top of page

Fungsi Penerapan ERP bagi Solusi Permasalahan Produksi Perusahaan

Diperbarui: 11 Nov

Proses produksi dalam perusahaan memiliki beberapa rangkaian proses yang perlu dikelola dengan optimal. Umumnya, proses produksi dipahami sebagai pengolahan bahan baku menjadi produk yang siap dipasarkan kepada konsumen. Saat menjalankan proses produksi, perusahaan tentu dihadapkan dengan beberapa permasalahan yang muncul, terlebih jika seluruh proses masih dilakukan dengan cara manual.


Untuk dapat menghindari permasalahan produksi, saat ini banyak perusahaan telah mengadopsi teknologi seperti ERP. Sistem ERP merupakan sebuah sistem yang diperuntukkan bagi perusahaan agar dapat mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis dengan mudah. Seluruh elemen dalam perusahaan, seperti produksi, pengadaan, pengelolaan gudang hingga finansial dapat dikelola melalui satu sistem terpusat.


Permasalahan Produksi dalam Perusahaan

Dalam menjalankan proses produksi, perusahaan dihadapkan oleh beragam tantangan maupun permasalahan. Jika tidak segera ditangani, permasalahan ini akan menjadi salah satu faktor yang dapat membuat operasional perusahaan menjadi terhambat. Berikut beberapa permasalahan produksi yang umum ditemukan pada perusahaan :

  1. Kesulitan dalam memprediksi permintaan produk, umumnya permasalahan ini muncul akibat data laporan yang kurang akurat maupun tidak lengkap.

  2. Kendala saat melakukan pengelolaan persediaan, permasalahan terkait persediaan stok barang sering terjadi apabila proses pencatatan dan pengelolaan dilakukan secara manual.

  3. Proses operasional yang kurang efisien, penggunaan biaya yang tidak efektif serta proses produksi yang rumit membuat perusahaan dapat mengalami kerugian.

  4. Kekurangan tenaga kerja yang ahli, kurangnya pelatihan dan tidak adaptif dengan teknologi akan merugikan perusahaan karena tenaga kerja menjadi kurang kompeten.

  5. Perusahaan belum menerapkan teknologi dalam bisnis, proses bisnis yang masih dilakukan secara manual akan menghambat efisiensi serta dapat memicu


Fungsi Penerapan ERP

Fungsi Penerapan ERP

Agar proses dalam produksi perusahaan terhindar dari permasalahan diatas, salah satu solusi yang dapat diterapkan yaitu melalui penggunaan sistem ERP. Sistem ini menawarkan solusi menyeluruh dalam mengelola operasional perusahaan, salah satunya yaitu produksi. Berikut penjelasan fungsi dari penerapan Sistem ERP bagi proses produksi perusahaan :


1. Fungsi Perencanaan

Sistem ERP dirancang untuk mempermudah perusahaan dalam melaksanakan perencanaan bisnis, seperti perencanaan produksi yang matang. Perencanaan ini dapat berupa strategi untuk memprediksi permintaan produk, agar pengelolaan persediaan stok dan proses operasional dapat berjalan dengan efektif dan efisien.


2. Fungsi Otomatisasi

Salah satu fungsi dari sistem ERP yaitu untuk meningkatkan akurasi data serta terhindar dari kehilangan atau kesalahan data. Otomatisasi dalam proses produksi misalnya, menjalankan proses ini, perusahaan dapat menjaga kualitas stok barang, mengetahui kebutuhan dan ketersediaan bahan baku, hingga menekan biaya operasional.


3. Fungsi Integrasi

Sistem ERP dapat meningkatkan performa perusahaan secara menyeluruh berkat kemampuan dalam mengintegrasikan berbagai divisi dalam perusahaan. Melalui akses informasi yang transparan dan pembaharuan data secara real-time, seluruh divisi dalam perusahaan dapat menjalankan tugasnya secara optimal tanpa saling menunggu data ataupun kesalahan pencatatan.


4. Fungsi Monitoring

Salah satu faktor agar perusahaan dapat mengoptimalkan bisnisnya, yaitu melalui kemampuan monitoring secara menyeluruh. Dengan sistem ERP, perusahaan dapat memantau kinerja dan juga melakukan evaluasi kinerja berdasarkan analisis data yang terkumpul pada sistem.


Terapkan ERP Prieds dan Atasi Masalah Produksi pada Perusahaan

Perusahaan tentu memiliki proses operasional yang kompleks untuk dapat menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Berbagai aktivitas mulai produksi, mengelola inventory, melacak pesanan dan memastikan kesesuaian dan ketepatan waktu saat memenuhi pesanan dapat dipantau dan dikelola melalui satu sistem terpusat.


Sebagai startup penyedia Sistem ERP yang dapat dikustomisasi dan diintegrasikan sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi proses produksi pada perusahaan. Beragam fitur dan modul dari yang ditawarkan pada ERP Prieds dapat membantu mengoptimalkan proses produksi perusahaan secara efektif dan efisien, dan menghindari terjadinya permasalahan operasional.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi permasalahan produksi dengan penerapan sistem ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem ERP dengan fitur dan modul lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


8 tampilan0 komentar
bottom of page