top of page

Atasi 8 Masalah Produksi dengan Penerapan Aplikasi Inventory

Dalam proses produksi, pengelolaan inventory merupakan hal yang dapat mempengaruhi kualitas produk serta kemampuan perusahaan untuk memenuhi pesanan dari konsumen. Untuk itu, melakukan pengawasan dan manajemen terhadap stok barang agar bahan yang dibutuhkan untuk proses produksi selalu tersedia dan dalam kondisi terbaik.


Penggunaan aplikasi inventory merupakan salah satu solusi bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan pengelolaan stok barang, sekaligus menghindari terjadinya berbagai masalah produksi. Aplikasi ini dilengkapi beragam fitur yang mampu meningkatkan kemampuan perusahaan dalam memonitor dan mengelola inventory yang dimiliki.


Bagaimana Aplikasi Inventory menjadi Solusi Atasi 8 Permasalahan Produksi

Aplikasi Inventory menjadi Solusi Atasi 8 Permasalahan Produksi

Aplikasi inventory membantu perusahaan untuk dapat meminimalisir terjadinya kendala saat proses produksi. Berikut beberapa cara aplikasi inventory mengatasi masalah produksi :


Kekurangan Bahan Baku

Salah satu masalah utama dalam produksi adalah kekurangan bahan baku yang dapat menghambat proses produksi. Aplikasi inventory dapat membantu dengan memberikan pemberitahuan otomatis ketika stok bahan baku mencapai tingkat minimum yang telah ditentukan. Dengan demikian, tim produksi dapat mengambil langkah-langkah untuk mengadaan bahan baku yang diperlukan sebelum kekurangan terjadi.


Keterlambatan Pengiriman Bahan Baku

Keterlambatan dalam pengiriman bahan baku dapat mengganggu jadwal produksi dan menyebabkan keterlambatan dalam pengiriman produk jadi kepada pelanggan. Aplikasi inventory memungkinkan perusahaan untuk melacak status pengiriman bahan baku secara real-time dan memberikan visibilitas atas perkembangan pengiriman. Dengan demikian, perusahaan dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi keterlambatan tersebut, seperti mencari sumber bahan baku alternatif atau menyesuaikan jadwal produksi.


Kelebihan Persediaan Barang Jadi

Kelebihan persediaan barang jadi dapat menyebabkan pemborosan dan biaya penyimpanan yang tinggi. Aplikasi inventory dapat membantu dalam merencanakan dan mengelola produksi dengan lebih efisien berdasarkan permintaan pelanggan yang aktual. Dengan mengintegrasikan aplikasi inventory dengan sistem penjualan, perusahaan dapat memantau permintaan pelanggan secara real-time dan menyesuaikan produksi sesuai dengan kebutuhan.


Kesalahan dalam Pemrosesan Pesanan

Kesalahan dalam pemrosesan pesanan seperti pengiriman produk yang salah atau tidak lengkap dapat merusak reputasi perusahaan dan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Aplikasi inventory membantu dengan memberikan validasi otomatis terhadap pesanan yang masuk dan membandingkannya dengan persediaan yang tersedia di gudang. Hal ini mengurangi risiko kesalahan manusia dan memastikan pengiriman produk yang akurat kepada pelanggan.


Pengelolaan Persediaan yang Tidak Efisien

Pengelolaan persediaan yang tidak efisien dapat mengakibatkan biaya penyimpanan yang tinggi dan risiko kehilangan atau kerusakan barang. Aplikasi inventory membantu dalam mengoptimalkan pengelolaan persediaan dengan memberikan informasi yang akurat tentang tingkat stok dan perputaran stok. Dengan analisis persediaan yang tepat, perusahaan dapat mengidentifikasi barang yang tidak bergerak dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi biaya penyimpanan.


Kesulitan dalam Pelacakan Persediaan

Tanpa sistem yang tepat, pelacakan persediaan dapat menjadi tugas yang sangat sulit dan memakan waktu. Aplikasi inventory menyederhanakan proses pelacakan persediaan dengan menyediakan sistem pencatatan yang terstruktur dan mudah diakses. Dengan informasi yang tersedia secara real-time, perusahaan dapat dengan cepat melacak lokasi barang di gudang dan mengidentifikasi persediaan yang hilang atau rusak.


Kesulitan dalam Memonitor Kinerja Produksi

Monitoring kinerja produksi adalah hal yang penting untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Aplikasi inventory menyediakan laporan dan analisis yang komprehensif tentang kinerja produksi, termasuk tingkat persediaan, waktu siklus produksi, dan efisiensi penggunaan bahan baku. Dengan data yang akurat ini, perusahaan dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan kinerja produksi.


Kesulitan dalam Perencanaan Produksi

Perencanaan produksi yang buruk dapat mengakibatkan keterlambatan dalam pengiriman produk, biaya tambahan, dan kekurangan stok. Aplikasi inventory membantu dalam perencanaan produksi dengan memberikan visibilitas yang lebih baik atas persediaan dan permintaan pelanggan. Dengan perencanaan yang lebih akurat, perusahaan dapat mengoptimalkan produksi mereka dan memastikan ketersediaan produk sesuai dengan permintaan.


Atasi Permasalahan Stok Gudang dengan Warehouse System dari Prieds

Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan Aplikasi Inventory, Prieds menawarkan sistem yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, dan hadir sebagai solusi permasalahan produksi melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari Aplikasi Inventory Prieds dapat membantu perusahaan manufaktur untuk mengelola stok dalam gudang dengan lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi masalah produksi dengan Aplikasi Inventory melalui konsultasi dengan tim ahli secara gratis. Dapatkan Aplikasi Inventory yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds.

2 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page