top of page

Cegah Kesalahan pada Stock keeping Unit dengan Sistem Gudang WMS

Stock Keeping Unit atau SKU merupakan komponen penting dalam bisnis pergudangan. Beberapa contoh fungsi dari penerapan Stock Keeping Unit diantaranya yaitu untuk mengelola dan melacak tingkat inventory, mempermudah proses pemenuhan permintaan serta sebagai penanda produk yang dapat membedakan beberapa jenis serupa.


Dengan menerapkan SKU secara tepat, perusahaan dapat menciptakan standar untuk mengidentifikasi setiap produk sehingga dapat mempermudah proses pelacakan dan pengelolaan inventory dalam gudang. Kesalahan pada SKU dapat mengakibatkan manajemen gudang yang tidak akurat, pemenuhan permintaan yang tidak efisien dan akan merugikan perusahaan.


Kesalahan dalam Manajemen Stock Keeping Unit

Kesalahan dalam Manajemen Stock Keeping Unit

Kesalahan dalam mengelola stock keeping unit (SKU) bisa mengakibatkan berbagai permasalahan pada proses distribusi barang. Berikut beberapa kendala yang umum ditemui saat melakukan pengelolaan SKU, diantaranya :


Pengelolaan Inventory yang Kurang Akurat

Pengelolaan SKU yang tidak tepat dapat menyebabkan perbedaan selisih jumlah inventory, antara stok barang fisik dengan hasil pencatatan. Hal ini bisa berdampak pada kelebihan stok barang, out of stock, hingga kendala saat pemenuhan pesanan.


Kesalahan saat Proses Picking Stok Barang

SKU memiliki fungsi sebagai penanda dari tiap stok barang yang tersimpan dalam gudang. Kesalahan saat mengidentifikasi SKU yang tepat saat proses picking akan menimbulkan berbagai permasalahan, seperti kesalahan pengiriman produk kepada konsumen. Selain itu, perusahaan juga akan mengalami kerugian seperti pemenuhan pesanan yang tertunda, menanggung biaya pengembalian produk, dan juga membuat ketidakpuasan konsumen.


Ruang Penyimpanan tidak Tertata

Pemberian label pada setiap produk merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan. Kesalahan pemberian label SKU, dan juga peletakan produk pada area penyimpanan yang salah bisa mengakibatkan kebingungan saat akan mencari produk. Selain itu hal ini juga bisa membuat operasional manajemen gudang secara keseluruhan menjadi tidak efisien.


Input Data yang Tidak Tepat

Pencatatan dan input data yang dilakukan secara manual rentan terhadap permasalahan seperti duplikasi data hingga informasi yang tidak akurat. Hal ini bisa menimbulkan banyak kerugian bagi perusahaan, seperti pencatatan inventory yang tidak akurat, kesalahan saat proses pemenuhan pesanan, dan pengambilan kebijakan yang kurang tepat.


Penerapan Sistem Gudang WMS sebagai solusi kesalahan pengelolaan Stock Keeping Unit

Sistem Gudang WMS solusi kesalahan pengelolaan Stock Keeping Unit

Sistem gudang WMS merupakan teknologi yang saat ini sudah banyak diimplementasikan oleh perusahaan sebagai solusi dalam manajemen gudang. Sistem ini juga dapat mengatasi kesalahan saat pengelolaan stock keeping unit (SKU). beberapa solusi dari sistem gudang WMS bagi pengelolaan SKU diantaranya yaitu : 


  1. Sistem Gudang WMS memberikan perusahaan visibilitas secara realtime terhadap seluruh inventory beserta lokasinya, yang dapat mempermudah tracking stok barang. Dengan melakukan scanning SKU di setiap tahap manajemen gudang, sistem akan memastikan bahwa pencatatan data inventory akan selalu up-to-date.

  2. Integrasi Sistem Gudang WMS dengan RFID dapat membantu staf gudang untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi saat proses picking stok barang. Dengan melakukan scanning pada label SKU, sistem WMS akan memeriksa produk yang diambil dengan pesanan, sehingga proses menjadi lebih akurat dan terhindar dari kesalahan.

  3. Penerapan WMS membantu perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan area gudang melalui sistem layout yang dapat digunakan sebagai pemisahan SKU berdasarkan lokasi penyimpanan sesuai dengan kategorinya. Dengan begitu proses alur stok barang dalam gudang menjadi lebih efisien dan efektif, dan perusahaan akan semakin cepat dalam memenuhi permintaan konsumen.

  4. Melalui penerapan SIstem Gudang WMS, pengelolaan SKU dapat diotomatisasi, salah satunya seperti pencatatan data inventory. Dengan menghubungkan WMS dan RFID, pengelolaan SKU dan data penting dalam gudang menjadi lebih akurat dan efektif. Sehingga perusahaan dapat terhindar dari berbagai kesalahan akibat proses yang dilakukan secara manual.


Gunakan Sistem Gudang WMS Prieds dan Cegah Kesalahan pada Stock keeping Unit

Sebagai startup penyedia SIstem Gudang WMS yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi dari kesalahan saat mengelola stock keeping unit, sekaligus mengoptimalkan performa pergudangan secara efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang dimiliki SIstem Gudang WMS Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola operasional gudang dengan efektif sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan Sistem Gudang WMS sebagai solusi pengelolaan stock keeping unit melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page