top of page

Cloud WMS : Pengertian Cara Kerja dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Dengan teknologi dan juga bisnis yang semakin berkembang, semakin juga dibutuhkan adanya teknologi yang mampu mengakomodasi kebutuhan pengolahan data dalam skala besar. Itulah alasan diciptakannya teknologi Cloud, yang mampu mengolah data-data dari alur kerja gudang melalui cloud (internet). Salah satu penerapannya adalah melalui Cloud WMS Solutions.


Jika Anda memiliki sebuah bisnis yang bergantung pada sistem pergudangan, jangan sampai Anda melewatkan platform Cloud WMS yang akan sangat membantu Anda. 


Memenuhi permintaan konsumen dengan cepat dan tepat namun tetap mempertahankan penggunaan biaya yang efisien menjadi tujuan perusahaan. Salah satu cara untuk dapat meraih tujuan tersebut yaitu dengan menjalankan warehouse management, atau manajemen gudang.


Bagi bisnis yang melakukan pengelolaan produk dalam gudang tentu memahami betapa pentingnya warehouse management. Dengan merampingkan proses pengelolaan stok barang, melakukan evaluasi dan monitoring terhadap proses gudang serta menerapkan teknologi dapat membantu perusahaan untuk menerapkan manajemen gudang secara efektif.


Pengertian Cloud WMS

Cloud WMS atau WMS berbasis cloud adalah sebuah platform yang memungkinkan bisnis atau perusahaan Anda untuk menyimpan sekaligus menganalisis stok gudang yang tersedia menggunakan software manajemen gudang yang dikemas sebagai sebuah layanan SaaS (Software as a Service). Sehingga, layanan Cloud WMS dapat diakses melalui perangkat apapun selama memiliki koneksi internet.


Cloud WMS hadir untuk menjawab kesulitan bisnis dalam pengelolaan dan analisa stok barang dalam jumlah yang banyak secara akurat. Sebagai sebuah layanan berbasis software, Cloud WMS tentunya akan mengurangi resiko human error yang dilakukan oleh staff gudang serta meningkatkan efisiensi pekerjaan, sehingga membuat tingkat produktivitas gudang Anda berjalan lebih optimal.


Cara Kerja Cloud WMS

Cloud WMS merupakan sebuah sistem manajemen gudang yang diterapkan pada perusahaan dengan mengadopsi teknologi cloud, yang memungkinkan Anda mengelola operasional gudang secara efisien dengan akses melalui internet. Berbeda dengan sistem WMS tradisional yang memerlukan instalasi perangkat keras dan perangkat lunak di lokasi, sistem ini disimpan dan dioperasikan secara online. Sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses dan memperbarui data gudang secara realtime. 


Penggunaan cloud WMS ditujukan untuk membantu perusahaan untuk mendapatkan fleksibilitas dan skalabilitas dengan lebih mudah. WMS menawarkan kemudahan dalam konfigurasi sistem agar sesuai dengan kebutuhan bisnis melalui berbagai fitur yang ditawarkan. Selain itu, cloud WMS juga menyediakan integrasi dengan software yang sudah ada pada perusahaan, seperti ERP, sehingga proses pengelolaan informasi lebih cepat dan akurat.


Manfaat Penerapan Cloud WMS bagi Perusahaan

Manfaat Cloud WMS pada Perusahaan

1. Kemudahan dalam Mengelola Beberapa Gudang dalam Satu Sistem

Bisnis yang memiliki lebih dari satu gudang, membutuhkan sistem terpusat untuk dapat mengawasi dan mengelola berbagai gudang tersebut. Dengan penerapan cloud WMS yang dilengkapi fitur multi-site management, perusahaan dapat mengelola seluruh operasional gudang diberbagai tempat dalam satu sistem terpusat. Dengan begitu perusahaan dapat menciptakan ekosistem pergudangan yang saling terintegrasi. Terlebih lagi, dengan teknologi cloud, segala analisis dan pengelolaan stok antar gudang dapat dilakukan secara otomatis tanpa adanya human error.


2. Keamanan Sistem yang Baik

Keamanan menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri saat perusahaan ingin menerapkan teknologi dalam proses bisnisnya, terlebih lagi menggunakan sistem berbasis cloud. Namun, tentu sistem WMS dibangun dengan memperhatikan keamanan data dari perusahaan. Penerapan Cloud WMS juga demikian, terdapat beberapa jenis cloud yang bisa dipilih oleh perusahaan untuk sistem WMS-nya. 


Sistem WMS berbasis cloud umumnya sudah dilengkapi dengan keamanan siber yang efektif untuk mencegah peretas dan kebocoran data. Perusahaan juga dapat menggunakan cloud pribadi untuk meningkatkan kontrol terhadap sistem serta akses informasi, sehingga keamanan WMS berjenis cloud dapat terjaga dengan baik.


3. Pelacakan dan Pengelolaan Inventory yang Optimal

Sistem manajemen gudang yang dilakukan secara manual membutuhkan banyak waktu dan biaya, serta tidak terlepas dari kemungkinan terjadinya kesalahan. Dengan adanya cloud WMS, perusahaan dapat melakukan pengelolaan inventory secara otomatis. Saat stok barang melalui proses pengelolaan untuk memenuhi pesanan, Cloud WMS akan melacak pergerakan produk secara otomatis, mengurangi biaya tenaga kerja, menghemat waktu dan meningkatkan akurasi secara signifikan. 


4. Visibilitas dan Pengelolaan Data secara Realtime

Agar perusahaan dapat melakukan optimalisasi pengelolaan gudang, tentu perlu data riwayat terkait performa ditiap tahap manajemen untuk dapat mengidentifikasi titik yang menjadi penghambat. Tentunya, dengan data yang tercatat secara otomatis dalam cloud WMS, perusahaan dapat secara cepat dan tepat mengambil langkah evaluasi kinerja.


Dengan visibilitas menyeluruh terhadap proses pengelolaan gudang, perusahaan juga akan lebih mudah dalam menganalisa tren pasar, kebutuhan stok barang, serta mencegah terjadinya kekurangan stok ataupun kelebihan stok barang. Dampaknya, dengan visibilitas yang baik ditambah dengan pengelolaan data secara realtime, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen.


5. Efisiensi Penggunaan Biaya

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapat dari menggunakan sistem Cloud WMS untuk bisnis Anda adalah sistem ini mampu meningkatkan efisiensi pengeluaran perusahaan. Hal ini karena segala proses pengolahan data dapat terintegrasi dengan berbagai perangkat, dan proses manajemen gudang dapat berjalan secara otomatis. Dengan begitu, perusahaan akan dapat menekan pengeluaran operasional, seperti penggunaan tenaga kerja yang tidak perlu, biaya penanganan gudang maupun kerugian akibat kekurangan maupun kelebihan stok barang dalam gudang.


Pentingnya Menjaga Performa Gudang dengan WMS

Proses manajemen gudang yang baik merupakan hal penting dalam meraih kesuksesan bisnis. Perusahaan perlu menjaga performa manajemen pergudangan dengan memahami, mengawasi dan mengoptimalisasi setiap tahapnya. 


Melakukan evaluasi dan optimalisasi berkala mempengaruhi efisiensi manajemen, meningkatkan kepuasan konsumen serta meminimalisir resiko terjadinya kehabisan maupun kelebihan stok barang. Untuk dapat menjaga performa manajemen gudang, perusahaan dapat menerapkan teknologi seperti WMS untuk mengotomatisasi proses yang sebelumnya dilakukan secara manual.


Dapatkan Pengelolaan Gudang yang Optimal dengan WMS Prieds 

Sebagai startup penyedia Warehouse Management System yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi manajemen gudang yang efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang dimiliki WMS Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk mengelola gudang dengan efektif sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait manajemen gudang dengan penerapan WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


22 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page