top of page

Cara Atasi Dead Stock Dengan Manajemen Stok Gudang Yang Baik

Menjalankan Manajemen Stok Gudang dengan baik tidak hanya membantu perusahaan untuk meningkatkan keuntungan, tetapi juga dapat terhindar dari berbagai resiko dan kerugian. Salah satu resiko pengelolaan gudang yang sering ditemui yaitu dead stock atau stok mati.


Stok barang yang tersimpan dalam gudang perlu diperhatikan dengan seksama, jika tidak akan ada beberapa produk yang kadaluwarsa, sehingga produk tersebut tidak dapat diolah ataupun dijual kepada konsumen. Permasalahan ini akan sangat sulit teratasi jika manajemen stok gudang tidak berjalan dengan baik.


Penerapan Manajemen Stok Gudang yang Baik bantu Perusahaan Atasi Permasalahan Dead Stock

Manajemen Stok Gudang yang Baik bantu Perusahaan Atasi Permasalahan Dead Stock

Dead stock, atau stok mati, terjadi ketika barang yang disimpan di gudang tidak terjual dalam jangka waktu yang lama, sehingga menyebabkan kerugian. Untuk mengatasi dead stock, diperlukan manajemen stok gudang yang efektif. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi dan mengatasi dead stock:


Analisis Data Penjualan

Langkah pertama dalam mengatasi dead stock adalah melakukan analisis data penjualan. Dengan memahami pola penjualan, perusahaan dapat mengidentifikasi barang-barang yang lambat terjual atau bahkan tidak terjual sama sekali. Melalui analisis ini, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas tentang manajemen stok gudang perusahaan.


Sistem Penyimpanan yang Efisien

Penting untuk memiliki sistem penyimpanan yang efisien di gudang perusahaan. Pastikan barang-barang tersusun dengan baik dan mudah diakses. Diperlukan penerapan manajemen stok gudang yang baik seperti penggunaan label dan kode barang yang jelas juga dapat membantu dalam mengidentifikasi dan melacak stok dengan lebih cepat dan akurat.


Praktik Just-In-Time (JIT) Inventory

Just-In-Time (JIT) merupakan salah satu metode pengelolaan gudang yang efektif dengan hanya memesan atau memproduksi barang saat diperlukan. Dengan menerapkan JIT, perusahaan dapat mengurangi risiko dead stock karena hanya memiliki persediaan yang diperlukan untuk memenuhi permintaan pelanggan.


Penerapan Metode FIFO dan LIFO

Sistem rotasi barang seperti FIFO (First In, First Out) atau LIFO (Last In, First Out) dapat membantu menghindari dead stock. Dengan menggunakan FIFO, barang yang pertama masuk ke gudang akan dijual terlebih dahulu, mengurangi risiko barang menjadi kadaluwarsa atau tidak terjual.


Melakukan Stock Opname secara Rutin

Manajemen stok gudang yang baik dapat diraih salah satunya dengan melakukan stock opname secara rutin. Melakukan peninjauan kembali pada jumlah stok barang secara berkala dan identifikasi barang-barang yang berisiko menjadi dead stock. Dengan mengambil tindakan yang cepat, perusahaan dapat mengurangi kerugian yang disebabkan oleh stok yang tidak terjual.


Atasi Dead Stock dengan Manajemen Stok Gudang yang Baik dengan WMS Prieds

Melakukan analisis data penjualan, menerapkan sistem penyimpanan yang efisien, dan menggunakan praktik seperti JIT inventory dan rotasi barang, perusahaan dapat mengurangi risiko dead stock dan meningkatkan performa perusahaan. Dengan mengambil langkah-langkah ini, perusahaan dapat menjaga agar stok gudang perusahaan tetap seimbang dan mengoptimalkan kinerja bisnis perusahaan secara keseluruhan.


Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan Warehouse Management System, Prieds menawarkan sistem yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, dan hadir sebagai solusi mengatasi dead stock melalui penerapan manajemen stok gudang yang lebih efisien dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur yang ditawarkan oleh Warehouse Management System Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok dan serta menjalankan manajemen stok gudang dengan lebih efisien, efektif dan akurat.


perusahaan dapat mempelajari lebih lanjut terkait Warehouse Management System melalui konsultasi dengan tim ahli secara gratis. Dapatkan WMS yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds.


26 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

留言


bottom of page