top of page

Atasi 7 Permasalahan Distribusi melalui Penerapan WMS System

Distribusi merupakan operasional bisnis yang kompleks dan bergantung pada ketelitian dalam mengelola setiap produk yang dimiliki. Namun, dalam menjalankan aktivitas distribusi, perusahaan tentu pernah menghadapi beberapa permasalahan yang menghambat performa.


Saat ini, penerapan teknologi dalam operasional bisnis merupakan hal yang umum untuk dilakukan, terutama jika perusahaan ingin meningkatkan performa bisnis sehingga dapat bersaing untuk memenangkan pasar. Salah satu teknologi yang dapat digunakan yaitu WMS System. Penerapan software ini memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan distribusi, seperti otomatisasi proses operasional, sehingga, permasalahan dan hambatan dapat dihindari.


7 Permasalahan dalam Distribusi

Operasional bisnis distribusi yang dilakukan secara manual sangat rentan terhadap permasalahan. Berikut 7 contoh permasalahan yang umum ditemukan saat perusahaan melakukan aktivitas distribusi, diantaranya yaitu :


Kendala dalam Supply Chain Management

Perusahaan distribusi berperan penting dalam supply chain management agar produk dapat dijangkau oleh konsumen dengan mudah. Kerjasama seluruh pihak dalam rantai pasokan yang kurang efektif dapat menimbulkan permasalahan bagi perusahaan distribusi, seperti keterlambatan pengiriman hingga kesalahan saat pemenuhan pesanan.


Manajemen Stok Barang tidak Optimal

Berbagai produk yang tersimpan dalam gudang distribusi membutuhkan pengelolaan yang efektif, efisien dan akurat. Jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka perusahaan akan mengalami kerugian seperti biaya penyimpanan yang tinggi dan kehabisan stok barang.


Permasalahan Kualitas Barang

Perusahaan distribusi juga berperan penting dalam menjaga kualitas barang hingga sampai kepada konsumen. Pengelolaan gudang yang kurang optimal dan manual akan berdampak pada kualitas barang yang tidak merata, kerusakan produk hingga kesalahan saat pemenuhan pesanan.


Pengiriman yang Terlambat

Penjadwalan pengiriman produk perlu dilakukan dengan tepat dan efisien. Jika tidak, maka perusahaan distribusi akan mengalami permasalahan seperti keterlambatan pengiriman, penggunaan alat transportasi yang tidak tepat dan biaya pengiriman yang tinggi.


Pengelolaan Data yang Kurang Akurat

Perusahaan distribusi tidak hanya mengelola produk untuk dikirimkan kepada konsumen, tetapi juga membutuhkan manajemen data dan informasi yang akurat. Pengelolaan data yang kurang akurat bisa mengakibatkan kesalahan pemenuhan pesanan, keterlambatan saat pengiriman hingga menurunkan kepuasan konsumen.


Kendala Kepatuhan

Salah satu dampak dari pengelolaan data yang tidak akurat yaitu perusahaan distribusi menjadi tidak update dengan peraturan yang berkaitan dengan distribusi, seperti pengangkutan, bea cukai, dan pajak. Hal ini dapat merugikan perusahaan dan juga berdampak pada penurunan kepuasan konsumen.


Permasalahan Keamanan

Pengelolaan stok barang dalam gudang rentan terhadap pencurian, kerusakan, atau kehilangan stok barang akibat kesalahan pencatatan. Jika perusahaan tidak dapat menjaga keamanan, maka hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap perusahaan, dan merugikan perusahaan, terutama dari segi finansial.


Atasi Kendala Distribusi dengan WMS System

Atasi Kendala Distribusi dengan WMS System

Penerapan WMS System mempermudah perusahaan distribusi untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, serta tracking pengiriman secara efisien dan akurat. Sehingga seluruh proses distribusi dapat berjalan dengan optimal. 


Permasalahan distribusi umumnya disebabkan oleh operasional yang dilakukan secara manual. Kendala seperti manajemen data yang tidak akurat, pengelolaan barang dan kualitas produk yang kurang optimal, hingga kendala perizinan dan keamanan dapat diatasi dengan penerapan WMS System. Perusahaan akan memiliki visibilitas menyeluruh terhadap operasional distribusi, mulai dari pengelolaan barang, pengiriman, hingga manajemen data melalui otomatisasi dan efisiensi proses. Dengan begitu permasalahan dalam distribusi dapat diantisipasi dan perusahaan akan memiliki kemampuan untuk meningkatkan performa bisnis melalui evaluasi.


Operasional distribusi yang efisien dan akurat berdampak pada meningkatnya kepuasan konsumen, efisiensi biaya dan optimalisasi proses operasional. 


Gunakan WMS System dari Prieds dan Optimalkan Operasional Distribusi

Sebagai startup penyedia WMS System yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi dari permasalahan distribusi, sekaligus mengoptimalkan performa pergudangan secara efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang dimiliki WMS System Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola operasional distribusi dengan efektif sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait optimalisasi pengelolaan gudang distribusi melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS System dari Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Комментарии


bottom of page