top of page

HRIS : Pengertian dan Peran Penting dalam Optimalkan Perusahaan

Teknologi untuk meningkatkan produktivitas operasional bisnis semakin beragam, salah satunya adalah HRIS. Sistem ini umumnya dikenal sebagai alat yang dapat menunjang kinerja divisi human resources (HR).


Dilengkapi dengan berbagai fitur, HRIS memiliki banyak kegunaan bagi seluruh karyawan yang tergabung di suatu perusahaan. Tentunya, dengan menerapkan HRIS, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja para staff sehingga bisnis dapat berjalan dengan lebih efisien dan efektif.


Apa itu HRIS?

HRIS merupakan singkatan dari human resource information system, merupakan platform untuk menginput semua data yang berhubungan dengan pekerjaan HR. teknologi ini ini mampu menyimpan data serta memberi fasilitas pelacakan serta analisis data-data para karyawan.


Melalui sistem HRIS, perusahaan tidak perlu lagi melakukan input dan pengolahan data secara manual. Informasi yang dimasukkan ke dalam sistem HRIS ini otomatis dijaga keamanannya di cloud dan dapat diberikan akses kepada staff dan divisi sesuai dengan kebutuhan dan level tanggungjawab.


Penggunaan sistem HRIS dapat meningkatkan fungsi bisnis dan membuat biaya operasi lebih rendah. Dan tentunya, sistem ini dapat meningkatkan kinerja karyawan agar lebih efisien dan efektif.


Peran Penting HRIS dalam Mengoptimalkan Perusahaan

Peran Penting HRIS dalam Mengoptimalkan Perusahaan

Absensi Staff Perusahaan

Untuk perusahaan yang masih menggunakan absensi manual, tentu saja pencatatannya harus dilakukan setiap hari. Penggunaan mesin absensi tetap harus dipantau untuk menghasilkan data rekapitulasi absen yang akurat.


Aktivitas memonitor absensi karyawan setiap hari sangatlah menyita waktu apalagi bagi perusahaan yang menerapkan tunjangan karyawan dan denda bagi karyawan yang terlambat.


Dengan adanya fitur absensi mobile online di program HRIS system, kini kegiatan absensi beserta rekapitulasinya menjadi lebih mudah dan aktual.


Data yang dihasilkan lebih akurat sehingga divisi HR tinggal menarik data di akhir periode. Lalu perlu Anda ketahui juga, Talenta memiliki fitur absensi online berbasis android dan website yang akurat untuk kelola daftar absen karyawan Anda.


Penggajian

Berdasarkan aturan Undang Undang Ketenagakerjaan, perusahaan wajib mengeluarkan slip gaji bagi masing-masing karyawannya. Sementara nominal dari gaji bersih yang diterima oleh karyawan meliputi gaji pokok, tunjangan, hingga potongan pajak dan iuran bulanan.


Jika hal ini dilakukan secara manual, maka risiko terjadinya kesalahan atau human error pasti sangat tinggi. Kesalahan yang terjadi pada saat menghitung nominal gaji, pengaruhnya sangat besar karena menyangkut hak yang diterima oleh karyawan.


Untuk menghindari resiko kesalahan, aplikasi HRIS dapat membantu perusahaan untuk menghitung gaji karyawan secara online. Segala tunjangan dan potongan dapat diterapkan sehingga pekerjaan yang berkaitan dengan sistem penggajian pegawai akan lebih ringan dan cepat selesai.


Rekrutmen Karyawan

Rekrutmen karyawan tidak bisa sembarangan dilakukan karena hal ini menyangkut sumber daya manusia yang akan menjadi aset berharga perusahaan. Beberapa perusahaan memang lebih menerima dokumen lamaran berupa soft file dan menyimpannya secara digital di komputer dan human capital information system. Selanjutnya divisi HR akan mereview dan mengelompokkan lamaran berdasarkan jenis pekerjaan dan memastikan datanya lengkap.


Perbedaan Antara HRIS dengan ERP System

Saat memilih software guna meningkatkan kinerja HR, perusahaan umumnya dihadapkan dengan dua software, yaitu HRIS dan ERP. Kedua software tersebut tidaklah sama, namun dapat digunakan sebagai solusi bagi pengelolaan HR perusahaan. Maka dari itu, perusahaan perlu mengetahui perbedaan antara kedua software tersebut dan menentukan sistem terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.


ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan sebuah software yang memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh divisi dalam bisnis, termasuk sales, accounting, HR, stok barang dan beragam operasional lainnya. Sehingga, dengan menggunakan ERP seluruh proses fundamental dalam bisnis dapat dikelola pada sistem terpusat, dan data dapat diakses oleh berbagai staff sesuai dengan level tanggungjawabnya. Sistem ini memiliki kelebihan dalam memberikan perusahaan fleksibilitas untuk mengatur konfigurasi sistem sesuai dengan kebutuhan bisnis.


Sedangkan HRIS atau Human Resource Information System, merupakan sebuah software yang dapat mengelola seluruh aktivitas operasional HR melalui satu sistem terpusat. Teknologi ini mempermudah pengelolaan data, melacak serta optimalisasi hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan HR. Perbedaan yang nampak antara HRIS dengan ERP adalah ERP diciptakan dengan tujuan untuk menyatukan seluruh pengelolaan operasional bisnis, sedangkan HRIS berfokus pada solusi manajemen sumber daya manusia secara menyeluruh.


Optimalkan Manajemen Perusahaan dengan Solusi Software dari Prieds

Mengelola operasional divisi HR tentu membutuhkan manajemen data yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan software seperti HRIS ataupun juga ERP yang memiliki berbagai modul untuk mengoptimalkan setiap divisi dalam sebuah perusahaan. Kedua sistem ini menawarkan otomatisasi, sehingga setiap data dapat dikumpulkan, dikelola dan disebarkan secara akurat dan tepat sasaran.


Sebagai startup penyedia Software ERP yang dapat dikustomisasi dan diintegrasikan sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi bagi peningkatan performa bisnis. Beragam fitur dan modul dari yang ditawarkan pada Sistem ERP Prieds dapat membantu perusahaan untuk melakukan mengelola seluruh operasional perusahaan secara efektif dan efisien. Dilengkapi dengan manajemen data yang terpusat, aktivitas bisnis seperti penjualan inventory, finansial hingga manajemen HR dapat dilakukan melalui sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan sistem ERP pada perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem ERP dengan fitur dan modul lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


89 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page