top of page
  • Aldo Dwi Kristian

5 Fitur Warehouse Management System (WMS) di Prieds dan Manfaatnya

Warehouse Management System atau yang lebih sering dikenal sebagai WMS merupakan salah satu produk yang disediakan oleh Prieds untuk memberikan solusi bagi perusahaan dalam mengelola gudang dan inventori secara efektif dan efisien.


Apabila Anda belum cukup familiar dengan Warehouse Management System, maka Prieds akan sedikit membahas mengenai apa itu warehouse management system pada artikel ini.


Apa itu Warehouse Management System (WMS)?


Warehouse Management System (WMS) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola aktivitas di gudang, seperti penerimaan barang, penyimpanan, pengiriman, dan inventori. WMS digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan gudang, meningkatkan akurasi inventori, serta mengurangi biaya operasional.


WMS dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan, seperti perusahaan manufaktur, distributor, e-commerce, dan perusahaan logistik. Sistem ini dapat digunakan untuk mengelola gudang tunggal atau jaringan gudang yang tersebar di beberapa lokasi.


Salah satu fitur utama dari WMS adalah pengelolaan inventori. WMS dapat digunakan untuk mengatur penerimaan barang dari supplier, mengatur penyimpanan barang di gudang, serta mengatur pengiriman barang ke konsumen. Sistem ini juga dapat digunakan untuk mengelola laporan inventori, seperti laporan stok, laporan penerimaan, dan laporan pengiriman.


WMS juga dapat digunakan untuk mengelola aktivitas pengiriman. Sistem ini dapat digunakan untuk mengatur pengiriman barang ke konsumen, mengatur pengiriman kembali barang yang dikembalikan, serta mengelola laporan pengiriman.


Selain itu, WMS juga dapat digunakan untuk mengelola aktivitas penerimaan barang. Sistem ini dapat digunakan untuk mengatur penerimaan barang dari supplier, mengatur penerimaan barang yang dikembalikan, serta mengelola laporan penerimaan.


5 Fitur Unggulan Warehouse Management System di Prieds


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa Warehouse Management System (WMS) merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola gudang dan inventori secara efektif dan efisien. Salah satu perusahaan yang menyediakan WMS berkualitas adalah Prieds.


Tentunya, produk Warehouse Management System yang disediakan oleh Prieds juga memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat membantu Anda dapat mengoperasikan bisnis Anda secara lebih efisien.


Berikut merupakan 5 fitur unggulan dari Warehouse Management System yang disediakan oleh Prieds


Warehouse & Inventory Management

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui ketersediaan stok produk dan mengatur pemindahan barang dari satu gudang ke gudang lain dengan cepat dan mudah.


Perusahaan dapat dengan mudah mengetahui jumlah stok produk yang tersedia di gudang dan mengirimkan produk tersebut ke toko atau konsumen saat stok di gudang menipis.


Inbound Logistic Management

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola proses penerimaan barang dari supplier dengan cepat dan efisien.


Perusahaan dapat dengan mudah mengetahui jumlah barang yang diterima dari supplier dan mengkonfirmasi pembayaran kepada supplier saat barang sudah diterima.


Stock Management

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola stok produk dengan cepat dan efisien. Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan integrasi dengan sistem ERP untuk dapat melakukan stock opname dan stock transfer dengan lebih efisien.


Perusahaan juga dapat dengan mudah mengetahui jumlah stok produk yang tersedia dan mengatur pembelian produk saat stok di gudang menipis.


Outbound Logistic Management

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola proses pengiriman barang ke konsumen dengan cepat dan efisien dengan menggunakan RFID/barcode.


Perusahaan dapat dengan mudah mengetahui jumlah barang yang dikirim ke konsumen dan mengatur pengiriman barang saat stok di gudang menipis.


Dengan fitur ini pula, perusahaan dapat membuat delivery order, delivery planning, pick list, dispatch delivery order, goods loan, dan assembly stock.


Warehouse Management Report

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui kondisi gudang dan inventori secara real-time dan mengambil tindakan yang diperlukan saat ditemukan masalah.


Perusahaan dapat dengan mudah mengetahui jumlah barang yang rusak atau kadaluarsa dan mengambil tindakan segera untuk mengatasinya.


Secara keseluruhan, Prieds WMS memiliki fitur unggulan yang sangat baik dalam mengelola gudang dan inventori. Fitur-fitur tersebut memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan gudang dan inventori.


Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya perusahaan serta meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen. Oleh karena itu, kami sangat merekomendasikan Prieds WMS untuk perusahaan yang ingin meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan gudang dan inventori.


Sebagai startup penyedia Warehouse Management System, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software WMS Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut solusi stock opname dengan melakukan konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat untuk proses stock opname yang optimal dengan menerapkan aplikasi stock opname gudang pada bisnis Anda.

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua