top of page

Hasil Pencatatan Stok Barang Akurat dengan Perpetual Inventory System

Diperbarui: 8 Jan

Pengelolaan stok barang tentu tidak terlepas dari proses pencatatan stok, baik stok barang masuk, maupun stok barang keluar. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mengetahui jumlah stok barang yang tersedia dalam gudang.


Pencatatan stok barang yang akurat akan mempermudah seluruh proses manajemen stok barang. Selain itu, hasil data stok barang yang akurat membantu perusahaan untuk dapat mengambil langkah dalam mengembangkan bisnisnya.


Tujuan Penerapan Sistem Pencatatan Stok Barang

Penerapan sistem pencatatan dapat dilakukan untuk membantu perusahaan melakukan pencatatan stok barang berkala. Selain memiliki data jumlah stok barang yang terupdate, berikut beberapa tujuan perusahaan melakukan pencatatan stok barang :

  1. Mengetahui jumlah ketersediaan stok barang

  2. Mempermudah pemantauan rotasi barang yang keluar dan masuk

  3. Meminimalisir stok barang hilang

  4. Mengetahui perkiraan keuntungan perusahaan


Beberapa Metode Pencatatan Stok Barang

Metode Pencatatan Stok Barang

Mendapatkan hasil jumlah stok barang yang akurat merupakan hal yang perlu diupayakan saat melakukan pengelolaan gudang. Terdapat dua metode yang umum digunakan untuk melakukan pencatatan stok barang, yaitu periodik dan perpetual. Berikut penjelasannya :


Metode Periodik

Metode yang juga atau dikenal juga dengan sebutan metode fisik adalah cara pencatatan terpisah terhadap transaksi jual beli stok barang. Metode pencatatan periodik dilakukan dengan cara membuat akun pembelian menjadi debet dan akun kas menjadi kredit.


Perusahaan yang melakukan pencatatan dengan metode periodik adalah perusahaan yang menjual barang berjumlah banyak dengan frekuensi transaksi stok barang yang tinggi. Namun, nilai stok barang pada transaksi tersebut kecil namun stabil.


Proses pemeriksaan fisik juga dilakukan saat melakukan stock opname. Pengecekan ini berdampak pada pembaruan jumlah persediaan stok barang dalam gudang.


Metode Perpetual

Metode ini dikenal dengan istilah lain yaitu metode pencatatan terus menerus. Sesuai dengan sebutannya, proses pencatatan transaksi ke dalam sistem dilakukan secara langsung. Setiap perubahan jumlah stok barang akan langsung tercatat dalam data persediaan stok barang.


Secara umum, semua barang dapat dipantau arus stok barang menggunakan metode perpetual. Hal ini dikarenakan frekuensi pencatatan dengan metode perpetual berbanding lurus dengan frekuensi keluar masuk barang.


Fungsi Perpetual Inventory System dalam Bisnis

Metode Perpetual Inventory System saat Pencatatan Stok Barang

Seperti yang telah dijelaskan diatas, metode perpetual inventory memiliki fungsi agar perusahaan dapat memantau arus perpindahan stok barang secara langsung dengan data yang selalu terbarui. Terdapat beberapa fungsi lain dari perpetual inventory system, diantaranya :


Pemantauan Stok Barang Real Time

Setiap perubahan jumlah stok barang yang terjadi akan dicatat secara langsung, jika menggunakan metode perpetual inventory system. Sehingga, dengan menerapkan sistem ini perusahaan tidak memerlukan tambahan alokasi waktu dan tenaga untuk melakukan pengecekan stok barang secara fisik, karena sudah dilakukan secara real-time ketika terjadi perubahan jumlah.


Akurasi

Perpetual inventory system merupakan metode yang menerapkan sistem komputerisasi untuk setiap perubahan yang terjadi pada ketersediaan stok barang. Penggunaan teknologi dalam proses pencatatan memungkinkan perusahaan untuk meminimalisir kesalahan penghitungan akibat human error, dan data lebih akurat dan detail.


Identifikasi Kesalahan

Penerapan sistem teknologi pada metode perpetual inventory system mempermudah perusahaan untuk mengidentifikasi kesalahan atau kendala pada inventaris. Sistem ini memungkinkanperusahaan untuk mendeteksi jumlah barang yang tersedia hingga melacak stok barang yang hilang.


Transaksi Individu

Seperti yang telah disebutkan diatas, metode perpetual inventory atau terus menerus, menandakan proses pencatatan yang dilakukan per item stok barang Dengan begitu, stok barang yang akan tercatat secara detail karena metode dapat menyimpan seluruh transaksi individu.


Gunakan Metode Perpetual Inventory System pada Sistem Pencatatan Stok Barang Prieds

Dengan kemajuan teknologi seperti Sistem Pencatatan Stok Barang, Perusahaan dapat lebih mudah, cepat dan akurat untuk melakukan pendataan stok barang dalam gudang. Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan data akurat secara real-time melalui metode pencatatan perpetual inventory system.


Sebagai startup penyedia Sistem Pencatatan Stok Barang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen supply chain melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam fitur dari Aplikasi Pencatatan Stok Barang Prieds dapat membantu proses stock opname secara efisien, efektif dan akurat melalui metode perpetual inventory system.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi pencatatan stok barang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan menerapkan metode perpetual inventory system saat melakukan pencatatan stok barang dan dapatkan beragam keuntungan dengan menerapkan Sistem pencatatan stok barang pada bisnis Anda.

68 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page