top of page

Fungsi WMS pada Perusahaan untuk Manajemen Stok yang Efisien

Performa operasional gudang yang optimal dapat diraih melalui manajemen stok barang yang efisien. Untuk dapat meraih efisiensi dalam pengelolaan gudang, saat ini penerapan WMS pada perusahaan sudah umum dilakukan. Hal ini dikarenakan kemampuan sistem untuk dapat mengotomatisasi proses manajemen yang sebelumnya masih dilakukan secara manual.


Penerapan WMS juga telah membantu perusahaan untuk dapat mengembangkan bisnis. Visibilitas terhadap seluruh operasional gudang ditambah dengan pengelolaan data dan informasi secara terpusat dan akurat membuat perusahaan dapat menyusun strategi pengembangan bisnis dengan tepat. Selain itu, kemampuan dalam manajemen stok akan menjadi efisien sehingga perusahaan bisa meningkatkan kemampuan untuk memenuhi permintaan pasar.


Peran WMS dalam Meningkatkan Efisiensi Manajemen Stok Perusahaan

fungsi wms bagi manajemen stok yang efisien

Penerapan WMS pada perusahaan memiliki berbagai keuntungan, salah satunya yaitu untuk meningkatkan efisiensi manajemen stok. Dilengkapi dengan fitur dan kemampuan berlimpah, sistem WMS dapat berfungsi sebagai pusat pengelolaan dan monitoring dari seluruh aktivitas gudang. Selain itu, terdapat beberapa fungsi lain dari WMS bagi manajemen stok, diantaranya :


Pengelolaan Stok Barang yang Terpusat

Salah satu fungsi utama dari WMS yaitu kemampuan untuk mengelola stok barang secara terpusat. WMS memberikan visibilitas secara menyeluruh dan realtime terhadap stok barang, mulai dari lokasi penyimpanan, jumlah, kondisi dan status dari stok. Sistem pengelolaan terpusat meminimalisir resiko terjadinya out of stock, kelebihan stok barang, dan selisih jumlah stok, sehingga perusahaan dapat menjaga jumlah stok barang secara optimal.


Otomatisasi Pencatatan Stok

Proses pencatatan manual rentan terhadap kehilangan stok maupun selisih jumlah yang dapat merugikan perusahaan. Sistem WMS dapat dihubungkan dengan perangkat teknologi seperti RFID untuk mengotomatisasi pencatatan stok barang. Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan pergerakan stok barang secara akurat dan efisien. Otomatisasi ini tidak hanya mengurangi terjadinya kesalahan, tetapi juga meningkatkan efisiensi manajemen stok barang dalam gudang.


Proses Pemenuhan Permintaan 

Perusahaan dapat merampingkan seluruh proses pemenuhan pesanan melalui penerapan WMS. Seluruh tahap manajemen stok, mulai dari penerimaan order, packing hingga pengiriman dapat diotomatisasi. Dengan begitu, pergerakan stok barang akan menjadi lebih efisien dan perusahaan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui pemenuhan permintaan yang cepat dan tepat.


Audit dan Cycle Count Stok Barang

WMS mempermudah perusahaan untuk melakukan audit dan cycle count berkala pada stok barang untuk memastikan tingkat jumlah inventory secara akurat. Proses tersebut dapat dijalankan secara otomatis dengan bantuan WMS, sehingga perusahaan dapat melakukan audit secara berkala agar tidak terjadi selisih jumlah maupun kendala lain yang dapat mengganggu operasional gudang.


Integration with Other Systems

Perusahaan tidak hanya dapat menggunakan WMS sebagai sistem tunggal, tetapi juga dapat diintegrasikan dengan software perusahaan lain, seperti Enterprise Resource Planning (ERP). kemampuan WMS untuk diintegrasikan dengan sistem lain memastikan arus informasi antar departemen dapat terhubung, dan meningkatkan kolaborasi antar unit bisnis untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. 


Tingkatkan Efisiensi Manajemen Stok Perusahaan dengan WMS Prieds

Agar perusahaan dapat memenuhi seluruh permintaan konsumen, dibutuhkan manajemen stok yang efisien. Untuk meraih hal tersebut, implementasi teknologi seperti WMS umum diterapkan pada perusahaan. Dengan sistem ini, visibilitas dan kontrol terhadap proses pengelolaan stok barang akan meningkat dan perusahaan juga dapat menyusun strategi bisnis berdasarkan data akurat sesuai dengan kebutuhan bisnis.


Sebagai startup penyedia Warehouse Management System (WMS) yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi pengelolaan stok barang yang efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk mengelola gudang, yang juga berdampak pada pertumbuhan bisnis..


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait pengelolaan stok yang efisien dengan WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

24 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page