Data Analytics: Pentingkah Bagi UMKM?

Data Analytics, atau data analisis adalah metode analisis penyajian angka atau data yang diolah untuk menghasilkan insight yang penting kepada owner atau manajemen agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Data analytics bagi UMKM ini bukan cuma soal pengolahan data, tetapi disertai dengan visualisasi yang sesuai untuk mempresentasikan temuan data.

Dengan analisis data, Anda akan dapat membuat keputusan tentang tren customer, meningkatkan profitabilitas bisnis, dan mendorong pengambilan keputusan yang efektif.

Data analytics bagi UMKM

Dashboard bisnis oleh PRIEDS Technology

Data Analytics Bagi UMKM

Penargetan Marketing yang Lebih Baik

Dengan analisis data, Anda dapat menentukan bentuk iklan apa yang menjangkau pelanggan Anda secara efektif dan apa yang akan membuat mereka membeli produk Anda. Melalui analisis data, Anda juga menyadari cost atau biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat produk atau bisnis secara detail. Informasi yang Anda peroleh memungkinkan Anda menghemat banyak uang yang dapat Anda gunakan untuk melakukan hal-hal lainnya! Seperti marketing atau menambah karyawan supaya bisnis bisa lebih berkembang. Anda juga bisa menambahkan fitur SEO (Search Engine Optimisation) untuk situs web Anda untuk penargetan produk yang lebih baik.

Mengenali Target Customer Anda

Setelah Anda memahami produk apa yang cocok untuk klien apa, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dengan pendapat pasar? Anda dapat menentukan area yang akan Anda fokuskan dan untuk customer mana serta tren masa kini dengan menggunakan data analytics. Informasi ini juga penting dalam menetapkan harga dan menentukan iklan yang akan Anda gunakan. Untuk memiliki pegangan yang lebih baik pada pelanggan potensial Anda, Prieds Technology menyediakan fitur data analisis dan Customer Relationship Management (CRM) dalam sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang terintegrasi.

Inovasi Baru

Data analisis juga memberi Anda gambaran tentang tren masa depan dalam perilaku konsumen yang akan memungkinkan Anda membuat inovasi pada produk Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menciptakan layanan yang menempatkan Anda ‘di atas’ terhadap kompetitor Anda, berada jauh di depan di dalam pasar adalah keuntungan yang besar.

Potong Biaya Operasi

Analisis data akan banyak membantu Anda jika Anda ingin memiliki bisnis yang lancar dan efektif. Dengan sistem analisis data yang baik, Anda dapat mengetahui mana sektor-sektor bisnis Anda yang menggunakan biaya yang tidak perlu dan bidang-bidang yang membutuhkan lebih banyak pembiayaan. Melalui ini, Anda akan memiliki gambaran yang akurat tentang di mana Anda harus memotong biaya dan teknologi yang akan Anda gunakan untuk mengurangi biaya operasional dan produksi. Kemampuan untuk memutuskan jenis metode marketing apa yang akan digunakan, barang yang akan diproduksi dan target customer dapat menghemat biaya yang tidak perlu. PRIEDS Technology adalah salah satu penyedia sistem ERP yang dapat membantu Anda melakukan analisis data

Membantu Memecahkan Masalah

Setiap masalah yang muncul dalam suatu bisnis dapat menyebabkan kekacauan pada operasi bisnis, yang bisa berujung pada kerugian bagi perusahaan. Analisis data membantu organisasi untuk membuat keputusan untuk menjalankan bisnis. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan informasi yang dapat membantu bisnis untuk menghindari terjadinya kerugian, misalnya dalam kualitas dan kuantitas produksi.

Data analytics bagi UMKM

Masalah dalam UMKM membuat waktu tidak efektif

Ada begitu banyak yang dapat Anda lakukan dengan memudahkan analisis data pada operasi bisnis Anda dan menjalankan bisnis Anda secara efektif. Banyak contoh kerugian dalam bisnis muncul karena orang-orang yang menjalankannya tidak memiliki informasi yang cukup tentang seluk beluk analisis data dalam bisnis yang dapat memungkinkan mereka untuk mencegah kehilangan tersebut.

Dengan dashboard yang mengintegrasikan seluruh kebutuhan bisnis Anda, seperti finansial, produksi, HR, inventory, customer hingga project management, Prieds Technology dapat membantu anda memonitor dan mengambil keputusan bisnis darimana saja.

#UMKM #DataAnalytics #SistemIoT #ERP #IoT #Indonesia #Bisnis #Teknologi #SistemERP #InternetofThings

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua