top of page

Asset Management System : Pengertian, Manfaat dan Cara Penerapan dalam Gudang

Penting bagi perusahaan untuk dapat memastikan kelancaran operasional dalam gudang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu memelihara seluruh aset yang dimiliki, mulai dari stok barang, peralatan, maupun aset lain yang berkaitan dengan operasional gudang.


Berbagai jenis aset tersebut perlu dipantau secara terus menerus dan dicatat, sehingga perusahaan dapat memiliki visibilitas terhadap kebutuhan operasional gudang. Dengan menerapkan teknologi seperti asset management system, perusahaan dapat memastikan seluruh aset yang dimiliki secara realtime melalui sistem terpusat.


Pengertian Asset Management System

Asset Management System (AMS) merupakan sebuah sistem yang dapat digunakan perusahaan untuk mengelola berbagai aset secara efektif dan efisien. Aset dalam hal ini mencakup segala jenis sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, baik itu fisik (seperti mesin, bangunan, stok barang) maupun non-fisik (seperti hak cipta, paten, dan data). 


Sistem ini membantu dalam pelacakan, pemeliharaan, dan pengelolaan seluruh aset dalam gudang untuk memastikan bahwa mereka digunakan secara optimal dan memberikan nilai maksimal bagi perusahaan. AMS mengintegrasikan berbagai proses dan alat yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi real-time mengenai status, lokasi, dan kondisi aset yang dimiliki.


Manfaat Asset Management System

Dengan menerapkan asset management system, perusahaan dapat meningkatkan visibilitas terhadap seluruh aset, mengurangi biaya operasional, dan memperpanjang usia pemakaian aset. Selain itu, penerapan asset management system memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi perusahaan, antara lain:


1. Pengelolaan Aset yang Lebih Efektif

AMS memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengelola semua aset mereka secara terpusat. Hal ini membantu mengurangi kehilangan dan kerusakan aset, serta memastikan bahwa aset digunakan secara efisien.


2. Pemeliharaan Preventif

Dengan AMS, perusahaan dapat merencanakan dan menjadwalkan pemeliharaan aset secara preventif. Ini membantu mencegah kerusakan mendadak dan memperpanjang umur aset, yang pada gilirannya mengurangi biaya perbaikan dan penggantian.


3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

AMS menyediakan data yang akurat dan real-time mengenai status dan kinerja aset. Informasi ini sangat berharga bagi manajemen dalam membuat keputusan yang tepat terkait pengelolaan aset.


4. Penghematan Biaya

Dengan meningkatkan efisiensi penggunaan aset dan mengurangi downtime, AMS dapat membantu perusahaan menghemat biaya operasional. Selain itu, pemeliharaan yang lebih baik dapat mengurangi kebutuhan untuk penggantian aset yang mahal.


Cara Penerapan Asset Management System pada Gudang

Penerapan Asset Management System membutuhkan perencanaan dan pendekatan yang tepat dan terstruktur. Berikut beberapa tahap penting dalam menerapkan AMS pada gudang:


  1. Penilaian Kebutuhan Perusahaan terkait pengelolaan aset. Identifikasi jenis-jenis aset yang dimiliki, jumlah, lokasi, dan kondisi aset.

  2. Pemilihan Sistem yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Pertimbangkan fitur-fitur seperti pelacakan realtime, integrasi dengan sistem lain, dan kemudahan penggunaan.

  3. Pengumpulan data aset yang relevan, termasuk informasi mengenai jenis, lokasi, kondisi, dan riwayat pemeliharaan.

  4. Pastikan bahwa seluruh staf yang menjadi pengguna sistem mendapatkan pelatihan yang memadai. Hal ini penting agar sistem dapat digunakan secara efektif dan efisien.

  5. Implementasi Asset Management System sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Integrasikan AMS dengan sistem lain yang ada dalam perusahaan untuk memastikan data yang konsisten dan terpusat.

  6. Setelah AMS diimplementasikan, lakukan monitoring secara rutin untuk memastikan bahwa sistem berfungsi dengan baik.


Kelola Berbagai Jenis Aset dalam Gudang melalui fitur Asset Management System dari Prieds

Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan asset management system untuk gudang, Prieds menawarkan sistem yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, dan hadir sebagai solusi manajemen aset gudang yang lebih efisien dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur yang ditawarkan oleh Warehouse Management System Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola seluruh aset perusahaan dan serta menjalankan manajemen stok gudang dengan lebih efisien, efektif dan akurat.


perusahaan dapat mempelajari lebih lanjut terkait Warehouse Management System melalui konsultasi dengan tim ahli secara gratis. Dapatkan WMS yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds.


26 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page