top of page

Atasi 7 Permasalahan Ritel dengan Menerapkan Stock Opname yang Efektif

Manajemen inventory yang baik merupakan salah satu faktor penting bagi kesuksesan bisnis ritel. Salah satu proses penting dalam mengelola inventory yaitu menjalankan stock opname dengan efektif. Tujuannya, agar perusahaan dapat menghindari terjadinya beberapa permasalahan yang umum terjadi pada bisnis ritel.


Salah satu solusi untuk meningkatkan efektivitas stock opname yaitu mengurangi proses yang dilakukan secara manual, seperti melakukan perhitungan produk dalam gudang. Melalui implementasi aplikasi gudang, perusahaan ritel dapat mengoptimalkan manajemen inventory sekaligus menjadi solusi kendala saat menjalankan bisnis.


7 Permasalahan umum dalam Bisnis Ritel

Proses stock opname pada bisnis ritel yang masih dilakukan secara manual tentu beresiko memicu permasalahan. Berikut beberapa kendala yang umum terjadi :


Kehabisan Stok Barang

Kehabisan stok barang berdampak besar bagi penjualan dan kepuasan konsumen. Perusahaan ritel yang tidak mampu memenuhi permintaan, tentu akan kehilangan kepercayaan dan loyalitas konsumen, pada akhirnya penjualan produk menjadi menurun dan dapat merugikan perusahaan.


Terjadi Overstock

Selain kehabisan stok barang, permasalahan umum yang kerap dijumpai pada bisnis ritel yaitu terjadinya penumpukan produk atau overstock. Terdapat beberapa faktor yang memicu terjadinya permasalahan ini, salah satunya seperti tidak ada strategi dalam pengadaan stok barang. Kelebihan stok barang pada perusahaan ritel tidak hanya menghabiskan modal, tetapi juga berdampak pada peningkatan holding cost dan terjadinya dead stock.



Forecasting Tidak Akurat

Riwayat data merupakan salah satu faktor penting bagi bisnis ritel untuk dapat menyusun forecasting permintaan konsumen secara akurat. Jika perusahaan tidak mengelola data secara terstruktur dan lengkap, maka akan sulit untuk menyusun perkiraan permintaan dan memicu terjadinya ketidakseimbangan dalam inventory. Pada akhirnya, selisih jumlah yang terjadi dapat menghambat bisnis ritel untuk memenuhi setiap permintaan konsumen.


Terjadi Inventory Shrinkage

Proses stock opname ritel yang dilakukan secara manual sangat rentan terhadap kesalahan internal maupun juga pencurian. Pengawasan terhadap seluruh aset inventory yang kurang optimal, akan mempengaruhi kondisi dan jumlah stok barang, yang berujung pada penurunan pendapatan perusahaan.

Hambatan pada Pengadaan Stok Barang 

Pengadaan stok barang perlu dilakukan secara rutin dengan melihat jumlah produk yang tersisa dan tingkat permintaan produk. Hambatan pada proses pengadaan stok dapat memicu terjadinya kondisi overstock ataupun juga membuat perusahaan ritel kehabisan stok barang. 


Supply Chain Management yang Kurang Efisien

Data inventory yang tidak akurat umumnya disebabkan oleh proses pencatatan dan pengelolaan yang dilakukan secara manual. Hal ini juga bisa berdampak pada supply chain management yang kurang efisien.


Tidak Memaksimalkan Penggunaan Area Penyimpanan

Manajemen inventory yang kurang optimal juga berpengaruh pada penggunaan area penyimpanan perusahaan ritel yang tidak maksimal. Sehingga, area penyimpanan yang seharusnya berkapasitas besar tidak digunakan dengan baik dan membuat biaya penanganan gudang menjadi meningkat.


Stock Opname yang Efektif sebagai Solusi Permasalahan Bisnis Ritel

Stock Opname Efektif solusi Permasalahan Bisnis Ritel

Untuk dapat mengatasi kendala yang umum terjadi pada bisnis ritel, perusahaan dapat meningkatkan performa stock opname agar berjalan dengan lebih efektif. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas stock opname, seperti penerapan aplikasi gudang dan juga menjadwalkan pencatatan stok secara berkala.


Berikut beberapa solusi yang didapatkan perusahaan ritel untuk mengatasi kendala yang umum terjadi melalui peningkatan performa stock opname, diantaranya :

  1. Stock opname yang dilakukan secara rutin membantu bisnis ritel untuk menjaga tingkat inventory secara akurat, agar terhindar dari kehabisan stok barang, terutama produk terlaris.

  2. Proses stock opname yang efektif membantu bisnis ritel untuk dapat mengidentifikasi apabila terjadi penumpukan produk, sehingga perusahaan dapat menyusun strategi penjualan agar inventory perusahaan menjadi optimal.

  3. Arus pergerakan stok barang dalam gudang dapat dipantau secara realtime dengan menjalankan stock opname secara rutin. Dengan begitu, perusahaan dapat memanfaatkan data yang ada untuk menyusun forecasting permintaan yang lebih akurat. Sehingga manajemen inventory menjadi optimal.

  4. Stock opname yang efektif memungkinkan bisnis ritel untuk dapat memantau inventory apabila terjadi perbedaan antara stok fisik dengan hasil pencatatan. Sehingga perusahaan dapat dengan cepat menindaklanjuti dengan akurat dan tepat jika terjadi kekurangan atau permasalahan.

  5. Penerapan stock opname dengan bantuan aplikasi gudang memberikan perusahaan ritel visibilitas terhadap tingkat inventory. Dengan begitu, perusahaan ritel dapat meningkatkan efisiensi saat mengadakan stok barang dan bekerjasama dengan supplier untuk memastikan supply chain berjalan dengan lancar.

  6. Dengan melakukan stock opname secara rutin, penggunaan area penyimpanan dapat dioptimalkan, sehingga produk dapat ditampilkan secara efektif untuk memikat konsumen, meningkatkan penjualan serta memaksimalkan penggunaan gudang.


Stock Opname Bisnis Ritel lebih Efektif dengan Implementasi Aplikasi Gudang Prieds

Proses manajemen inventory yang baik merupakan hal penting yang berkontribusi bagi kesuksesan bisnis. Dengan berfokus pada menjaga kondisi dan ketersediaan produk melalui stock opname yang efektif, bisnis ritel dapat mengoptimalkan proses operasional, meminimalisir resiko kehabisan maupun kelebihan stok barang, sekaligus memberikan servis yang memuaskan kepada konsumen. Untuk dapat menjalankan stock opname dengan lebih efektif, perusahaan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dan otomatisasi untuk melakukan manajemen stok gudang.


Sebagai startup penyedia Aplikasi Gudang yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi manajemen gudang yang efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Aplikasi Gudang Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk mengelola gudang seperti menjalankan stock opname dengan efektif sehingga dapat meningkatkan penjualan untuk bisnis ritel.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait stock opname yang baik pada bisnis ritel dengan penerapan Aplikasi Gudang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Aplikasi Gudang Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

74 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page