintegrasikan dan mengotomatisasi fungsi-fungsi departemen atau unit bisnis. Awalnya sistem ini dirancang untuk industri manufaktur. Namun, seiring berjalannya waktu, ERP juga bisa diaplikasikan di berbagai bidang, seperti bidang e-commerce, otomotif, logistik, kesehatan, hingga FMCG. Dengan menggunakan ERP, bisnis Anda bisa meraih profit yang lebih tinggi, menjadi lebih produktif, dan lebih efisien.

ERP bisa dibilang paket lengkapnya software bisnis sehingga bisnis Anda dapat terintegrasi dengan lebih baik. ERP tidak hanya punya fitur Point of Sales (POS), tetapi juga fitur-fitur penting lainnya. Memahami fitur-fitur penting di ERP dapat membantu Anda untuk memahami bagaimana ERP dapat memainkan peranan vital di bisnis Anda. Apa saja fitur-fitur penting itu? Simak ulasan berikut!

1. Fitur Penjualan

Fitur pertama yang dimiliki ERP adalah fitur penjualan atau yang sering kita kenal dengan Point of Sales (POS). Salah satu manfaat penting ERP adalah akses data secara real-time. Bagian penjualan atau sales dapat mengakses informasi tentang pelanggan dan riwayat penjualan. Sedangkan bagian akuntansi atau keuangan dapat mengakses data penjualan terbaru agar mendapat wawasan mendetail tentang bisnis. Selain itu, fitur ini membantu menghitung dan merekap penjualan, menghitung stok secara otomatis, pencatatan penjualan produk terbaik, dan sistem loyalty untuk customer.

2. Fitur Pembelian

Dikenal juga dengan purchasing ini juga tak kalah penting. Fitur ini membantu membuat surat pembelian, mengontrol anggaran, dan melakukan monitoring pada permintaan barang. Sistem ERP juga memberikan data yang real-time sehingga Anda dapat melakukan analisis pembelian dengan lebih akurat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

3. Fitur ERP Inventory

Fitur ERP akan membantu mencatat stok barang keluar masuk karena penjualan, pembelian, retur, dan pemindahan barang secara akurat dan otomatis. Sistem ini dapat mempercepat proses inventaris, keluar masuk barang, dan pengepakan pesanan serta pengiriman. Pada saat yang bersamaan, Anda dapat mengakses insight data inventaris yang telah terintegrasi dengan sistem ERP sehingga mendapat gambaran yang utuh tentang ketersediaan stok dan arus keluar masuk barang. Terlebih lagi, fitur inventory juga dapat mengurangi tingkat kesalahan yang diakibatkan oleh manusia.

4. Fitur ERP Akuntansi

Fitur ini membantu melacak, menyimpan, dan menganalisis data-data keuangan. Sistem ini akan merekap setiap transaksi dan hutang piutang, menghasilkan jurnal keuangan secara otomatis, mengontrol aset dan arus kas, hingga membuat laporan keuangan. Seluruh data-data penting ini dapat dihasilkan oleh fitur akuntansi yang ada di ERP. Mengingat waktu adalah uang, fitur akuntansi akan membantu bagian keuangan menghasilkan laporan keuangan dengan lebih cepat dan mengurangi kesalahan manual. Fitur ini penting untuk menciptakan manajemen keuangan yang baik di bisnis Anda.

FItur ERP Prieds

Sistem ERP dari Prieds Technology

Semua fitur di atas bisa Anda dapatkan dengan menerapkan Sistem ERP dari Prieds Technology! Sistem ERP dari Prieds Technology terintegrasi dengan banyak modul sehingga tidak ada lagi pekerjaan manual yang harus dilakukan antar sistem. Sistem ERP Prieds juga terintegrasi dengan sistem lain untuk memastikan proses usaha Anda berjalan dengan lancar.

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik di sini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.

#ERP #AplikasiBisnis #Bisnis #Teknologi #SistemERP

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua