top of page

Implementasi & Manfaat Sistem RFID untuk bidang Manufaktur dan Logistik

Sistem RFID (Radio Frequency Identification) dapat diimplementasikan di berbagai industri perusahaan, seperti manufaktur dan logistik. Penerapan teknologi seperti sistem RFID memiliki berbagai manfaat bagi kedua industri tersebut.


Perusahaan manufaktur maupun logistik yang telah menerapkan perangkat RFID akan lebih efisien, cepat dan akurat dalam mengidentifikasi objek dalam jumlah besar pada waktu bersamaan dengan memanfaatkan gelombang radio. Kelebihan lain yang ditawarkan dari sistem RFID yaitu dapat diintegrasikan dengan berbagai software bisnis, seperti warehouse management system. 


Manfaat Sistem RFID untuk Manufaktur

Perusahaan manufaktur dapat memanfaatkan sistem RFID untuk dapat mengoptimalkan proses operasionalnya. Berikut beberapa manfaatnya :


Mengoptimalkan Supply Chain

Implementasi sistem RFID pada perusahaan manufaktur memberikan dampak besar bagi efisiensi rantai pasokan. Penerapan teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk dapat melacak dan mengelola inventory secara real-time. Perusahaan juga akan memiliki visibilitas lebih baik terhadap operasional bisnis serta menghindari kendala yang dapat merugikan perusahaan.


Pengelolaan Stok Barang lebih Akurat

Salah satu hambatan terbesar pada proses manajemen stok barang yaitu pengelolaan dan pencatatan data yang kurang akurat. Melalui penerapan sistem RFID, perusahaan manufaktur dapat mengelola seluruh inventory secara otomatis dan akurat. Hal ini sangat dibutuhkan mengingat perusahaan manufaktur memiliki beberapa jenis stok yang berbeda, seperti bahan baku, bahan setengah jadi hingga produk jadi, yang tersimpan dalam gudang. Sehingga proses pelacakan dan pengelolaan stok barang menjadi lebih akurat dan terhindar dari kesalahan yang bisa menimbulkan kerugian.


Proses Manufaktur yang Efektif

Agar perusahaan manufaktur dapat bersaing dalam pasar, operasional yang efektif menjadi hal yang sangat penting. Penerapan sistem RFID memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengelola aliran inventory dengan lebih efektif dan efisien. Dampak dari proses manufaktur yang efektif yaitu seperti mengoptimalkan jadwal produksi, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan proses pemenuhan permintaan. Sehingga perusahaan manufaktur menjadi lebih responsif terhadap perubahan pasar yang dinamis.


Integrasi dengan Software Bisnis

Sistem RFID dapat diintegrasikan dengan berbagai software bisnis yang digunakan oleh perusahaan manufaktur, seperti ERP maupun juga WMS. integrasi ini memungkinkan perusahaan untuk dapat mengumpulkan dan mengelola seluruh data operasional, sekaligus meningkatkan performa melalui monitoring dan evaluasi secara realtime. Selain itu, integrasi sistem dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik.


Implementasi Sistem RFID untuk Manufaktur

Implementasi Sistem RFID pada Manufaktur

Sistem RFID pada perusahaan manufaktur dapat digunakan pada seluruh proses operasionalnya. Beberapa tahap manufaktur yang dapat memanfaatkan implementasi RFID diantaranya seperti : 


  1. Tahap produksi, pada tahap ini, staf akan melakukan produksi barang dengan bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan. Agar penggunaan sumber daya dan proses produksi menjadi lebih efisien, sistem RFID dapat dipergunakan untuk mendata dan mengelola kebutuhan bahan baku sesuai dengan hasil produksi yang diinginkan. Setelah proses produksi selesai, kemudian produk jadi akan didata ulang dengan sistem RFID dan disimpan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Tujuannya agar mempermudah staf untuk mengelola dan menjaga kualitas seluruh inventory.

  2. Sebelum produk jadi dipasarkan, perusahaan manufaktur tentu akan melakukan proses kontrol kualitas. Pada tahap ini sistem RFID memiliki peran penting untuk merekam seluruh informasi terkait produk yang akan dilakukan quality control, mulai dari tanggal produksi, bahan baku yang digunakan, kondisi produk, lokasi penyimpanan dan jumlah stok yang tersedia.

  3. Produk yang telah lolos dari uji kualitas, akan diteruskan untuk proses pengemasan dan pemenuhan pesanan. Saat produk selesai dikemas staf akan melakukan pencatatan stok barang keluar dengan sistem RFID. dengan begitu jumlah stok akan otomatis berkurang, data pemenuhan pesanan akan terisi sesuai permintaan konsumen dan siap dikirimkan.


Manfaat Sistem RFID untuk Logistik

Mempermudah Tracking Stok Barang

Perusahaan logistik dapat memanfaatkan sistem RFID untuk melakukan proses tracking. Dengan perangkat ini, staf akan lebih mudah dalam mengelola stok barang sebelum proses pengiriman. Integrasi dengan software bisnis seperti WMS, perusahaan logistik dapat melacak seluruh stok barang secara akurat dan melakukan pengiriman secara tepat.


Efisiensi Ruang Penyimpanan

Salah satu keunggulan dari sistem RFID yaitu dapat membantu meningkatkan efisiensi ruang penyimpanan gudang logistik. Dengan sistem ini, penggunaan ruang penyimpanan dalam gudang dapat dimaksimalkan. Berdasarkan pencatatan data yang akurat, staf akan dapat mengolah stok barang untuk ditempatkan pada area yang tepat, sesuai dengan klasifikasi barang.


Optimalisasi Manajemen gudang dan Stok Opname

Proses manajemen gudang membutuhkan pengawasan dan pengelolaan secara realtime yang dapat diterapkan melalui sistem RFID. Melalui sistem ini, perusahaan logistik dapat memiliki visibilitas yang lebih baik, sehingga proses pengecekan bisa dilakukan secara realtime melalui sistem terpusat.


Integrasi dengan Software Bisnis

Sistem RFID dapat diintegrasikan dengan berbagai software bisnis yang digunakan oleh perusahaan logistik, seperti WMS maupun juga fleet management system. integrasi ini memungkinkan perusahaan untuk dapat mengumpulkan dan mengelola seluruh data operasional, sekaligus meningkatkan performa melalui monitoring dan evaluasi secara realtime. Selain itu, integrasi sistem dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik.


Implementasi Sistem RFID untuk Logistik

Implementasi RFID pada Perusahaan Logistik

RFID atau Radio Frequency Identification merupakan teknologi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio untuk mengidentifikasi sebuah objek melalui tag RFID yang disematkan pada objek tersebut. Penggunaan RFID memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan pada berbagai industri, seperti distributor, manufaktur, retail dan lainnya. Berikut beberapa manfaat dari penerapan  RFID :


  1. Optimalisasi Manajemen Stok, implementasi sistem RFID dapat membantu perusahaan logistik untuk meningkatkan kontrol terhadap seluruh aktivitas pergudangan secara akurat, efisien dan efektif. Sehingga, staf dapat mencari dan mengelola stok barang dengan lebih optimal.

  2. Penjadwalan Pengiriman 

Penggunaan RFID juga dapat membantu perusahaan logistik untuk melakukan penjadwalan pengiriman secara cepat dan tepat. Melalui integrasi dengan software bisnis lain, implementasi RFID membantu pihak logistik untuk mempersiapkan batch pengiriman sesuai dengan pesanan dan memastikan produk terkirim sesuai dengan pesanan konsumen.

  1. Peningkatan kualitas pelayanan

Perusahaan logistik yang telah melakukan implementasi sistem RFID dapat meningkatkan kualitas pelayanan melalui kecepatan proses pemenuhan permintaan dan transparansi informasi pengiriman produk untuk tracking secara realtime. Hal ini membuat konsumen mengetahui kapan pesanan akan tiba dan meningkatkan waktu pengiriman. 

  1. Peningkatan keamanan

Berbagai stok barang yang dikelola perusahaan logistik, tentu akan rentan terhadap kehilangan maupun kerusakan barang. Untuk itu, implementasi sistem RFID menjadi penting, karena dapat difungsikan sebagai sistem keamanan melalui pelacakan inventory secara realtime dan visibilitas menyeluruh terhadap operasional gudang.


Optimalkan Operasional Bisnis Manufaktur dan Logistik dengan Penerapan Sistem RFID

Teknologi RFID memiliki banyak manfaat bagi peningkatan performa perusahaan manufaktur dan juga logistik. Melalui perangkat ini, perusahaan dapat mengotomatisasi seluruh proses manajemen gudang, sehingga  perusahaan dapat memiliki visibilitas menyeluruh pada proses operasionalnya.


Peningkatan akurasi dan efisiensi pada proses pengelolaan gudang tentu memiliki banyak dampak positif bagi perusahaan. Melalui penerapan sistem RFID, perusahaan tidak hanya memiliki visibilitas yang baik, tetapi juga dapat meningkatkan pelayanan bagi konsumen melalui informasi yang selalu terupdate secara realtime.


Agar sistem RFID yang diterapkan memiliki manfaat dan fungsi yang maksimal, perusahaan juga dapat mengintegrasikan teknologi ini dengan berbagai software bisnis, salah satunya seperti WMS. fungsi dari software yang terhubung dengan RFID yaitu sebagai pusat pengelolaan dan penyimpanan data secara terpusat.


Sebagai startup penyedia WMS dan Sistem RFID yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi pengelolaan gudang bisnis Manufaktur dan Logistik agar dapat berjalan dengan efektif melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Prieds WMS dan Prieds DERAS RFID dapat membantu perusahaan untuk mengelola seluruh inventory dalam gudang dan melakukan manajemen stok secara akurat dan efisien melalui satu sistem.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan RFID dan integrasi pada WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS dan RFID Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

93 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page