• Gabriel C Sudibyo

ERP Prieds di Mata ASEAN - Korea dan Google for Startup

Diperbarui: 2 Mar

Prieds berdiri sekitar dua tahun lalu dan berkonsentrasi mengembangkan sistem ERP dan IoT yang berbasis di Indonesia dan untuk bisnis Indonesia. Prieds yang terus bertumbuh dan meluaskan model bisnisnya melihat ASEAN-Korea Startup sebagai kesempatan yang luar biasa untuk lebih luas mempromosikan produk Prieds. Prieds terpilih untuk mendapatkan kesempatan langka ini dan dengan bangga Prieds maju menjadi wakil Indonesia untuk event global: ‘2021 ASEAN-Korea Startup’ kali ini.


ASEAN-Korea Startup Week

2021 ASEAN-Korea Startup’ merupakan event tahunan dari ASEAN-Korean Centre bersama Gyeonggi Center for Creative Economy & Innovation (Pusat Gyeonggi Ekonomi Kreatif dan Inovasi). Event ini merupakan event ke-4 dan diselenggarakan pada tanggal 29 November - 1 Desember 2021.


Tujuan dari event ini adalah menyediakan wadah bagi startup yang menjanjikan dari ASEAN untuk memperkenalkan ide dan inovasi serta bertemu dengan kandidat partner bisnis. Event ini juga memungkinkan networking antara startup ASEAN dan Korea dengan investor and partner bisnis dari Korea Selatan. Karenanya, ajang ini diselenggarakan dengan dukungan dari Korean Ministry of SMEs and Startups (Kementerian Bisnis Kecil ke Menengah dan Startup). Partisipasi dari negara-negara ASEAN diwarnai oleh startup yang bergerak di bidang keuangan, e-commerce, AI, distribusi, pariwisata, dan agrikultur. Dengan partisipasi di event ini, Prieds menunjukkan kemampuan brand bersaing dan muncul di level ASEAN.


“Startup memiliki kesempatan untuk menampilkan idenya pada investor Korea dan global selama dua minggu hingga waktunya kontes pitching,” pernyataan sekretariat ASEAN pada pers di hari Kamis 25 November 2021 (sumber: medcom.id).


ERP Prieds

Prieds sejak awal berfokus untuk menciptakan software ERP dari Indonesia untuk Indonesia, dimana Prieds Lite ditujukan pada UMKM dan Prieds Premium ditujukan pada usaha yang membutuhkan customized features. Pada ajang ASEAN-Korea Startup week, kami kembali menampilkan ERP dan IoT buatan asli Indonesia ini. Prieds Lite yang ditujukan untuk UMKM ini mengunggulkan fitur “plug and play” dimana klien tidak lagi perlu memusingkan fitur apa saja yang mereka inginkan, namun Prieds sajikan fitur yang terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan produksi hingga distribusi usaha kecil hingga menengah. Dengan tampilan UI yang mudah dimengerti, disertai dengan pelatihan dari Prieds, banyak klien yang menyatakan kemudahan beradaptasi menggunakan Prieds Lite ini. Di samping itu, Prieds Premium menonjolkan fitur yang lebih terkhususkan disesuaikan dengan keinginan klien secara spesifik. Dengan sistem yang customized mengikuti keinginan customer, Prieds Premium mampu beradaptasi digunakan di berbagai sektor bisnis.


Google Startup & Prieds di Top 20

Di bawah ini adalah video promosi yang Prieds kirimkan sebagai bentuk partisipasi tahap awal. Video ini berisikan presentasi ide bisnis dan produk/jasa dan kemudian direview oleh pihak ASEAN-Korea Startup Week untuk diseleksi. Berikut adalah video yang Prieds kirimkan untuk kompetisi:




Pihak ASEAN-Korea Startup Week kemudian merespon dengan sesi tanya jawab online oleh juri yang terdiri dari Venture Capital dan Accelerator. Pada prosesnya, Prieds berhasil masuk ke 20 besar!


Tidak hanya pada level ASEAN saja, Prieds juga terpillih menjadi 1 dari 3 perwakilan Indonesia untuk hadir di Google for Startups Women Founder Academy. Google for Startup Women Founder Academy ini berbeda dengan ASEAN-Korean Startup Week karena lebih ditujukan untuk melatih kepemimpinan, memperkuat hubungan dengan tim dan mengatasi masalah yang secara khusus berada di dalam dunia bisnis startup. Vanessa Geraldine, Co-founder & Chief Commercial Officer Prieds, menyatakan bagaimana Prieds sendiri dibangun dengan visi membantu UKM Indonesia untuk bertumbuh lewat transformasi digital yakni dengan solusi Enterprise Resource Planning dan IoT (Internet of Things).


Menjadi 20 besar di ASEAN-Startup Week dan menjadi wakil Indonesia di Google for Startup Women Founder Academy membuktikan kemampuan dan kualitas produk Prieds. Kedua event ini juga memberikan ruang bagi Prieds untuk lebih mengenalkan ERP asli Indonesia kepada banyak investor asing. Dengan penuh kebanggan, Prieds membawa nama Indonesia dalam membawa software ERP untuk bersaing dengan software lainnya di kancah dunia.

134 tampilan0 komentar