top of page

5 Manfaat Penting Integrasi Sistem ERP dengan WMS bagi Perusahaan

Persaingan bisnis yang berubah setiap saat membutuhkan kemampuan adaptasi perusahaan untuk dapat mencapai kesuksesan. Salah satu langkah sebagai solusi bisnis untuk dapat memenangkan persaingan yaitu melalui penerapan teknologi.


Penggunaan teknologi seperti sistem ERP maupun perangkat lain sebagai penunjang operasional bisnis sudah banyak diterapkan. Sistem ini mampu merampingkan proses operaional, meningkatkan kerjasama dan meningkatkan efisiensi secara menyeluruh. 


Dengan terus berkembangnya teknologi, sistem ERP juga dapat dikembangkan serta diperluas fungsinya melalui integrasi dengan beberapa software lain, salah satunya dengan Warehouse Management Software. Integrasi ini memberikan perusahaan visibilitas dan kontrol lebih luas terhadap beragam proses bisnisnya, sehingga dapat melakukan optimalisasi proses dan meningkatkan keuntungan bisnis.


Manfaat Integrasi Sistem ERP dengan WMS

Manfaat Integrasi Sistem ERP dengan WMS

Mengintgrasikan sistem ERP tidak hanya sekedar peningkatan teknologi semata, tetapi juga merupakan sebuah bentuk investasi strategis bagi bisnis yang memiliki berbagai macam manfaat. Integrasi sistem ERP mendorong perusahaan untuk dapat beradaptasi dengan perubahan dan bersaing dalam pasar.


Kebutuhan akan proses bisnis yang efisien, efektif dan akurat membutuhkan perpaduan antar teknologi, seperti integrasi antar sistem ERP dengan WMS. Berikut beberapa manfaat dari integrasi sistem ERP dengan WMS bagi perusahaan :


Optimalisasi Stok dan Pengelolaan Gudang

Integrasi antara sistem ERP dengan WMS memungkinkan perusahaan untuk memiliki kontrol dan visibilitas menyeluruh terhadap pengelolaan gudang. Informasi terkait manajemen inventory akan terintegrasi secara real-time. Sehingga perusahaan dapat meminimalkan berbagai resiko pada pengelolaan gudang seperti kehabisan stok maupun stok mati. Selain itu, integrasi antara Sistem ERP dengan WMS akan mempermudah perusahaan untuk melakukan replenishment dan penyusunan forecasting dengan efisien dan akurat.


Peningkatan Efisiensi Pemenuhan Permintaan

Melakukan integrasi sistem ERP dengan WMS akan mempermudah perusahaan untuk meningkatken efisiensi proses pemenuhan permintaan. Melalui konsistensi data dan informasi secara realtime pada sistem, perusahaan dapat meningkatkan proses pengelolaan pesanan agar lebih efisien dan akurat, mengurangi lead time, serta berdampak bagi pertumbuhan kepuasan konsumen.


Penggunaan Sumber Daya yang Optimal

Penggunaan sumber daya pada perusahaan dapat dioptimalkan melalui proses integrasi antara sistem ERP dan WMS. informasi penting yang terintegrasi pada satu sistem memungkinkan perusahaan untuk dapat menyesuaikan kebutuhan tenaga kerja dan ruang gudang sesuai dengan kondisi pasar, serta menghindari pemborosan dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.


Visibilitas Maksimal yang Mempermudah Pengambilan Keputusan

Visibilitas dan kontrol penuh terhadap seluruh proses operasional bisnis menghasilkan berbagai informasi penting bagi perusahaan. Melalui integrasi sistem ERP dengan WMS perusahaan akan memiliki informasi akurat secara realtime terkait inventory, permintaan, dan performa manajemen gudang. Data tersebut dapat dimanfaatkan perusahaan untuk  membuat keputusan secara akurat dan tepat terhadap perubahan pasar.


Peningkatan Komunikasi dan Kolaborasi yang Lancar

Komunikasi yang tidak efektif antar departemen berdampak pada penurunan produktifitas dan menjadi salah satu penghalang bagi bisnis untuk berkembang. Dengan integrasi antara sistem ERP dan WMS, perusahaan dapat meningkatkan komunikasi dan kolaborasi yang lancar antara pihak terkait dalam perusahaan. Hal ini dapat diraih melalui akses data yang akurat secara realtime, sehingga setiap departemen dapat bekerjasama dengan lebih efektif.


Dapatkan Berbagai Manfaat melalui Integrasi Sistem ERP

Memiliki kontrol penuh dan visibilitas terhadap beragam operasional, seperti finansial, penjualan, warehouse management, akan membantu perusahaan untuk lebih berkembang. Kemampuan untuk mengelola bisnis secara menyeluruh dan terpusat dapat mempermudah perusahaan untuk dapat memaksimalkan efisiensi operasional bisnis.


Melalui perkembangan teknologi, perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan optimalisasi proses bisnis. Salah satunya melalui integrasi sistem ERP System dengan beragam modul dan software pendukung lain, dapat meningkatkan fungsi dari sistem yang digunakan oleh perusahaan.


Seperti halnya mengelola stok barang dalam gudang, perusahaan dapat menggabungkan Sistem ERP yang sudah diterapkan dengan WMS.Dengan demikian, perusahaan memiliki visibilitas lebih baik terkait manajemen gudang. Sehingga operasional bisnis perusahaan dapat berjalan dengan optimal.


Integrasikan Sistem ERP Anda dengan WMS dari Prieds

Sebagai startup penyedia Warehouse Management System (WMS) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan  dan dapat di-integrasikan dengan berbagai Sistem ERP, Prieds hadir sebagai solusi  untuk peningkatan performa bisnis distribusi. Beragam fitur dan modul dari yang ditawarkan Prieds WMS dapat memaksimalkan Sistem ERP yang sudah ada,  serta membantu perusahaan untuk melakukan meningkatkan kinerja operasional distribusi sekaligus mengoptimalkan penggunaan biaya perusahaan, seperti efisiensi holding cost.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait integrasi WMS dengan ERP perusahaan melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan aplikasi gudang dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

16 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page