top of page

Hitung Days in Inventory secara Akurat dengan Aplikasi Manajemen Gudang

Manajemen gudang yang efektif merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan perusahaan. Salah satu tolak ukur penting yang perlu diperhatikan dalam manajemen gudang adalah Days in Inventory (DII). DII yang akurat memungkinkan perusahaan untuk mengelola inventory dengan lebih efisien, mengurangi biaya penyimpanan, dan meningkatkan cash flow.


Untuk dapat menghitung days in inventory secara akurat, perusahaan dapat menerapkan teknologi seperti aplikasi manajemen gudang. Sistem ini dapat memantau dan mendata seluruh operasional gudang secara realtime. Sehingga, data yang dibutuhkan untuk melakukan analisis performa menjadi lebih tepat dan akurat.


Pengertian Days in Inventory (DII)

Days In Inventory (DII) merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur jangka waktu sebuah produk menetap di dalam gudang sebelum dijual atau dikirimkan. Menghitung DII memberikan perusahaan kemudahan dalam mengukur efisiensi manajemen persediaan. 


Semakin rendah angka DII, maka semakin cepat produk terjual, dan perusahaan dapat menghasilkan pendapatan baru. Namun, angka DII yang terlalu rendah juga dapat mengindikasikan adanya risiko kekurangan stok, yang dapat menyebabkan kehilangan penjualan.


Cara menghitung Days in Inventory

Cara menghitung Days in Inventory

Penggunaan rumus berikut dapat diterapkan agar perusahaan dapat mengetahui angka Days in Inventory:

Days in Inventory = (Rata-Rata Persediaan / Harga Pokok Penjualan) x Masa Waktu Penjualan

Untuk dapat mengetahui nilai DII, perusahaan membutuhkan tiga data penting, yaitu rata-rata persediaan, harga pokok penjualan, dan masa waktu penjualan. Rata-rata persediaan merupakan jumlah rata-rata yang dimiliki perusahaan pada persediaan di gudang dalam periode waktu tertentu.


Lalu, harga pokok penjualan dipahami sebagai biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk yang akan dijual. Sedangkan masa waktu penjualan, merupakan waktu yang menjadi acuan penjualan dalam satu periode yang telah ditetapkan perusahaan. Umumnya periode yang digunakan untuk menghitung DII yaitu 1 tahun.


Manfaat Menghitung Days in Inventory bagi Perusahaan

Melakukan perhitungan indikator DII memberikan perusahaan visibilitas yang lebih baik terhadap perputaran stok barang yang dimiliki perusahaan. Selain itu, berikut beberapa manfaat dari DII bagi perusahaan:

  1. Memiliki informasi akurat mengenai waktu yang dibutuhkan untuk menjual persediaan

  2. Mengetahui strategi penjualan yang tepat untuk menghabiskan persediaan yang ada

  3. Melakukan penjadwalan pengadaan bahan baku dengan tepat

  4. Pengelolaan gudang yang jauh lebih optimal

  5. Melakukan perencanaan produksi dengan lebih akurat tanpa ada kendala dari ketersediaan stok bahan baku

  6. Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menjamin ketersediaan produk


Hitung Days in Inventory secara Akurat dengan Aplikasi Manajemen Gudang Prieds

Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan Aplikasi Manajemen Gudang, Prieds menawarkan sistem yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, dan hadir sebagai solusi mengelola stok barang dan menghitung days in inventory yang lebih efisien dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur yang ditawarkan oleh Aplikasi Manajemen Gudang Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok, melakukan monitoring operasional gudang serta menghitung indikator kesuksesan manajemen stok, seperti Days in Inventory dengan lebih efisien, efektif dan akurat.


perusahaan dapat mempelajari lebih lanjut terkait Aplikasi Manajemen Gudang melalui konsultasi dengan tim ahli secara gratis. Dapatkan Aplikasi Manajemen Gudang yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds.


15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page